10 Makhluk Tertua di Bumi

Tahukah kamu, berapa umur manusia tertua saat ini? Dialah Li Ching-Yuen, seorang dukun, ahli bela diri dan penasehat taktis dari tiongkok yang tercatat sebagai manusia tertua di dunia. Dia meninggal pada usia 256 tahun 110 hari pada tahun 1933 silam.

Namun, tak hanya manusia yang bisa memiliki umur panjang. Banyak organisme bawah laut yang rentang hidupnya mecapai 500 tahun, bahkan lebih. Ada paus yang berenang di lautan dengan tombak gading berusia 200 tahun yang tertanam di dagingnya. Cacing tabung (Cscarpia laminata) yang mampu hidup hingga 300 tahun

Bahkan, ada sejumlah makhluk dengan rentang hidup yang membuat manusia tertua yang hidup tampak seperti ayam musim semi.

Berikut ini adalah deretan makhluk dengan rentang hidup terpanjang.

1. Paus Biru (200 tahun)

Paus Biru

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut bagian dari famili Balaenopteridae yang berukuran sangat besar dan diyakini adalah makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di planet bumi,bahkan lebih besar dari dinosaurus terbesar sekalipun. tahu berapa berat mamalia laut ini? dalam sebuah penelitian mamalia laut ini tercatat mencapai 181 ton dan panjangnya mencapai 33 meter.

Mamalia laut ini umurnya bisa mencapai 200 tahun , para pelaut sangat jarang sekali melihat mamalia raksasa ini. Meski begitu paus biru sangat berlimpah di hampir seluruh samudra.  Selama lebih dari satu abad, paus ini diburu oleh tangan-tangan manusia yang tak bertanggung jawab, hingga akhirnya dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966.

2. Tuatara (200 tahun)

Tuatara

Tuatara (genus Sphenodon)) adalah reptilia endemik Selandia Baru yang mirip kadal. hewan ini adalah satu-satunya hewan yang masih hidup dari ordoRhynchocephalia yaitu bangsa reptil yang berkembang 200 juta tahun yang lalu.

Hewan ini termasuk hewan nokturnal (beraktivitas pada malam hari).Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Makanan utamanya adalah katak, burung, dan laba-laba.

Tuatara dewasa bisa mencapai 80 cm dengan berat sampai 1,3 kg dengan umur mencapai 200 tahun. Meskipun mirip kadal,tengkorak tuatara berbeda sekali dengan kadal.

Tengkorak premaksila berada di depan-bawah nasal tulang bagian prefrontal, frontal, dan postfrontal berada di atas rongga mata. Bagian tulang maksila berada di bawah mata. Sedangkan tulang postorbital bersinggungan dengan pariental.

3. Koi (226 tahun)

Koi

Koi adalah ikan hias sejenis ikan mas (Cyprinus carpio) yang berasal dari negara Jepang, yang berarti ikan karper. Di negara asalnya, koi menjadi  simbol cinta kasih dan persahabatan. Hal itu karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang bermakna cinta atau kasih sayang.

Selain membawa keberuntungan, Ikan ini memiliki ornamen  yang sangat indah dan unik yang menempel ditubuhnya. Banyak orang percaya jika memeliharanya Koi biasanya mendatangkan keberuntungan di dalam rumah maupun luar rumah.

Ikan koi tergolong mampu hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Beberapa varietas mampu hidup lebih dari 200 tahun. Koi tertua yang diketahui adalah Hanako, seekor ikan yang mati pada usia 226 tahun pada 7 Juli 1977.

4. Kura-kura (120 – 255 tahun)

Kura-kura

Kura-kura dianggap reptil yang hidup terpanjang di Bumi. Kura-kura dapat bertahan hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Sebagian jenis yang lain hidup sepenuhnya di air, ada yang hidup di air tawar maupun di lautan.

Makanan Kura-kura berbeda beda, sebagian jenis dari mereka ada yang pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora) bahkan campuran (omnivora).

Dan tahukah kamu, sebenarnya Kura-kura tidak memiliki gigi?. lalu bagaimana mereka mengunyah makanan? mereka mengunyah makanan dengan perkerasan tulang tajam di moncongnya.

Kura-kura terbesar panjangnya bisa mencapai lebih dari 0.7 meter (kura-kura raksasa dari Kep. Galapagos dan Kep. Seychelles) . Sedangkan yang terkecil adalah kura-kura  Afrika Selatan, ukuranya tak lebih dari 8 cm. Salah satu perwakilan tertua mereka yang diketahui adalah Adwaita dari kebun binatang Calcuta, India. usianya mencapai 255 tahun pada 2006 lalu.

5. Geoducks (140 tahun)

Geoducks

Geoduck  (Panopea generosa) adalah sebuah spesies kerang laut yang berukuran besar. Geoduck memiliki arti menggali dalam (dig deep). Mereka bisa mencapai hingga 2 meter dan beratnya bisa mencapai sekitar 2 – 8 pon.

Kerang Geoduck ini tergolong  memiliki umur yang panjang. umurnya bisa mencapai sampai 140 tahun. Hal ini dikarenakan Geoduck tidak memiliki  musuh predator, mereka hanya mengubur diri dan tetap berada disana sampai mati.

Oleh peneliti biologi WDFW, kerang ini ditemukan pada tahun 2000 di Pantai Adelma,Washington. Tak hanya di Washington, Kerang Geoduck juga banyak ditemukan di Columbia dan Alaska.

