Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Ciri dan Tujuannya

Melakukan wirausaha merupakan salah satu jalan keluar bagi Anda yang sampai sekarang masih sulit untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, kemampuan kewirausahaan harus dimiliki agar usaha yang dikembangkannya dapat berjalan dengan lancar. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki kemampuan kewirausahaan? 

Sebenarnya, kemampuan kewirausahaan itu bisa dipelajari secara otodidak. Nah, pada pembahasan kali ini akan lebih mengutamakan pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Namun, sebelum membahas lebih dalam tentang pengertian kewirausahaan yang dijabarkan oleh para ahli, sebenarnya apa arti kewirausahaan secara umum?

Arti kewirausahaan secara umum adalah sebuah keputusan atau kemampuan untuk  bisa menciptakan sesuatu hal yang baru dan unik yang mana mempunyai nilai dan bisa bermanfaat untuk orang lain ataupun diri sendiri.

Kewirausahan ini adalah sebuah sikap mental dan jiwa yang lebih kreatif, bercipta, aktif, berdaya dalam mengembangkan usahanya supaya bisa meningkatkan pendapatan dari usaha yang ditekuni atau kegiatan yang dilakukannya.

Nah, wirausaha sendiri ternyata berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Dimana, “wira” berarti “pahlawan” atau “pejuang” sedangkan “usaha” memiliki arti ‘perbuatan”, “sikap” atau “melakukan sesuatu”.

Itulah pengertian kewirausahaan baik secara umum ataupun secara bahasa. Lalu, bagaimana pengertian kewirausahaan menurut para ahli?

Arti Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Arti Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Agar lebih jelasnya, berikut penjabaran mengenai berbagai macam pengertian kewirausahaan yang dituturkan oleh beberapa ahli.

1. Pusat Kewirausahaan di Miami University of Ohio

Kewirausahaan ialah sebuah proses untuk mewujudkan, mengembangkan serta membawa visi ke dalam kehidupan.

2. Pengertian Kewirausahaan Israel Kirzner (1979)

Israel Kirzner menjelaskan bahwa kewirausahaan memiliki arti yang menguntungkan serta memiliki peran terhadap peluang pasar.

3. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995

  • Wirausaha merupakan orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku serta kemampuan kewirausahaan.
  • Kewirausahaan merupakan semangat, sikap, perlindungan serta kemampuan seseorang dalam keselamatan usaha ataupun kegiatan yang sesuai dengan keinginan mencari, menciptakan dan menerapkan cara kerja, teknologi serta produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka menyediakan layanan yang lebih baik serta bisa meningkatkan manfaat yang lebih besar.

4. Pengertian Kewirausahaan Menurut F. Hadiputra

Berdasarkan pendapat dari F. Hadiputra, wirausaha merupakan sosok yang mengambil keuntungan yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan serta mengelola bisnis dan menerima keuntungan secara finansial ataupun tanpa uang.

5. Richard Cantillon (1775)

Richard Cantillon menjelaskan bahwa kewirausahaan ialah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang pada saat ini dengan harga tertentu dan menjualnya di masa yang akan datang dengan harga yang tidak menentu. Resolusi yang satu ini lebih menekankan tentang bagaimana seseorang beresiko ataupun membantah.

6. Frank Knight

Menurut pendapatnya, seorang wirausahawan berusaha untuk bisa menyikapi serta memprediksi perubahan pasar yang ada.

Penjelasan yang satu ini lebih menekankan terhadap peran pada tantangan ketidakstabilan yang ada di dinamika pasar.

Seorang wirausahawan pun tidak pula bertanggung jawab untuk dapat melakukan berbagai macam fungsi manajerial mendasar seperti halnya pengawasan dan pengarahan.

7. Achmad Sanusi

pengertian kewirausahaan menurut para ahli lainnya dijelaskan oleh Achmad Sanusi. Dimana, beliau memberikan penjelasan bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan untuk menjadi tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses serta hasil bisnis.

