Pengertian Jaringan Ikat pada Manusia

Gambar jaringan ikat

JARINGAN IKAT – Pernahkah kalian terpikir, kenapa organ dalam perut kita tidak berubah ubah masih dalam posisinya. Meskipun kita berlarian, berelompatan, bahkan koprol jungkir balik sekalipun? hal ini dikarenakan organ di dalam perut kita terbungkus oleh jaringan ikat.

Bayangkan saja bila dalam perut kita tidak ada jaringan ikat, sipembungkus organ tersebut. akan jadi seperti apa kondisi organ dalam perut jika kita berlarian dan berlompatan? mungkin sudah berantakan dan tak beraturan posisinya.

untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan jaringan ikat berikut ini.

Pengertian Jaringan Ikat

jaringan ikat adalah suatu jaringan yang berfungsi sebagai pengikat serta sebagai penguat / penyokong jaringan jaringan yang lain.

Dalam tubuh manusia jaringan ini paling banyak ditemui. jaringan ini mempunyai susunan sel jarang yang tersebar dalam matriks ekstraseluler. Ia berkembang dari mesenkim yang bermula dari mesoderm (lapisan tengah embrio) pada saat pembuahan. Oleh karena itulah jaringan ini terdapat dihampir semua organ tubuh.

Macam-macam Jaringan Ikat

Gambar jaringan ikat

– Jaringan Ikat Longgar

Jaringan ikat ini banyak ditemukan pada tubuh hewan bertulang belakang. Seperti namanya jaringan ini mempunyai ciri utama yaitu serat seratnya yang jarang (longgar) matriksnya pun berupa cairan lendir. Pada matriksnya terdapat serabut kolagen yang fleksibel namun tidak elastis.

– Jaringan Ikat Padat

Jaringan ikat padat ini tersusun dari serat serat padat. Serabut kolagen adalah komponen utama pada jaringan ini. sifat jaringan ini sama dengan sifat jaringan longgar, fleksibel dan tidak elastis.jaringan ini di bagi menjadi dua, yaitu jaringan ikat padat teratur dan jaringan ikat padat tidak teratur. Jaringan padat teratur berperan sebagai penghubung antara otot dan tulang, serta tulang dengan tulang, sedangkan jaringan ikat tidak teratur ada dalam kulit

– Jaringan Lemak

Susunan jaringan ini hampir sama dengan susunan jaringan ikat longgar yang tersusun dari sel sel lemak. Letak jaringan lemak ini berada di bagian bawah kulit,jantung, dan ginjal. Sedangkan fungsinya adalah sebagai cadangan makanan.

– Jaringan Darah

Jaringan darah adalah jaringan yang berupa cairan. Jaringan ini tergolong jaringan ikat. hal ini dikarena ia mempunyai matriks ekstraseluler (plasma darah). Matriks inilah yang membedakan jaringan ikat dengan jaringan jaringan tubuh lainnya.

jaringan ini terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), keping darah (trombosit), dan plasma darah. Sedangkan fungsi jaringan ini untuk tubuh adalah sebagai media untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen, hormon, sisa-sisa hasil metabolisme tubuh, dan juga mencegah terjadinya infeksi.

Fungsi Jaringan Ikat

  • Pelindung organ
  • Sebagai imunitas
  • Pengikat dan penguat antar jaringan
  • Pembentuk struktur tubuh
  • Transportasi cairan tubuh

Sel Penyusun Jaringan Ikat

  • Sel Fibroblas: protein yang menyusun matriks jaringan ikat
  • Sel Mast: penghasil heparin dan histamin
  • sel Plasma: membuat anti bodi
  • Sel Pigmen: sel sel yang mengandung pigme
  • Sel Lemak: membuat cadangan makanan
  • Sel Mensekim: sel embrio

Letak Jaringan Ikat

Jaringan ikat letaknya berada pada tendon, ligamen, pembungkus tulang serta lapisan  pada kulit (dermis). Fungsi tendon yaitu sebagai penghubung antara tulang dan otot, sedangkan fungsi ligamen adalah sebagai penghubung antar tulang.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like