Pencemaran Air: Pengertian, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

pengertian pencemaran air

Pencemaran Air – Air adalah sumber dari kehidupan semua makhluk yang hidup di bumi ini. Air mempunyai fungsi vital dalam kelangsungan kehidupan. Pasalnya hampir semua penyusun pada tubuh manusia yakni air.

Selain itu, air juga dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari misalnya mandi, memasak, mencuci baju, mencuci peralatan masak dan juga pengairan.

Apakah Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika air yang selama ini digunakan tercemar? Tentunya ada banyak hal yang berubah bukan?

Nah di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai pencemaran air dan beberapa hal lain yang berhubungan. Langsung saja simak ulasannya!

Pengertian Pencemaran Air

pengertian pencemaran air

Pencemaran air merupakan kejadian masuknya komponen tertentu kemudian bercampur dengan air akibatnya akan menurunkan kualitas dari air itu sendiri.

Beberapa komponen yang ada diantaranya adalah unsur, energi, serta zat lainnya. Pencemaran air juga terbagi menjadi beberapa jenis yani pencemaran air di laut, pencemaran air di tanah, air di sungai, serta air di danau.

Berdasarkan peraturan UU No. 3 Tahun 1997 memberikan pernyataan jika pencemaran air merupakan kualitas air mengalami penurunan sebab makhluk hidup, zat, energi masuk ke dalam air.

Kejadian ini mengganggu aktivitas manusia. Penurunan dari kualitas air dapat sering disebabkan oleh manusia contohnya adalah membuang sampah sembarangan seperti di sungai serta tempat lainnya.

Penyebab Pencemaran Air

penyebab pencemaran air

Ciri dari air yang sudah tercemar yakni air berubah warna jadi tidak jernih, mengeluarkan bau serta berasa. Jenis yang bagus adalah air berwarna jernih. Air berwarna umumnya dari berbagai macam limbah misalnya limbah rumah tangga serta limbah pabrik.

Sedangkan air berbau pun tidak disarankan digunakan sebab kemungkinan air tersebut sudah tercemar bahan kimia yang berasal dari berbagai macam aktivitas. Selain itu, air yang memiliki rasa juga wajib dihindari untuk tidak dipakai sebab telah mengalami pencemaran air.

Pencemaran air ternyata bisa disebabkan karena adanya logam berat dari berbagai macam limbah industri. Beberapa diantaranya berasal dari limbah industri tekstil, industri cat, serta berbagai bahan kimia pada pupuk, pestisida serta lainnya.

Limbah logam berat ternyata juga berpengaruh pada keseimbangan dari mikroorganisme yang ada di lingkungan perairan. Di bawah ini adalah beberapa penyebab air tercemar.

– Sampah Organik dan Anorganik

Sampah merupakan salah satu hal yang menyebabkan pencemaran pada air. Hal ini disebabkan terdapat banyak sampah dibuang pada sungai dan perairan lainnya. Banyaknya sampah yang ada tentunya menyebabkan air pada sungai jadi tercemar.

Bahkan, kejadian itu tidak hanya terjadi di sungai. Akhir-akhir ini kita sering lihat pemberitaan ada paus mati yang di dalam perutnya terdapat sampah plastik seberat 2 KG, penyu tubuhnya terikat oleh cincin, ada juga yang kepalanya terjebak dalam botol plastik.

Hal ini sangat mengerikan seklai jika tidak secepatnya ditanggulangi.

– Limbah industri

Seperti yang dijelaskan sejak awal limbah industri jadi salah satu penyumbang utama adanya pencemaran lingkungan. Limbah bentuk cair dari industri biasanya akan dibuang ke laut maupun sungai tanpa melalui proses olah terlebih dahulu.

Hal tersebut tentunya bisa mencemari lingkungan pada perairan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya apabila sebelum membuang limbah sebaiknya diolah dahulu supaya tidak memberikan dampak buruk ke lingkungan yang ada di sekitar.

– Pertambangan

Salah satu contoh yang menjadi penyebab dari pencemaran air yakni pertambangan batubara. Pasalnya pada saat batubara dibakar kandungan merkuri di dalamnya akan terlepas bebas. Merkuri ini nantinya bisa kembali lagi serta masuk pada tanah sehingga akan mencemari air.

Untuk melihat betapa merusaknya pertambangan yang tidak direklamasi ini. Anda cukup tonton Sexy Killer di Youtube. Setelah menonton, anda akan menyadari betapa merusaknya aktivitas pertambangan ini. Bukan hanya pada kerusakan air, tetapi juga pada pencemaran udara.

– Bahan Peledak

Bahan peledak tentu dapat mencemari air laut bahkan juga bisa merusak kondisi ekosistem yang ada di dalamnya. Salah satu yang terganggu adalah ekosistem pada terumbu karang.

Selain itu, bahan peledak yang digunakan untuk menangkap ikan juga bisa mematikan ikan ukuran kecil serta ikan besar, jadi regenerasi ikan pun terhambat.

