Tentang Kami

Pada awalnya, situs netsains.com ini didirikan oleh Merry Magdalena pada tahun 2007 silam. Misi dari NetSains sendiri pada saat itu adalah sebagai pusat informasi Sains dan Teknologi di Indonesia.

Ada banyak sekali kontributor dari berbagai latar belakang yang bergabung dengan NetSains. Baik dari kalangan Ilmuwan, Dokter, Psikolog, Mahasiswa, Dosen, DLL.

Dan benar saja, NetSains berkembang menjadi situs Sains dan Teknologi Terbesar di Indonesia dan berhasil mewakili Indonesia di ajang World Summit Award 2009 (WSA). (Baca: Netsains.Com Wakili Indonesia di WSA ’09 – okezone.com)

World Summit Award adalah ajang dua tahunan yang digelar atas kerja sama antara WSIS, UNIDO, UNESCO, GAID dan beberapa negara pendukung lainnya.

Ajang WSA ini bertujuan untuk memilih web terbaik dari berbagai kategori. NetSains sendiri terpilih sebagai web terbaik kategori e-science pada tahun 2009 silam.

Selain terpilih mewakili Indonesia pada WSA, NetSains juga meraih penghargaan di bidang Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) tahun 2011. (Lihat: Pemenang Blog Award Sesi 1 – BRONZE – detik.com)

Selain itu, NetSains juga pernah menjadi media referensi dan rujukan oleh situs-situs besar seperti Wikipedia, Kompas, Liputan6, VOX, DW, Panasonic, Ask Ubuntu, Kaskus, Kompasiana, DLL.

Namun sayangnya, dilihat dari data situs archive.org, sejak 2014 lalu situs ini sudah mulai vakum, tidak ada aktivitas dan update pos lagi. Dan terakhir kali terlihat aktif adalah pada akhir 2017.

Melihat begitu banyak prestasi yang didapat oleh NetSains. Rasanya sayang sekali jika situs ini dibiarkan mati begitu saja. Oleh karenanya, kami dari komunitas pecinta Sains dan Teknologi menghidupkan kembali situs ini.

Situs ini kami hidupkan kembali dengan wajah baru, dengan tampilan yang lebih menarik, dan dengan tambahan kategori yang lebih luas dan mendidik, berikut adalah di antara beberapa kategorinya:

Selain kategori di atas, ada beberapa kategori tambahan yang kami sediakan sebagai layanan pengunjung, yaitu kategori Pengertian (Sebagai wawasan pengunjung) dan kategori Contoh (Untuk memudahkan pengunjung dalam mencari berbagai macam contoh).

Meskipun begitu, kami tetap mengutamakan kategori Sains dan Teknologi dalam situs ini. Sebagaimana misi awal situs ini.

Dan untuk terus menghidupi serta mengembangkan situs ini. Kami kembali membuka kolom kontribusi kepada para kontributor untuk mengirimkan karya tulisnya.

Karya tulis yang dapat dikirim bisa berupa artikel, essay, opini, resensi buku, dan semua hal yang berhubungan dengan kategori di atas.

Kirimkan karya tulis / artikel anda ke alamat email netsains20@gmail.com, jika karya tulis merupakan infromsi urgent yang harus segera diterbitkan, tuliskan keterangan “URGENT” pada judul email.