Pengertian Introvert, Ciri-Ciri dan Kelebihannya

Kepribadian introvert adalah salah satu dari tiga macam kepribadian, selain ambivert dan extrovert.

Mereka yang memiliki kepribadian introvert ini akan lebih fokus pada pikiran, mood dan perasaan, di mana semuanya berasal dari diri sendiri atau internal.

Oleh karena itu, seseorang yang introvert cenderung fokus pada dirinya sendiri. Istilah kepribadian ini dimunculkan oleh seorang tokoh bernama Carl Jung.

Nah, meskipun secara umum seorang introvert cenderung suka menyendiri dan fokus pada dirinya sendiri, namun pengertian introvert secara mendalam seringkali tidak dipahami. 

Ketakpahaman terkait pengertian introvert juga akan mempengaruhi cara pandang terkait kepribadian introvert ini di mana cukup banyak kalangan yang menganggap bahwa seorang introvert adalah anti sosial.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas apa sebenarnya introvert tersebut beserta beberapa ciri dan juga kelebihannya.Apa Pengertian Introvert Tersebut?

Pengertian Introvert

Pengertian Introvert

Dalam pandangan umum –sebagaimana disinggung di awal, introvert seringkali dianggap dan identik dengan seseorang yang pemalu dan pendiam.

Tidak hanya itu, bahkan cukup banyak kalangan yang menganggap pengertian introvert adalah mereka yang anti sosial atau tidak mau bergaul dengan orang lain.

Kendati seorang introvert memang cenderung menyendiri dalam kehidupan sehari-hari, namun sebenarnya mereka tidak anti sosial.

Secara sederhana, seorang yang introvert adalah mereka yang memiliki kepribadian yang cenderung lebih melihat pada dirinya sendiri.

Dalam hal ini, ia akan cenderung lebih fokus pada dirinya sendiri daripada mengurusi hal luar.

Oleh karena itu, seorang introvert akan cenderung lebih suka menyendiri untuk merenungi apa yang terjadi dalam kehidupannya dan apa yang ingin mereka lakukan ke depan.

Kepribadian ini tentu saja tetap memiliki kelebihan.

Ciri-Ciri Introvert

Ciri-Ciri Introvert

Setelah membahas tentang pengertian introvert, hal lain yang perlu diketahui adalah ciri dari seorang yang introvert tersebut.

Ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui agar bisa memahami seorang introvert dengan lebih baik.

Ya, dengan memahami ciri-ciri dari introvert tersebut, maka pengertian introvert bisa dijadikan lebih simple dan mengerucut sehingga tidak akan salah sangka ataupun salah paham.

Ada beberapa ciri-ciri introvert yang perlu diketahui, seperti:

  • Memiliki tokoh yang menjadi sumber inspirasi untuk dirinya sendiri. Tokoh ini akan dijadikan sebagai salah satu sumber semangat untuk perkembangan dirinya.
  • Seorang introvert membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan tenaga atau energi kembali setelah berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, dalam pengertian introvert sebelumnya dikatakan introvert akan cenderung menyendiri. Inilah saat di mana ia akan mengisi ulang energi dirinya sendiri.
  • Seorang introvert cenderung akan menyimpan perasaan sendiri.
  • Terlihat pendiam atau menarik diri ketika mereka –seorang introvert, di tengah-tengah orang lain yang tidak mereka kenal dengan baik.
  • Sangat sadar diri dan akan memikirkan segala hal sebelum mereka memulai tindakan.
  • Merupakan seorang pengamat yang baik dan cenderung akan mempelajari apapun yang ada di sekitarnya dengan melakukan pengamatan terlebih dahulu.
  • Lebih mudah bersosialisasi dengan seseorang yang sudah mereka kenal baik sebelumnya.
  • Ketika mencari pasangan, seorang introvert akan cenderung lebih menyukai kepribadian extrovert yang periang dan supel dibandingkan sama-sama introvert.
  • Tidak akan ekspresif terhadap suatu kejadian, terlebih sesuatu yang cenderung dianggap membosankan.
  • Lebih suka mendengar perkataan orang lain, lalu kemudian orang tersebut akan menuliskannya dibandingkan membaca kemudian membicarakannya dengan orang di sekitarnya.
  • Seorang introvert akan cenderung memandang seseorang dari psikis daripada fisik.
  • Jarang berbicara sehingga seringkali dianggap seseorang yang dingin, cuek dan penuh dengan misteri sehingga ditebak-tebak oleh orang lain.
  • Meskipun seorang introvert cenderung cuek, sejatinya seorang introvert akan menjadi teman yang sangat baik dan setia saat mengenalnya.
  • Meskipun berada di dalam keramaian, seorang introvert tetap cenderung merasakan kesepian dan kesendirian.
  • Seorang introvert lebih suka mengerjakan sesuatu sendirian selama ia masih mampu. Namun, ketika mereka tidak mampu, maka ia akan mencari tahu sendiri hingga akhirnya ia bisa menyelesaikan sesuatu tersebut.
  • Cenderung tidak suka bercerita tentang apa yang dirasakannya kepada orang lain.

Kelebihan Seorang Introvert

Kelebihan Seorang Introvert

Selain pengertian introvert dan beberapa ciri di atas, hal lain yang perlu diketahui adalah kelebihan dari introvert.

Hal ini penting agar cara pandang pada seorang introvert tidak selalu negatif. Seorang introvert, meskipun cenderung pendiam, cuek dan membosankan, mereka memiliki beberapa kelebihan yang sangat menarik.

Terkait pengertian introvert, beberapa kelebihan dari seorang introvert adalah sebagai berikut:

  • Bisa Menjadi Teman yang Menyenangkan

Salah satu ciri dari seorang introvert adalah pendiam dan jarang bicara. Nah, salah satu kelebihan dari seorang introvert terkait ciri ini adalah ia akan bisa menjadi seorang teman yang menyenangkan. Bagaimana bisa?

Nah, dalam hal ini, seorang introvert bisa menjadi seorang yang dipercaya. Ia yang tidak banyak bicara tidak akan membicarakan rahasia atau aib yang diceritakan. Oleh karena itu, seorang introvert bisa diandalkan untuk menjadi seorang teman.

  • Memiliki Cara Berpikir yang Tidak Biasa

Seorang introvert memiliki cara berpikir yang tidak biasa. Kelebihan ini membuat seorang introvert terkadang memiliki solusi yang cenderung tidak terduga dan unik.

Bisa jadi, cara berpikir mereka yang tidak biasa tersebut merupakan buah dari kebiasaan mereka yang sering merenung dan melakukan kontemplasi untuk memahami diri sendiri.

  • Menjadikan Kualitas Pertemanan Lebih Baik

Jika orang lain menganggap bahwa seorang introvert cenderung susah berteman, pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Cobalah Anda berteman dengan seorang introvert dan rasakan perbedaannya. Jika Anda berhasil berteman dengan seorang introvert, maka pandangan awal tersebut bisa akan hilang dari pikiran.

Seorang introvert sebenarnya merupakan teman yang sangat baik dan menyenangkan. Namun, ia hanya membutuhkan waktu untuk bisa merasa nyaman dengan seseorang yang baru ia kenal.

Setelahnya, kebaikan dirinya akan muncul dan kualitas pertemanan Anda akan meningkat.

Tidak hanya memberikan sesuatu kepada Anda dengan gratis sebagai wujud pertemanan, seorang introvert cenderung akan membahas hal yang penting saat bertemu.

Inilah kelebihan dari introvert yang belum banyak dipahami awam.

  • Memilih Kualitas Daripada Kuantitas

Seperti poin sebelumnya bahwa seorang introvert cenderung berbicara seperlunya –dan merupakan hal penting serta memiliki cara berpikir yang unik. Nah, dalam hal ini, salah satu kelebihan dari seorang introvert untuk diketahui adalah mereka akan cenderung memilih kualitas daripada kuantitas.

Seorang introvert tidak akan merasa bermasalah ketika ia hanya memiliki teman dengan jumlah yang sedikit.

Hal ini dikarenakan teman yang sedikit namun memiliki kualitas yang lebih cenderung lebih disukai daripada teman yang banyak namun tidak ada yang peduli.

  • Pendengar yang Baik

Seorang introvert adalah salah satu pendengar yang baik. Jika Anda ingin bercerita, maka ia akan menyimak cerita Anda dengan detail.

Tidak hanya menjadi pendengar, di kepalanya sudah berputar banyak hal yang telah disiapkan untuk memberikan respons dan motivasi.

Nah, demikian beberapa hal terkait pengertian introvert, ciri dan juga kelebihannya. Kepribadian ini termasuk unik dan memiliki misteri yang bisa jadi tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Leave a Reply