Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Cara Melestarikannya

Budaya maupun kebudayaan pada dasarnya berasal dari bahasa Sansekerta yakni buddhayah. Kata tersebut adalah bentuk jamak dari kata buddhi (budi ataupun akal) yang artinya adalah hal-hal berkaitan pada budi, serta akal dari manusia.

Sedangkan menurut bahasa Inggris, kebudayaan dikenal dengan culture yang asalnya dari bahasa Latin Colere artinya adalah mengolah ataupun mengerjakan

Sebelum Anda belajar lebih jauh mengenai pengertian kebudayaan menurut para ahli sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu pengertian secara garis besar tentang kebudayaan.

Dalam artian umum kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa serta karsa manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara kompleks mencakup pengetahuan, seni, susila, keyakinan, hukum adat dan kecakapan ataupun kebiasaan.

Bukan hanya itu saja kebudayaan ternyata juga dapat diartikan sebagai semua hal kompleks, yang mana di dalamnya berisi berbagai unsur.

Unsur tersebut adalah kesenian, pengetahuan, kepercayaan, hukum, moral, adat, keahlian dan istiadat atau ciri khas lain yang didapatkan individu sebagai bagian dari anggota di suatu masyarakat.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

1. A.L. Krueber (1958: 582-583)

Berdasarkan pendapat dari Al. Krueber, kebudayaan merupakan suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep kebudayaan dari wujud sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas.

2. Bounded et. Al

Definisi dari kebudayaan berdasarkan pendapat dari Bounded et. Al adalah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

3. Croydon (1973: 4)

Pengertian Budaya berdasarkan pendapat dari Croydon adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

4. Dr. Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan menurut para ahli, salah satunya adalah Dr. Koentjaraningrat Kebudayaan merupakan keseluruhan manusia dari perilaku dan hasil perilaku yang beraturan dari tata kelakuan yang didapatnya dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan sehari-hari.

5. Dr. K. Kupper

Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

6. Djojodigono(1958)

Kebudayaan berdasarkan pendapat dari tokoh Djojodigono adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

7. Dawson

Di dalam buku yang ditulisnya dengan judul Age of the Gods, Dawson memberikan pernyataan bahwasanya Kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

8. Drs. Mohammad Hatta

Menurut pendapat dari tokoh Nasional yakni Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

9. Drs. Sidi Gazalba

Kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

10. EB. Tylor

Di dalam bukunya dengan judul Primitif Culture menyebutkan bahwa definisi Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.

11. Edward Spranger

Kebudayaan berdasarkan pendapat dari Edward Spranger adalah segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi dan pola material kehidupannya.

12. Effat al-Syarqawi

Pengertian kebudayaan menurut para ahli, pendapat dari Effat al-Syarqawi adalah khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya.

Yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu

13. Herskovits

Pengertian kebudayaan menurut para ahli yaitu Herskovits adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai super organik.

14. Francis Merill

Kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial, semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

15. Kluckhohn dan Kelly

Definisi kebudayaan yakni semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

16. Ki Hajar Dewantara

Menurut tokoh Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara, kebudayaan dapat diartikan sebagai buah budi manusia yakni hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat

Yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup.

Serta penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

17. Larson dan Smalley (1972: 39)

Larson dan Smalley memberikan pandangan bahwasanya kebudayaan sebagai “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga.

Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup.

Budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat masyarakat dan komunitas persegi persegi.

18. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan berdasarkan pendapat dari Mitchel adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekadar di alihkan secara genetika.

19. Mangunsarkoro

Pengertian kebudayaan menurut para ahli yang selanjutnya ini berasal dari pendapat Mangunsarkoro yang mendefinisikan kebudayaan sebagai segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya

20. Nostrand

Pengertian kebudayaan adalah sebagai sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

21. Parsudi Suparlan

Parsudi Suparlan menyatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial.

Yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah lakunya.

22. Robert H Lowie

Pengertian kebudayaan menurut para ahli salah satunya adalah Robert H Lowie yakni segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat.

Mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

23. Ralph Linton (1945: 30)

Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat yang mana pun dan regular tidak Hanya mengenai sebagian dari cara hidup. Yaitu masyarakat yang dianggap lebih diinginkan dibuat tinggi atau lebih.

25. R. Seokmono

Kebudayaan merupakan seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

  1. Raymond Williams (1961: 16)

Pengertian kebudayaan menurut para ahli yakni Raymond Williams dalam bukunya tahun 1961 halaman 16, budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

26. Sir Edwards B Tylor

Definisi dari kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide da segala sesuatu yang dihasilkan manusia kesamaan pengalaman historis.

