Contoh Puisi Tentang Pendidikan

Puisi Pendidikan – Puisi memang tak bisa terlepas dari peranan dunia pendidikan, karena puisi merupakan salah satu tugas yang seringkali menjadi sebuah tugas yang diberikan guru kepada para murid-muridnya. Banyak sekali tema-tema dari puisi tak sedikit yang mengangkat dari tema pendidikan itu tersendiri.

Puisi yang bertemakan pendidikan biasanya mengangkat judul yang ada dalam ruang lingkup pendidikan itu sendiri. Contoh judul yang biasa diangkat yaitu semisal: Guru, buku, ilmu, sekolahan, kepala sekolah, teman sekelas, kelas, suasana sekolahan, suasana kelas, kenangan di sekolahan.

Maka dari itu untuk mempermudah para siswa untuk membuat sebuah karya puisi bertemakan pendidikan, kami akan memberikan contoh-contoh agar para siswa bisa memiliki inspirasi dan gambaran seperti apa bentuk puisinya.

Berikut contoh-contohnya:

Contoh Puisi Tema Pendidikan

Guru merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, peranan guru dalam proses pembelajaran menentukan murid-muridnya agar menjadi pintar. Maka guru harus kita hormati dan hargai jasa-jasanya.

Contoh Puisi Pendidikan

Ilmu adalah cahaya yaitu nur yang menerangi kebodohan, yang memberikan makna segala sesuatu yang tidak diketahui. Orang yang berilmu akan memiliki cahaya yang berbeda dari yang tak berilmu.

Contoh Puisi Singkat Tema Pendidikan

PR merupakan tugas rumahan yang diberikan guru atau pembimbing kepada para siswa, guna sebagai bahan latihan soal atau pengingat pelajaran yang diajarkan dikelas. Hal ini menjadi seuatu yang berkesan bagi para siswa. Maka tak heran jika PR pun menjadi tema utama dalam sebuah puisi.

Contoh Puisi Bebas Pendidikan

Sekolahan memberikan sebuah kenangan tersendiri bagi para alumni. Banyak kisah suka duka senang seding dan menyebalkan terjadi disana. Akan tetapi itu semua menimbulkan rasa kangen yang begitu mendalam terhadapnya.

Contoh Puisi Tema Pendidikan

Pengertian Puisi

Kiyai merupaka sosok yang krusial dalam dunia pendidikan salafi dipesantren. Peranannya sebagai Aburruh yang berarti pendidik kejiwaan sangat menentukan dalam keberkahan ilmu para murid atau santri-santrinya.

Contoh Puisi 2 Bait

Meja di kelas sering kali dijadikan sebagai diary oleh para siswa, banyak sekali tulisan-tulisan curhatan serta gambar-gambar sebagai pelampiasan emosional siswa.

Contoh Puisi 3 Bait

Puisi Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional tokoh perjuangan dalam menegakkan emansipasi wanita. Habis gelap terbitlah terang merupakan kata-kata yang familiyar dengan beliau. Itu merupakan kumpulan surat-surat beliau yang telah dibukukan.

Contoh Puisi 4 Bait

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, yang berjuang sebagai pengajar para siswa-siswi. Namun sering kali jasa-jasanya tak diperhatikan. Oleh karenanya, persembahan puisi untuk para guru ini tidak akan pernah ada habisnya.

Contoh Puisi 5 Bait

Tanah air merupakan tanah kelahiran, tanah ibu pertiwi tempat kita hidup dan bersosial dengan warga lainnya. Kita minum airnya dan mendiami tanahnya. Tanah dan air telah menyatu dalam jiwa dan raga kita.

Contoh Puisi Modern Pendidikan

Keterlambatan berangkat sering kali menjadi problem yang dialami dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu alangkah baiknya para siswa diharuskan disiplin dalam memanajemen waktunya.

Contoh Puisi Pendidikan Nasionalisme

Nasionalisme merupakan jiwa yang tergambar pada jiwa warga negara yang cinta terhadap negaranya. Sikap nasionalisme beriringan dengan sikap patriotisme.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like