Dengan demikian, tidak hanya kerusakan di lingkungan air saja yang ditimbulkan. Para nelayan pun ikut dirugikan karena lamanya proses regenerasi ikan yang ada di dalamnya.

– Sektor Peternakan dan Perikanan

Limbah kotoran yang berasal dari peternakan dan sisa-sisa makanan ternak apabila dibuang ke sungai tentunya bisa mencemari air. Oleh sebab itu, akan dibutuhkan sistem yang bisa melakukan pengelolaan dari limbah tersebut.

Selain membuat sistem pengelolaan limbah. Perlu juga adanya pengawasan yang ketat, sebab bukan hanya pencemaran air saja yang ditimbulkan, tetapi juga tanah dan udara ikut tercemari.

– Limbah Pertanian

Limbah pertanian tentunya sangat beragam ya. Ada banyak sekali hasil pertanian yang bisa menyebabkan pencemaran air karena dibuang dengan sembarang. Beberapa diantaranya adalah jerami, sisa batang, ranting, sekam padi, dan buah busuk.

Selain sisa pertanian yang dibuang secara sembarangan. Pembakaran jerami padi atau yang sejenisnya juga dapat menyebabkan udara tercemar.

– Minyak Tumpah di Laut

Minyak yang tumpah di laut sangat mempengaruhi keseimbangan dari ekosistem yang hidup di laut. Hanya saja tumpahan minyak di laut kerap terjadi sebab arus air laut deras kemudian mengganggu lalu lintas dari transportasi minyak.

Di antara beberapa penyebab pencemaran air yang lain. Minyak tumpah ini mungkin yang berdampak paling buruk. Sebab sama-sama berupa benda cair, dan ketika minyak itu tumpah penyebarannya akan sangat cepat dan susah untuk dibersihkan.

– Detergen

Detergen merupakan limbah yang berasal dari rumah tangga. Karena hampir setiap hari setiap keluarga menggunakan yang berbahan dasar detergen. Maka pembuangan limbahnya cepat atau lambat akan mencemari airnya.

Oleh sebab itu, sudah kewajiban kita untuk selalu melakukan pengolahan limbah secara baik supaya tidak menimbulkan pencemaran air pada lingkungan sekitar. Karena bukan hanya kita yang merasakan dampaknya, tetapi juga tetangga sekitar.

Dampak Pencemaran Air

dampak pencemaran air

Air yang tercemar bukan hanya akan berdampak untuk manusia ataupun makhluk yang hidup di dalam saja. Sebab air dibutuhkan setiap hari oleh semua makhluk jadi ketika tercemar semua akan merasakan dampaknya, berikut beberapa dampak yang akan ditimbulkan.

– Jumlah Hama Meningkat 

Salah satu akibat yang mungkin timbul pencemaran lingkungan air adalah rantai makanan pada suatu ekosistem jadi terputus.

Misalnya saja adalah pemakaian dari pestisida dengan jumlah yang berlebihan maka bisa membuat banyak predator mati sehingga populasi hama pun akan meningkat.

– Beberapa Spesies Air Punah

Pencemaran air tentunya bisa menjadikan banyak spesies dari ikan serta biota lain yang hidup di lingkungan perairan mengalami kepunahan.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan sebab bisa menurunkan jumlah dari keanekaragaman yang ada di ekosistem air.

– Keseimbangan Lingkungan Terganggu

Keseimbangan lingkungan bisa saja terganggu pada saat ada perubahan dari interaksi yang ada di dalam suatu ekosistem. Misalnya saja Anda, aktivitas sehari-hari tentunya akan terganggu sebab akan mencari air yang bersih.

– Kesuburan Tanah Berkurang

Pada pH dengan kadar di bawah 4 bisa menjadikan penyebab tumbuhan air mengalami kematian sebab sebagian besar tumbuhan ada yang tidak bisa toleran pada kondisi air pada kadar pH asam.

– Nelayan Merugi

Kerugian dari pencemaran air tentunya akan dirasakan oleh para nelayan. Profesi nelayan yakni mencari ikan, jika airnya saja sudah tercemar, maka ikan yang ada di dalamnya juga akan mati.

Hal ini tentunya menjadikan nelayan tidak memperoleh hasil tangkapan untuk dijual akibatnya para nelayan merugi.

Contoh Pencemaran Air

Kira-kira apa saja contoh yang bisa ditimbulkan dari pencemaran air? Di bawah ini adalah beberapa macam contoh dari pencemaran air yang ada di sekitar Anda dengan bentuk zat-zat yang umumnya menjadi sumber dari adanya pencemaran air

  • Agen infeksius, contohnya bakteri, virus, dan parasit
  • Zat kimia organik, contohnya pestisida, minyak, bensin, plastik dan detergen
  • Pencemar anorganik contohnya asam, basa dan logam
  • Zat radioaktif contohnya thorium, radon, iodine, uranium dan cesium
  • Sedimen contohnya tanah, lumpur, dan kerikil
  • Nutrisi maupun unsur hara, contohnya nitrat, fosfat, dan amonium
  • Zat-zat pengikat pada oksigen, contohnya pupuk kandang dan residu tumbuhan.

Cara Mengatasi Pencemaran Air

Terdapat banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi pencemaran air. Cara mengatasinya dibedakan berdasarkan pencegahan yang dilakukan pasca terjadi pencemaran air. Berikut merupakan beberapa langkah untuk mengatasi masalah air yang tercemar.

  • Membuang sampah harus di tempatnya, hal ini menjadi salah satu solusi dari air yang tercemar dimana sifatnya merupakan pencegahan paling mudah serta mendasar.
  • Melakukan pemisahan jenis sampah organik dengan sampah anorganik dan jenis-jenis sampah yang lainnya sehingga bisa mengurangi terjadinya pencemaran air.
  • Melakukan pengelolaan limbah sektor industri, sektor pertanian, sektor peternakan dan sektor perikanan supaya selalu aman serta tidak membahayakan sebelum limbah tersebut di dibuang.
  • Memakai air dengan jumlah yang seperlunya saja dan bijaksana. Mulailah untuk menggerakan hidup hemat air dan tidak membuang air bersih di kegiatan yang dirasa memang tidak perlu.
  • Industri pabrik ditempatkan pada kawasan yang jauh dengan pemukiman penduduk supaya limbah pabrik tak mencemari air yang berada dekat dengan pemukiman penduduk.
  • Mengawasi pemakai bahan pestisida serta zat kimia berbahaya lainnya yang dipakai perusahaan, industri serta perseorangan.
  • Mencegah adanya kegiatan penggundulan hutan serta melakukan program untuk reboisasi supaya bisa menjaga keseimbangan dari air. Air keseimbangannya bisa terjaga karena adanya pohon yang mana bisa membantu mengikat air yang berada di dalam tanah.
  • Mengurangi pemakaian detergen pada lingkungan rumah tangga serta menggantinya menggunakan bahan yang mana lebih ramah terhadap lingkungan.
  • Mengoptimalkan proses rehabilitasi lahan kritis dengan tujuan meningkatkan konservasi air yang ada di bawah tanah
  • Tidak memakai aliran sungai untuk tempat MCK atau mandi, cuci, dan kakus serta tempat mandi hewan ternak.

Manfaat Air

manfaat air

Seperti yang dijelaskan sejak awal air adalah sumber kehidupan untuk makhluk bukan hanya manusia. Dengan begitu maka ada banyak sekali manfaat yang akan diberikan.

Sebelum belajar lebih jauh mengenai pencemaran air, sebaiknya Anda tahu dulu beberapa manfaat dari air sehingga Anda akan selalu menjaga air agar tidak tercemar.

Berikut beberapa manfaat yang akan timbul.

– Memenuhi Cairan Tubuh

Semua makhluk hidup tentunya memerlukan. Baik manusia atau makhluk yang lainnya seperti hewan serta tumbuh. Semuanya tentu membutuhkan air.

Bahkan hampir seluruh penyusun dari tubuh kita adalah air. Tubuh yang kekurangan air bisa menjadi dehidrasi. Oleh karenanya kita perlu teratur dalam meminum air mineral.

– Pekerjaan Sehari-hari Terbantu

Hampir semua aktivitas yang ada pada rumah tangga memerlukan air. Air digunakan untuk berbagai macam hal dalam aktivitas sehari-hari seperti minum, mencuci, menyiram tanaman dan hal lainnya.

Bayangkan saja apabila air pada lingkungan yang ada di lingkungan sekitar Anda tercemar, tentunya hal ini bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit sebab air yang dikonsumsi telah tercemar.

– Membersihkan Tubuh

Air tentunya bisa membantu Anda untuk membersihkan tubuh dengan begitu tubuh pun akan terbebas dari berbagai serangan kuman serta penyakit. Oleh sebab itu, Anda wajib selalu menjaga lingkungan agar tidak mengalami pencemaran air sehingga air bisa digunakan dengan kondisi bersih.

– Membantu Sektor Pertanian

Air merupakan sumber utama dari kehidupan, termasuk juga di dalamnya terdapat tanaman. Jika tanaman kekurangan air maka nantinya dapat mengganggu jalannya proses metabolisme dari tanaman.

Sehingga hal itu dapat menyebabkan tanaman menjadi layu dan kemudian mati. Air memiliki penting juga untuk mengalirkan irigasi sawah para petani.

Di atas adalah beberapa referensi yang berkaitan dengan pencemaran air, manfaat air, definisi, dampak yang ditimbulkan, zat polutan pada air dan juga solusi untuk mengatasi air yang sudah. Setelah Anda tau bahayanya maka segera lakukan pencegahan sedari sekarang.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
darah keperawanan
Read More

Apakah Darah Perawan Itu?

Sebelum mengetahui tentang darah perawan atau darah keperawanan, maka alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang suplai perdarahan…