27. Sutan Takdir Alisyahbana

Definisi kebudayaan menurut pendapat dari Sutan Takdir Alisyahbana merupakan manifestasi dari cara berpikir.

28. William H. Haviland

Kebudayaan merupakan seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat,

yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.

Di atas adalah beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli yang berasal dari berbagai macam tokoh baik itu dari Indonesia sendiri atau dunia.

Sekarang Anda sudah tau mengenai arti dari kebudayaan, maka Anda pun juga harus mengerti bagaimana cara untuk menjaga kebudayaan tersebut.

Langsung saja simak beberapa ulasan yang ada di bawah ini:

Cara Melestarikan Kebudayaan

Cara Melestarikan Kebudayaan

1. Melakukan Inovasi Saat Budaya

Salah satu hal yang menjadi kendala dimana dapat jadi penyebab akan lunturnya budaya yakni proses pengenalan budaya ke generasi muda condong monoton.

Sehingga tidak memiliki daya tarik untuk generasi muda agar lebih kenal dengan kebudayaan tersebut.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan sebuah terobosan atau inovasi saat mengenalkan kebudayaan ke generasi muda.

Contohnya budaya diperkenalkan menggunakan nuansa dinamis serta condong ke jiwa muda tapi tetap mempertahankan sisi original akan kebudayaan tersebut.

2. Menggelar Festival Kebudayaan dengan Konsisten

Kebudayaan dapat saja selalu eksis hanya saja memang diperlukan sebuah tindakan maupun usaha yang sifatnya adalah kontinu, kira-kira hal seperti apa ya?

Anda bukan hanya mengenalkan pengertian kebudayaan menurut para ahli saja, namun juga harus bisa melakukan hal secara rutin misalnya dengan menggelar kegiatan festival kebudayaan setiap tahunnya. 

Hal tersebut tentunya akan menjadikan keberadaan dari kebudayaan akan selalu terjaga.

Bahkan jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin jika kegiatan festival kebudayaan akan memunculkan semangat baru pada generasi muda untuk selalu menjaga serta melestarikan budaya yang dimiliki saat ini.

3. Membuat Film Dokumenter

Tips yang berikutnya dan bisa Anda lakukan sebagai salah satu terobosan dalam melestarikan suatu kebudayaan yakni dengan mengangkat kebudayaan pada layar kaca atau membuat film. Anda bisa membuat film dengan bentuk dokumenter atau juga film layar lebar.

4. Menanamkan Cinta Akan Budaya

Lunturnya rasa memiliki, menghargai serta kebanggaan akan kebudayaan sendiri dapat menjadi pemicu akan terkikisnya kebudayaan di masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya pemahaman masyarakat agar bisa cinta pada kebudayaan sendiri.

5. Promosi kebudayaan

Hal lain yang bisa Anda untuk melestarikan suatu kebudayaan yakni dengan mempromosikan budaya yang ada baik itu dari skala nasional dan internasional, apabila suatu kebudayaan telah popular baik itu pada nasional maupun internasional, maka dengan otomatis warga yang mana notabene merupakan bagian dari kebudayaan pasti akan bangga akan kebudayaan yang dimiliki.

6. Napak Tilas

Napak tilas mengenai sejarah dari kebudayaan di masyarakat umumnya akan sangat menarik di sebagian orang.

Oleh sebab itu maka dibutuhkan orang yang mana memang paham benar mengenai asal-usul kebudayaan supaya kegiatan dari napak tilas bisa membawa orang seolah-olah sedang berada pada suasana yang nyata.

Napak tilas akan kebudayaan dapat jadi kegiatan wisata yang nantinya akan memunculkan efek domino.

Bukan hanya itu saja selain bisa melestarikan budaya, hal ini juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan untuk masyarakat pada daerah tersebut.

Sebagai bagian dari kebudayaan sudah barang yang pasti jika Anda juga wajib atau pengertian budaya menurut para ahli dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melestarikannya.

Di atas adalah pengertian secara umum dan juga pengertian dari para ahli.

Tips untuk melestarikan budaya tersebut juga bisa Anda jadikan referensi atau acuan dalam menggerakan generasi muda agar cinta pada budayanya sendiri. 

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Ciri dan Tujuannya

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli + Macam-Macamnya

45+ Pengertian Budaya Menurut Para Ahli [LENGKAP]

Leave a Reply