Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara

pengertian pancasila sebagai dasar negara

Pengertian Pancasila – Indonesia telah menetapkan Pancasila sebagai dasar negara. Penetapan ini tentu bukan tanpa alasan. Pancasila dianggap sebagai suatu hal yang bisa menyatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam jenis suku yang begitu majemuk dengan keunikan yang berbeda-beda. Dengan adanya Pancasila, perbedaan tersebut akan dilebur menjadi kesatuan.

Posisi Pancasila sendiri menjadi rujukan dan worldview pemerintah untuk mengatur apa yang menjadi kebutuhan dari negara. Dengan kata lain, Pancasila dijadikan landasan untuk mengatur seluruh hal dalam penyelenggaraan negara. Oleh karena itu, pemahaman mengenai pengertian Pancasila ini menjadi hal yang penting.

Dengan memahami Butir-butir Pancasila secara utuh, maka seorang warga negara bisa memahami bagaimana pentingnya menjaga Pancasila sebagai landasan bernegara dari serangan ideologi lain yang hendak merongrong.

Oleh karena itu, tak heran, beberapa waktu yang lalu muncul pepatah penegasan: Saya Indonesia, Saya Pancasila. Ya, itu hanya salah satu upaya untuk menjaga ideologi bangsa ini.

Pepatah tersebut sebenarnya bagus saja. Namun, perlu dipahami bahwa usaha pembelaan pada Pancasila tidak boleh hanya berhenti pada ranah kata-kata saja. Selain itu, pepatah tersebut tidak boleh dijadikan alat untuk judgement diri sendiri sebagai agen yang paling Pancasilais sementara orang lain tidak. Ini justru akan menimbulkan perpecahan saja.

Sama halnya seperti orang-orang yang berteriak Kafir dan mengkafir-kafirkan yang lain, dan menganggap dirinya paling Islami. Ini juga tidak boleh. Sebab label paling Pancasila atau paling Islami bukanlah berdasarkan pada pengakuan diri. Melainkan pada praktik perbuatan yang dilakukannya berdasarkan Teks Pancasila yang tertulis.

teks pancasila

Butir-butir Teks Pancasila tersebut mengandung makna yang sangat indah. Seperti halnya kaidah fiqih yang hanya beberapa butir namun bisa memecahkab beberapa masalah. Begitu juga dengan butir pancasila ini. Meskpiun hanya lima butir, namun maknanya telah mewakili suara dari seluruh rakyat Indonesia untuk kemakmuran dan kesejahteraannya.

Mungkin itulah beberapa ulasan terkait pengertian Pancasila sebagai ideologi negara terbuka dan beberapa seluk-beluk hal lain yang mengitari-nya. Dari beberapa poin di atas bisa dilihat betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejarah Pancasila telah berjalan demikian jauh. Oleh karena itu, pemahaman, penghayatan dan aktualisasi nilai Pancasila menjadi hal paling penting untuk dilakukan oleh setiap warga negara.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like