Ukuran Lapangan Bola Basket Sesuai Standard dan Posisi Pemainnya

Ukuran Lapangan Bola Basket – Bola basket adalah salah satu olahraga yang sangat terkenal di dunia, juga di Indonesia.

Selain sepak bola, bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak mendatangkan penonton saat kompetisi dimulai.

Permainan dengan menggunakan bola dan teknik melempar ini juga dijadikan salah satu cabang olahraga dalam pertandingan olimpiade.

Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait olahraga ini, kita akan membahas tentang ukuran lapangan bola basket.

Ya, memahami tentang bagaimana ukuran lapangan dalam permainan bola basket menjadi penting karena hal ini akan berpengaruh pada setting teknik dan stamina yang dibutuhkan oleh masing-masing pemain. 

Dengan mengetahui secara detail bagaimana ukuran lapangan bola basket tersebut, sebuah tim bola basket juga akan bisa mengatur ritme permainan dan strategi dengan baik.

Lantas, bagaimana dengan detail ukuran dari lapangan bola basket tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini. Beragam Jenis Ukuran Lapangan Bola Basket

Membahas tentang ukuran lapangan bola basket, ada beberapa jenis ukuran lapangan olahraga ini yang sebaiknya diketahui.

Hal ini memang cukup beralasan karena perbedaan peraturan melahirkan perbedaan detail ukuran lapangan olahraga ini. 

Adapun beberapa jenis ukuran lapangan bola basket yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

Ukuran Lapangan Bola Basket Nasional

lapangan bola basketDetail ukuran lapangan untuk olahraga bola basket yang pertama adalah dengan standard nasional.

Nah, detail ukuran lapangan dengan standard nasional ini adalah 25,5 m x 15 m. Ukuran tersebut memiliki detail seperti ukuran panjang garis tengah lingkaran sekitar 1,8 meter dan lebar garis tersebut adalah 0,05 meter.

Selain itu, panjang garis akhir lingkar daerah serang adalah sekitar 6 meter dan garis tembakan hukuman dengan jarak 3,60 meter.

Ukuran standard ini juga memiliki tiga buah lingkaran di dalam lapangan dengan jari-jari sekitar 1,8 meter.

Detail lain dalam ukuran dari lapangan bola basket ini adalah jarak papan pantul bagian dalam memiliki ukuran 0,59 m x 0,45 m.

Sedangkan untuk jarak papan pantul bagian dalam adalah 1,8 m x 1,2 m. Nah, detail lain terkait lapangan bola basket ini adalah jarak lantai hingga ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 m dan bagian bawah adalah 0,3 m.

Ukuran Lapangan Bola Basket Internasional

ukuran lapangan bola basketDetail ukuran lapangan bola basket lain adalah ukuran lapangan dengan standard internasional.

Seperti namanya, detail dari ukuran lapangan untuk bola basket ini memiliki standard yang telah disepakati oleh berbagai negara di dunia dan menjadi kesepakatan bersama, terutama dalam perlombaan bola basket yang melibatkan beberapa negara. 

Nah, mengenai detail ukuran lapangan bola basket dengan standard internasional, ukuran dari lapangan tersebut adalah 28 m x 15 m.

Selain itu, detail lapangan bola basket ini adalah memiliki garis tengah dengan ukuran 1,8 m x 0,05 m. Selain itu, panjang garis akhir dari wilayah serang adalah 6 m dan garis tembakan adalah 3,6 m.

Sama dengan detail dari lapangan sebelumnya, pada lapangan bola basket terdapat 3 buah lingkaran yang memiliki panjang diameter sekitar 1,8 m.

Hal lain terkait detail dari ukuran lapangan bola basket dengan standard internasional ini adalah papan pantul.

Untuk papan pantul, ukuran pada lapangan bola basket dengan standard internasional tersebut pada dimensi dalam adalah 0,59 m x 0,45 m. Sedangkan untuk bagian luar adalah 1,8 m x 1,2 m.

Selain itu, jarak lantai sampai ke papan pantul bawah adalah 2,9 m dan jarak papan pantul bawah ke ring bola basket adalah sekitar 0,15 m.

Jika dilihat secara sekilas, ukuran lapangan bola basket baik dengan standard nasional dan internasional adalah mirip.

Namun, tentu pada beberapa bagian terdapat perbedaan. Dalam hal ini, perbedaan tersebut bisa dikatakan dikarenakan menyesuaikan postur pemain dari Indonesia. 

Ukuran Ring Basket

ukuran ring basket

Selain ukuran lapangan bola basket, hal lain yang perlu diketahui adalah ukuran dari ring basket.

Untuk ukuran ring basket, baik standard nasional dan juga internasional memiliki ukuran yang sama.

Ukuran tersebut adalah 0,4 m dan memiliki jarak tiang penyangga ring hingga garis akhir adalah sekitar 1 meter. 

Posisi Pemain Basket

posisi pemain basketSelain detail dari ukuran lapangan untuk permainan bola basket tersebut, hal lain yang perlu diketahui adalah posisi dari pemain bola basket.

Mengetahui detail dari posisi pemain bola basket merupakan hal penting karena akan berpengaruh pada pola permainan team. 

Berbincang tentang posisi dari para pemain bola basket tersebut, ada beberapa jenis posisi yang harus diketahui dengan baik.

Adapun beberapa jenis posisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Guard

pemain basketPosisi pemain bola basket yang pertama adalah guard. Dalam detail posisi ini terdapat dua jenis guard yang memiliki perbedaan peran.

Adapun beberapa jenis guard tersebut adalah point guard dan shooting guard.

Penjelasan mengenai posisi ini adalah sebagai berikut:

  • Point guard, yaitu adalah pemain dalam posisi yang memiliki tugas utama untuk mengetahui permainan baik dalam serangan maupun saat bertahan
  • Shooting guard, yaitu adalah pemain dengan tugas utama sebagai pemain yang akan memasukkan bola ke dalam ring lawan. Untuk posisi ini biasanya akan dipilih seorang pemain yang memiliki akurasi tembakan yang baik serta kecepatan dan postur tubuh yang lebih tinggi.

2. Forward

pemain basketPosisi pemain bola basket yang kedua adalah forward atau penyerang.

Nah, untuk posisi ini, ada setidaknya dua jenis forward yang harus diketahui. Adapun detail dari posisi ini adalah sebagai berikut:

  • Small forward, yaitu adalah posisi pemain yang bisa dikatakan serba bisa. Dalam hal ini, pemain yang memiliki posisi small forward seharusnya memiliki beberapa kemampuan yang mendasar dan hebat. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan menggiring, mengumpan dan menembak bola.
  • Strong forward, yaitu merupakan pemain bola basket yang memiliki posisi di bawah ring, baik saat menyerang ataupun saat bertahan. Pemain basket dengan posisi ini adalah pemain yang memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi. Dengan demikian, pemain bisa menghalangi lawan dan merebut bola saat rebound

3. Posisi Center

pemain basketPosisi lain dari pemain bola basket adalah posisi center. Ini adalah salah satu pemain penting dalam permainan bola basket tersebut.

Pemain dengan posisi ini adalah pemain dengan tugas utama bertahan saat terjadi serangan yang mengancam pertahanan.

Biasanya, pemain dengan posisi ini adalah mereka yang memiliki postur tinggi dan besar.

Postur memang sangat penting dalam posisi ini. Dengan posisi yang besar, mereka bisa menghalangi serangan dan mengubahnya menjadi serangan balik.

Selain itu, posisi ini merupakan pemain yang paling sering melakukan pelanggaran.

Demikian beberapa ulasan terkait ukuran lapangan bola basket dan beberapa posisi dalam permainan bola basket yang harus diketahui.

Dengan pemahaman tersebut, bermain basket tentu akan lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat. 

BACA ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply