Pengertian Internet Menurut Para Ahli dan Perkembangannya

Pengertian Internet – Di era sekarang ini, siapa sih yang tak kenal dengan internet. Digunakan sebagai media untuk mengakses berbagai macam media, internet sudah bisa digunakan hampir di seluruh wilayah di dunia. Mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa sampai manula semua bisa mengakses internet dengan mudah dan cepat.

Tapi selama menjadi pengguna internet, sudahkan Anda tahu apa pengertian internet? Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Standar teknologi yang digunakan secara global ialah transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (lebih dikenal dengan singkatan TCP/IP).

TCP/IP sendiri merupakan protokol pertukaran paket (switching Communication Protocol) yang dapat digunakan untuk miliaran bahkan lebih pengguna di seluruh dunia. Sedangkan untuk istilah Internet Networking berartikan prosesnya atau cara dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Ahli

pengertian internet menurut para ahli

Beberapa ahli juga memaparkan pendapat tentang pengertian internet, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Oetomo

Pengertian internet menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari International Network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

2. Onno Purbo

Pengertian internet menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005): Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

3. Harjono

Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

4. Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

5. Drew Heywood

Menurut Heywood (1996), internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking.

Standar baru ini haruslah merupakan standar yang sanggup menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas.

Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu juga dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana maupun perang.

Sejarah Internet

Sejarah internet singkat

Pada tahun 1960-an, ARPA atau Advanced Research Project Agency dari Amerika Serikat merintis sebuah sistem jaringan yang diberi nama APRANET. APRANET sendiri merupakan cikal bakal terbentuknya internet. Pada tahun 1980-an, internet baru mulai muncul dan digunakan kalangan berbatas dengan fungsi untuk menghubungkan berbagai universitas yang populer di Amerika.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri kemudian mulai dipublikasikan pada tahun 1982. Adanya nama domain juga telah mulai digunakan sejak 2 tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 1984. Kemudian National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan lalu dikembangkan pada tahun 1986.

NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan ARPANET sebagai wadah riset terkait di Amerika. Beberapa jaringan internasional di banyak negara akhirnya mulai dihubungkan dan dikembangkan lewat NSFNET.

Di tahun 1990-an ARPANET diturunkan, meski demikian tuannya tersebut terus dikembangkan sampai sekarang. Dulunya, informasi yang bisa Anda dapatkan lewat internet hanya sebatas teks. Akan tetapi, pada tahun 1990 layanan sejenis dengan tampilan grafis yang dikenal dengan World Wide Web atau WWW mulai dikembangkan CERN.

Lalu pada tahun 1993, InterNIC pun didirikan untuk bisa melayani pendaftaran nama domain dari public. Untuk negara Indonesia sendiri internet baru masuk pada tahun 1994.

Awal masuk ke Indonesia, masyarakat pribumi mengenalnya dengan nama yang cukup unik yaitu Paguyuban Network. Penamaan ini juga berarti sebagai semangat dan kerja sama yang begitu baik antara setiap pengembang teknologi. Jika dibandingkan dengan sekarang, pengartian ini mungkin lebih menjurus pada tujuan komersial bukannya kerja sama untuk kemajuan bersama.

Meski demikian, namun pengembangan internet di Indonesia tentu juga banyak membawa dampak positif, seperti pertumbuhan e-commerce serta perusahaan komersial lain yang meningkat tajam. Perkembangan inilah yang turun serta dalam pembangunan ekonomi bangsa.

Pada saat itu RMS Ibrahim, Suryono,, Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Adi Indrayanto, Firman Siregar, Onno Purbo merupakan nama-nama atau tokoh pengembang yang tercatat sejarah internet di Indonesia. Tepatnya sejak tahun 1992 sampai 1994 tokoh-tokoh tersebut sudah berkontribusi dalam pengembangan internet.

Di saat yang sama, juga banyak temuan dan kreasi Internet of Things yang dampak positifnya bisa Anda rasakan sampai sekarang ini. BACA JUGA: Perkembangan Internet di Dunia dan Indonesia

Manfaat Internet

manfaat internet

Sebuah penemuan tentu tidak akan terus dikembangkan apabila tidak membawa dampak positif bagi masyarakat. Termasuk internet, sekarang ini manfaat internet bagi kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Bahkan sampai bermunculan kaum-kaum millennial yang merasa sangat tidak bisa jika hidup tanpa internet.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat penggunaan internet.

1. Komunikasi Cepat

Dengan menggunakan internet, setiap komunikasi yang Anda lakukan bisa terjalin lebih cepat. Bukan hanya dengan mereka yang berada di dalam negeri, namun komunikasi dengan orang-orang yang berada di luar negeri pun bisa terjalin sangat cepat.

2. Wahana Hiburan

Dengan banyaknya media yang bisa Anda akses melalui internet, tentu bukan hal aneh jika internet pun banyak dijadikan sebagai wahana hiburan. Sebut saja media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan sebagainya. Begitu juga dengan aplikasi game atau media game online yang sekarang sudah semakin kuat melebarkan sayapnya.

3. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Kembali pada manfaat utama internet pada era awal masuknya internet ke Indonesia, yaitu sebagai media penghubung juga sebagai penambah wawasan. Berbagai informasi bisa Anda akses dengan mudah melalui internet. Kabar baiknya, wawasan atau informasi dari internet kebanyakan bisa Anda nikmati secara Cuma-cuma.

Internet Dalam Dunia Bisnis

Bagi kalangan professional, internet bukan sekedar media penghubung dan media untuk mencari informasi. Akan tetapi juga sebagai media untuk mendapatkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang tak sedikit. Begitu banyak sektor bisnis yang dikembangan dan maju melalui internet. Bahkan bisnis bagi awam pun tersedia sangat banyak melalui internet, seperti online shop, dropshipper, dan sebagainya.

Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan

Bukan hanya sebagai pebisnis yang membutuhkan pekerja, bagi para pekerja internet juga membawa dampak yang sangat positif. Mengingat banyaknya perusahaan yang membagikan lowongan pekerjaan melalui internet, sehingga dapat memudahkan para pencarinya untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan skill masing-masing.

Dengan pesatnya perkembangan internet, Anda pun harus sadar dan mampu mengendalikan diri sehingga bisa menjadi pengguna internet yang cerdas dan waspada.

Baca Artikel Selanjutnya: Sejarah Internet Singkat Padat dan Jelas

0 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like