8. Penrose

Penrose memberikan pengertian bahwa kewirausahaan adalah sebuah kegiatan untuk melengkapi berbagai macam peluang yang teridentifikasi dalam suatu sistem ekonomi.

Kemampuan ataupun kapasitas kewirausahaan tersebut berbeda dengan kapasitas manajerial yang ada.

9. Harvey Leibenstein

Menurut pendapat yang dituturkan oleh Harvey Leibenstein, kewirausahaan mencakup berbagai macam kegiatan yang diperlukan untuk bisa melaksanakan serta menciptakan sebuah perusahaan.

Saat dimana pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas ataupun beberapa komponen produksinya belum teridentifikasi dengan penuh.

10. Robbin dan Coulter

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Robbin dan Coulter, pengertian dari kewirausahaan yang satu ini.

Adalah sebuah proses yang mana seseorang atau suatu kelompok individu memakai berbagai macam upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang yang ada serta menciptakan suatu nilai.

Dimana, nilai tersebut tumbuh untuk bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan lewat sebuah inovasi serta keunikan, tidak memperdulikan apapun sumber daya yang sedang digunakan saat ini.

11. Thomas W. Zimmerer 

Penjelasan Thomas W. Zimmerer tentang kewirausahaan adalah sebuah penerapan inovasi serta kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan berbagai macam peluang yang dihadapi oleh orang lain setiap harinya.

Nah, dengan adanya berbagai macam pengertian kewirausahaan menurut para ahli tersebut hal ini membuat pengertian dari kewirausahaan sendiri menjadi semakin luas.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa untuk memiliki jiwa wirausaha, hal tersebut bisa dibentuk dari dalam diri sendiri.

Lalu, bagaimana ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan?

Ciri-Ciri Jiwa Kewirausahaan

Ciri-ciri kewirausahaan

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan.

1. Mempunyai Pengabdian Besar Terhadap Bisnis yang Digelutinya

Untuk menjadi seorang wirausaha yang baik, tentu seseorang tersebut harus bisa mengabdikan dirinya terhadap pekerjaan yang sedang digelutinya tersebut.

Seorang pebisnis yang baru saja memulai bisnisnya harus bisa mengesampingkan beberapa hal atau kepentingan yang dapat ditunda demi pekerjaan yang sedang digelutinya.

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang tidak memiliki waktu yang mengikat pekerjanya.

Akan tetapi, untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik Anda harus memiliki banyak waktu untuk terus belajar tentang bisnis yang sedang Anda geluti tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa memahami dan melancarkan bisnis dengan baik. jadi, ciri yang satu ini harus ada dalam diri Anda jika ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

2. Membuat Sebuah Keputusan dan Melaksanakannya

Ciri yang kedua dan harus memiliki seorang wirausahawan ialah dengan membuat sebuah keputusan serta melaksanakannya.

Tentu saja, untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang hebat dan luar biasa, Anda harus membuat sebuah keputusan yang cepat serta tepat.

Tak hanya itu saja, bahkan Anda juga harus melaksanakannya. Anda juga harus memiliki perhitungan yang baik di dalam setiap keputusan yang Anda ambil.

Dengan mengambil sebuah keputusan yang cepat dan tepat akan membantu Anda untuk meminimalisir hilangnya sebuah peluang.

3. Memiliki Jiwa Pemimpin serta Tidak Memiliki Perilaku Konsumtif

Ciri lainnya yang dimiliki oleh seorang wirausahawan ialah harus memiliki jiwa pemimpin yang baik. Tak hanya itu, bahkan seorang wirausahawan juga tidak boleh memiliki jiwa konsumtif yang tinggi. 

Dengan memiliki jiwa pemimpin yang baik, hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat dan dapat mengendalikan dirinya untuk melakukan hal yang tidak ceroboh.

Jiwa konsumtif yang tinggi juga dapat membuat usaha yang Anda kembangkan dapat bangkrut dalam waktu dekat.

Hal ini karena dapat membuat Anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

padahal, keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha atau perusahaan yang sedang Anda bangun.

4. Memiliki Daya Analisis yang Sangat Baik

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik, Anda harus memiliki jiwa analisis yang tinggi.

Memiliki jiwa analisis sangat baik untuk memperhitungkan untung rugi, nilai jual barang ataupun jasa, persaingan serta kemampuan analisis pasar yang lainnya.

Dengan memiliki jiwa analisis yang baik, hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir tingkat kerugian yang bisa dihadapi nantinya.

5. Memiliki Semangat yang Tinggi dan Kemauan yang Keras

Tanpa adanya semangat yang tinggi dan kemauan yang keras mungkin sebesar apapun modal ataupun sehebat apapun Anda dalam berwirausaha hal tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Dengan memiliki semangat yang tinggi, hal ini akan membantu Anda untuk bisa meningkatkan percaya diri.

Bahkan, kemampuan keras yang Anda miliki dapat membantu untuk membuat Anda bisa mencapai keinginan yang diimpikan.

Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan yang baik, Anda harus memiliki semangat yang tinggi dan tekad yang kuat.

6. Memiliki Keberanian serta Daya Kreasi yang Tinggi

Tak hanya harus memiliki semangat yang tinggi saja, akan tetapi Anda juga harus memiliki keberanian serta daya kreativitas yang tinggi. Hal ini karena pasar memiliki persaingan yang sangat ketat.

Jika Anda tidak bisa menjadi orang yang kreatif dan mencari terobosan baru, hal tersebut dapat membuat bisnis yang Anda jalankan tidak dapat berkembang.

Selain itu, keberanian juga harus Anda tanamkan dalam diri Anda. Hal tersebut baik untuk membantu Anda untuk bisa mengambil kesempatan dan mau menghadapi berbagai macam resiko yang akan dihadapi nantinya.

Jadi, bagi Anda yang ingin sukses menjadi seorang wirausahawan, ciri yang satu ini harus ada di dalam diri Anda sendiri.

Keenam ciri yang telah disebutkan diatas merupakan ciri-ciri yang ada di dalam seorang wirausahawan hebat. Bagi Anda yang akan atau sedang menjalankan sebuah bisnis, pastikan bahwa Anda memiliki keenam ciri yang telah disebutkan di atas.

Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki beberapa ciri yang telah disebutkan di atas, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang wirausahawan yang baik.

Namun, beberapa hal di atas bisa Anda bangun di dalam diri sendiri asal ada tekad dan kemauan yang kuat di dalamnya.

Nah, setelah membahas ciri-ciri yang telah disebutkan, apakah Anda tahu apa sebenarnya tujuan dari kewirausahaan yang satu ini?

Sebenarnya ada banyak sekali tujuan yang akan dijabarkan di bawah ini. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Tujuan dari Kewirausahaan

Tujuan dari Kewirausahaan

  1. Membantu para pengusaha muda untuk bisa berkreasi dan berinovasi.
  2. Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha kepada orang lain.
  3. Membantu untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dirinya sendiri serta masyarakat yang ada di sekitarnya dengan membukaa lapangan kerja dari usaha yang dijalankannya tersebut.
  4. Membantu untuk menciptakan sebuah jaringan bisnis yang baru serta dapat menyerap dan memanfaatkan banyak tenaga kerja yang ada di sekitarnya.
  5. Membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain serta membantu mereka untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang mandiri.

Dengan adanya berbagai macam tujuan tersebut hal ini membuktikan bahwa kewirausahaan yang dimiliki oleh seseorang tidak hanya berdampak positif bagi dirinya sendiri namun juga bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Nah, untuk bisa membangun sebuah bisnis, tidak harus memiliki modal yang besar.

Bahkan, hanya dengan modal yang kecil dan tekad yang kuat hal tersebut dapat membantu Anda untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Semoga pembahasan tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply