Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

pengertian sistem informasi manajemen

Pengertian Sistem – Dalam kehidupan sehari-hari pasti Anda sudah tak asing lagi dengan kata “system”. Berbagai susunan kata sering kali menggunakan kata sistem, sebagai contoh saja sistem komputer, sistem ekonomi, sistem pemerintahan, sistem pendidikan dan sebagainya.

Tapi sebenarnya apa sih sistem itu? Kata sistem sendiri berasal dari bahasa latin sistema atau bahasa Yunani Systema yang artinya kesatuan yang terdiri dari beberapa elemen atau komponen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran materi, informasi dan energi.

Sistem juga merupakan kesatuan beberapa bagian yang saling berhubungan yang berada pada suatu wilayah serta mempunyai item-item penggerak.

Pengertian Sistem Menurut Ahli

pengertian sistem

Beberapa ahli juga menjabarkan pengertian sistem menurut pendapatnya masing-masing. Berikut ini 10 pengertian sistem menurut para ahli.

L. James Havery

Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Murdick, R. G

Sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur atau berbagai bagan pengolahan untuk mencari sebuah tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data maupun barang untuk menghasilkan suatu informasi.

John Mc. Manama

Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Andri Kristanto

Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Obrien

Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

Djekky R. Djoht

Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni, sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

A. Hall dan R. Fagen

Sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan diantara objek tersebut serta hubungan antara sifat yang mereka miliki.

Jogianto

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Zulkafli A.M

Sistem adalah himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam rangka waktu tertentu dan terencana.

Sistem Informasi Manajemen

pengertian sistem informasi manajemen

Secara umum, pengertian sistem informasi manajemen ialah perencanaan yang merupakan bagian atas pengendalian internal sebuah bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi serta prosedur oleh akuntansi manajemen untuk mengawasi masalah bisnis seperti merancang strategi bisnis, biaya produksi ataupun permasalahan layanan.

Sistem Informasi Manajemen atau SIM sendiri berbeda dengan sistem informasi biasa, sebab Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang telah diimplementasikan pada aktivitas operasional sebuah organisasi..

Nah berikut ini pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli.

Leonardo Hasahatan Siregar

Menurut Leonardo Hasahatan Siregar pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem terstruktur yang digunakan untuk mengelola data secara komputerisasi.

Di dalam sistem informasi manajemen terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan yaitu pencarian pemuktahiran presentasi data dan penyimpanan data. Dengan demikian sistem informasi manajemen dapat digunakan untuk mempermudah penyusunan informasi manajemen (misal sekolah-sekolah) agar terstruktur dengan baik.

Jogiyanto Hartono

Menurut Jogiyanto Hartono (2000:700) pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengolah dan mengumpulkan data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

E.S Margianti dan Suryadi H.S

Menurut Margianti dan Suryadi pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama.

Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.

Azhar Susanto

Menurut Azhar Susanto pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan/group dari sub sistem/komponen/bagian apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.

James A.F Stoner

Menurut James. A.F. Stoner (dalam buku tulisan Mu’alimah) pengertian sistem informasi manajemen adalah metode formal yang menyediakan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

sistem operasi

Ketika membicarakan teknologi, istilah sistem operasi mungkin sangat familiar di telinga Anda. Ya sistem operasi adalah salah satu bentuk software pada komputer. Definisi lain juga menyebutkan jika sistem operasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi orang-orang, teknologi, fasilitas, media prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk memperoleh jalur komunikasi penting, memberi sinyal pada manajemen, memproses tipe transaksi rutin tertentu dan lainnya pada kejadian internal serta eksternal yang penting dan juga menyediakan suatu dasar informasi untuk mengambil keputusan.

Selain itu, beberapa ahli juga berpendapat tentang pengertian sistem operasi, seperti di bawah ini.

Fery Indayudha

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk menjalankan semua aplikasi program/software yang ada di komputer.

Mc Leod

Menurut Mc Leod sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya piranti keras dan piranti lunak komputer kita.

Sunarto

Menurut Sunarto sistem operasi adalah software yang langsung berkomunikasi dengan hardware komputer kita.

Ali Zaki (SMITDEV)

Menurut Ali Zaki sistem operasi adalah software yang mengoperasikan atau menjalankan komputer.

M. Suyanto

Menurut M. Suyanto sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer.

Iim Rusyamsi

Menurut Iim Rusyamsi sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi.

Zainal Abidin

Menurut Zainal Abidin sistem operasi adalah program utama dalam sebuah komputer.

Sistem Ekonomi

pengertian sistem ekonomi

Secara umum, sistem ekonomi merupakan sistem yang digunakan oleh negara untuk mengalokasikan sumber dayanya bagi kedua individu dan organisasi di negara tersebut. Berikut ini adalah pengertian sistem ekonomi menurut para ahli.

Dumairy

Sistem ekonomi adalah sistem yang mengatur dan hubungan ekonomi antara manusia dan pembentukan kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, maka dikatakan juga bahwa sistem ekonomi tidak harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan pandangan mereka, pola dan filsafat hidup di mana dia beristirahat.

Mc. Eachren

Sistem ekonomi dapat didefinisikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa yang dihasilkan. Perbedaan mendasar antara sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana sistem didirikan faktor-faktor produksi.

Dalam beberapa sistem, seorang individu mungkin tidak memiliki semua faktor produksi. Sementara di sistem lain, semua faktor ini ditahan oleh pemerintah. Sebagian besar sistem ekonomi di dunia berada di antara dua ekstrem dari sistem.

Gilarso

Sistem ekonomi adalah cara untuk mengkoordinasikan perilaku keseluruhan masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam kegiatan menjalankan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis , dan kekacauan dapat dihindari.

Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit dan agen-agen ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga sampai tingkat tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi.

M Hatta

Sistem ekonomi yang baik untuk diterapkan di Indonesia harus berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Chester A Bemand

Sistem ekonomi adalah suatu kesatuan yang terpadu yang secara kolektif yang di dalamnya ada bagian-bagian dan masing-masing bagian itu memiliki ciri dan batas tersendir.

Sistem Politik

sistem politik

Secara umum, sistem politik merupakan kumpulan pendapat-pendapat dan lain sebagainya yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain guna mengatur pemerintahan dan melaksanakan serta mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur hubungan antara tiap individu dengan negara serta hubungan negara dengan negara lainnya. Beberapa ahli juga mengungkapkan pendapatnya terkait pengertian sistem politik.

Sukarna

Sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan dengan, atau negara dengan rakyatnya.

Drh. Wiku Adisasmito

Sistem politik adalah suatu dugaan abstrak dari kekuatan-kekuatan yang berbenturan antara negara dan pemerintah.

Mohamad Bahrudin Podomi

Sistem politik adalah rangkaian metode yang bersifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal.

Rusadi Kantaprawira

Sistem politik adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dengan berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

Drs. Abdul Kadir

Sistem politik adalah suatu sistem yang legitimate, sistem yang memelihara ketertiban (order-maintaining) atau sistem yang mentransformasi (transforming sistem) dalam suatu masyarakat. Sistem politik pada hakikatnya adalah suatu pola interaksi yang tetap, legitimate, yang mengikat dan bersifat otoritatif, yang melibatkan kekuasaan, aturan yang luas dan signifikan.

Prof. Sri Sumantri

Sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

Fredrick W. Frey

Para ahli di atas menjabarkan pendapatnya berdasarkan pengertian secara umum, guna membuat para pembaca atau audiennya menjadi lebih paham tentang apa pengertian sistem. Semoga Anda yang membaca bisa lebih memahami pengertian-pengertian tadi, dan juga membagikan wawasan baru yang baru saja Anda dapatkan.

BACA JUGA:

0 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like