Meskipun ditemukan di Amerika, kerang ini sangat disukai oleh masyarakat Asia, khususnya di  Korea, China dan Jepang.  Hal itu karena Geoduck memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang unik. Geoduck dikenal sebagai makanan peningkat kualitas seksual, setelah tim peneliti amerika menemukan kandungan Amino Acids yang cukup banyak pad

6. Hiu Greenland (272 – 512 tahun)

Hiu greenland

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) adalah hewan Vertebrata yang paling panjang umurnya di dunia saat ini. Hiu ini mencapai sexual maturity saat berumur sekitar 156 tahun, dan memiliki panjang tubuh 6,4 meter dengan berat tubuh 1000 kg.

Para ilmuan meneliti bersamaan dengan 27 spesimen lain, menggunakan penanggalan karbon. Penelitian ini menunjukkan bahwa umur mereka mencapai 392 tahun, namun potensi margin erornya menunjukkan bahwa umur aslinya bisa mencapai 272 atau 512 tahun.

Hiu betina mempunyai ukuran relatif lebih besar daripada hiu jantan. Hiu betina mempunyai panjang 6,4 meter. Ukuran ini tak sebanding dengan individu hiu yang umurnya lima abad. Namun diketahui, bahwa hiu Greenland hanya tumbuh 1 cm dalam setahun, sehingga tak heran jika untuk mencapai ukuran 6,4 meter Hiu menempuh usia berabad abad.

7. Landak laut merah (200 tahun)

Landak laut merah

Landak laut atau yang dikenal dengan nama bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut bundar dan memiliki banyak duri pada seluruh kulitnya yang dapat digerakkan.

Binatang ini tersebar menjadi sekitar 950 spesies dan mudah ditemukan mulai dari daerah pasang surut hingga sampai di kedalaman 5.000 meter.Umurnya bisa mencapai 200 tahun.

Hewan termasuk dalam kategori hewan avertebrata laut. Para ahli mengelompokkan organisme ini dalam Filum Echinodermata. Terdapat sekitar 84 jenis bulu babi di perairan Indonesia . Organisme ini memiliki banyak fungsi. Diantaranya, berfungsi sebagai bahan pangan, berfungsi pengobatan penyakit pada manusia serta digunakan sebagai hewan hias.

8. Rougheye Rockfish (205 tahun)

Rougheye rockfish

Rougheye rockfish adalah jenis ikan dalam keluarga Scorpaenidae. Nama rougheye mengacu pada serangkaian duri di sepanjang tepi bawah mata. Rockfish Rougheye mungkin termasuk spesies ikan yang berumur paling panjang di bumi.

Di Alaska, para ilmuwan menemukan hasil risetnya bahwa ikan ini bisa mencapai usia hingga 205 tahun.

The rockey kasar ( Sebastes aleutianus ) adalah rockfish dari genus Sebastes. Spesies ini dapat tumbuh hingga maksimum sekitar 97 cm, dengan berat mencapai 6,7 kg.

Makanan ikan ini adalah udang , kepiting , ikan, amphipod , dan mysids . Spesies ini bersifat ovipar dan tumbuh antara bulan Februari dan Juni atau kadang-kadang antara Oktober dan Januari.

Baru-baru ini ditemukan bahwa rougheye mungkin terdiri dari dua spesies berbeda dengan distribusi kedalaman yang mungkin berbeda. Kedua jenis memiliki penampilan yang sama dengan sedikit variasi warna. Secara ilmiah, mereka saat ini dikenal hanya sebagai Tipe I dan Tipe II.

Rockfish Rougheye tampak merah dengan bercak pigmen yang gelap atau gelap di daerah punggung belakang. Memiliki garis lateral merah terang dan semua kecuali sirip dada biasanya ditandai dengan ujung hitam.

9. Cacing Tabung (300 tahun)

Cacing tabung

Cacing tabung (Escarpia laminata) adalah hewan laut yang dapat ditemukan di rembesan dingin pada kedalaman 1000m hingga 3000m dari permukaan laut di teluk Meksiko. organisme ini mampu berusia lebih dari 300 tahun.

Habitat Cacing tabung ini ada di dasar laut yang dingin. Mereka mengeluarkan metana, cairan hidrogen sulfida, dan cairan hidrokarbon lainnya.

Dan tahukah kamu, Kenapa cacing tabung bisa berumur panjang? Teori ini menyatakan bahwa hewan akan hidup lama saat tidak ada ancaman dari predator lain.

10. Ubur-ubur Abadi

Ubur-ubur abadi

Ubur-ubur abadi (Turritopsis dohrnii) adalah spesies ubur-ubur kecil yang dapat hidup abadi. yang ditemukan di Laut Mediterania dan di perairan Jepang . Ini adalah salah satu dari sedikit kasus hewan yang diketahui yang mampu kembali sepenuhnya ke tahap kolonial yang belum matang secara seksual.

Turritopsis dohrnii secara resmi telah dinobatkan sebagai satu-satunya makhluk abadi. Rahasia kehidupan kekalnya ternyata bukan hanya hidup dalam waktu yang sangat amat lama. Namun, semua ini tentang kedewasaan.

Ternyata jika mereka beranjak dewasa dan telah bereproduksi, mereka tidak mati. Akan tetapi mengubah diri mereka kembali dalam keadaan polip remaja lagi. Tubuh mereka menyusut.

Tentakel mereka mencabut, dan mereka tenggelam ke dasar lautan serta memulai siklus dari awal lagi. Dan tidak hanya sekali, mereka bisa melakukannya berulang kali.

Jadi, satu-satunya cara diketahui mereka bisa mati adalah jika mereka diburu oleh predator lain atau jika mereka terjangkit penyakit. Namun, terlepas dari kenyataan itu para peneliti hanya mengamati di dalam laboratorium saja, belum ada penelitian di alam habitatnya.

No Responses

Leave a Reply