Ukuran Lapangan Bola Voli dan Beberapa Perangkat Lainnya

Bola voli merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari. Selain sepak bola dan bola basket, bola voli cukup banyak mendatangkan animo masyarakat dalam setiap pertandingan dan kompetisi.

Bahkan, di Indonesia sendiri terdapat badan khusus yang mengelola olahraga ini secara nasional dan terdapat kompetisi resmi nasional dengan nama Pro Liga.

Nah, guna mengetahui seluk beluk tentang bola voli, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Dalam kesempatan ini apa yang akan menjadi bahasan adalah terkait ukuran lapangan bola voli. Mengetahui ukuran detail dari lapangan bola voli menjadi salah satu hal yang cukup penting.

Ya, dalam sebuah kompetisi, dengan mengetahui detail dari ukuran lapangan olahraga ini, mengatur strategi pemain bisa dilakukan dengan lebih baik.

Turunannya, permainan bola voli bisa dilakukan dengan lebih terstruktur dan tentu peluang untuk memenangkan pertandingan dalam kompetisi menjadi semakin besar.

Lantas, bagaimana detail dari ukuran lapangan bola voli tersebut dan ukuran dari beberapa perangkat bola voli lainnya? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola volli

Sebagaimana disinggung di awal bahwa pemahaman terkait ukuran lapangan bola voli secara tidak langsung akan berpengaruh pada strategi permainan bola voli yang dijalankan.

Dengan penguasaan pada lapangan, pembagian peran antar pemain bisa dilakukan dengan lebih terorganisasi.

Secara umum, ukuran lapangan bola voli baik standard nasional ataupun standard internasional adalah 18 m x 9 m.

Ukuran ini sudah disepakati bersama dan menjadi acuan dalam penyelenggaraan kompetisi bola voli di berbagai belahan dunia.

Adapun rincian dari ukuran lapangan bola voli yang perlu diketahui bersama sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter
  • Ukuran lebar lapangan bola voli adalah 9 meter
  • Ukuran panjang garis serang lapangan bola voli adalah 3 meter
  • Ukuran luas lapangan bola voli secara keseluruhan adalah 162 meter2
  • Ukuran lebar garis lapangan bola voli adalah 5 sentimeter 
  • Ukuran area servis lapangan bola voli adalah 3 meter.

Dari beberapa poin di atas, bisa dilihat beberapa detail mengenai ukuran dari lapangan bola voli tersebut.

Dengan demikian, maka tentu saja Anda bisa mengatur bagaimana game akan berjalan dan akan bebas dari beberapa pelanggaran yang tidak perlu, seperti melanggar batas garis servis.

Ukuran Net Bola Voli

ukuran net bola volli

Selain ukuran lapangan bola voli, salah satu hal lain yang penting untuk diketahui adalah ukuran dari net bola voli.

Mengetahui tentang ukuran dari net bola voli ini juga cukup penting. Dengan pemahaman terkait net bola voli, maka Anda juga bisa mengatur bagaimana strategi smash dan blocking yang bisa dilakukan. 

Adapun detail dari ukuran net bola voli tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran tinggi net bola voli putra adalah 2,43 meter
  • Ukuran tinggi net bola voli putri adalah 2,24 meter
  • Ukuran panjang net bola voli adalah 9 meter
  • Ukuran lebar bola voli adalah 1 meter
  • Ukuran tinggi antena pada net bola voli adalah 80 sentimeter dan berada di atas net
  • Ukuran tinggi tiang net bola voli adalah 2,55 meter
  • Ukuran jarak antara tiang net dan garis tepi di samping lapangan adalah 0,5 hingga 1 meter
  • Ukuran pita tepian atas net bola voli adalah 5 sentimeter
  • Ukuran pita tepian samping net bola voli adalah 5 sentimeter
  • Ukuran mata jala net bola voli adalah 10 sentimeter dengan bentuk persegi.

Ukuran dari net bola voli tersebut merupakan ukuran dengan standard internasional. Artinya, net bola voli yang digunakan untuk menjalankan kompetisi bola voli di seluruh bagian dunia menggunakan ukuran net bola voli yang sama.

Ukuran atau Diameter Bola Voli

Ukuran bola volli

Hal lain yang juga perlu diketahui untuk menambah pemahaman terkait bola voli adalah ukuran atau diameter dari bola voli.

Dalam hal ini, ukuran bola voli harus diperhatikan dan harus disesuaikan dengan standard internasional yang ditetapkan, terutama untuk kompetisi resmi.

Adapun detail ukuran atau diameter dari bola voli yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Ukuran keliling bola voli adalah 65 hingga 67 sentimeter
  • Ukuran berat bola voli adalah 260 hingga 280 gram
  • Ukuran tekanan bola voli adalah 0,30 hingga 0,325 kg/cm2
  • Ukuran diameter bola voli sekitar 18 hingga 20 sentimeter.

Beberapa detail ukuran tersebut penting untuk dilakukan. Dalam hal ini, ukuran berat dari lapangan bola voli menjadi salah satu hal yang paling penting untuk disesuaikan karena akan sangat berpengaruh pada pola permainan dan performa dari pada pemain bola voli. 

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi pemain bola volli

Sebagaimana telah disinggung di awal bahwa ukuran lapangan bola voli bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur strategi permainan bola voli. Oleh karena itu, setelah memahami detail ukuran dari lapangan bola voli dan beberapa perangkat lainnya, mengetahui posisi pemain bola voli menjadi hal yang cukup penting.

Untuk jumlah pemain, permainan dan olahraga bola voli menggunakan 5 orang pemain dalam satu team. Pemain tersebut akan menempati beberapa posisi yang berbeda. Adapun beberapa posisi dari pemain dalam bola voli tersebut adalah sebagai berikut:

  • Set-upper atau tosser adalah pemain bola voli yang memiliki tugas utama sebagai pengatur serangan dalam sebuah team. Set-upper ini akan memberikan umpan yang manja kepada smasher untuk mencetak poin.
  • Spiker atau smasher adalah pemain bola voli yang bertugas untuk melakukan blocking dari serangan pemain lawan untuk mencuri poin. Selain itu, dalam pola penyerangan, seorang smasher akan menjadi ujung tombak tim untuk mencetak poin. Biasanya, smasher adalah mereka yang memiliki pukulan bola paling keras.
  • Libero atau defender adalah pemain bola voli yang memiliki tugas untuk menerima bola dari team lawan dan kemudian menahan berbagai serangan. Seperti namanya, seorang libero bertugas untuk mempertahankan team agar tidak kecurian poin. Selain itu, libero juga memiliki tugas memberikan umpan pertama pada rekan satu team.
  • Server merupakan pemain bola voli yang memiliki tugas untuk melakukan servis. Seorang server yang baik bahkan bisa mencetak angka secara langsung melalui proses servis. Selain itu, server biasanya juga merangkap sebagai seorang libero untuk membantu pertahanan team.

Dari beberapa poin di atas dapat dipahami secara jelas bahwa ada beberapa posisi dalam permainan bola voli yang harus dipahami.

Seiring setiap posisi pemain memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, tentu pemain bola voli harus berlatih dengan giat agar memiliki skill sebagaimana yang dibutuhkan dalam posisi pemain bola voli tersebut.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait ukuran lapangan bola voli dan ukuran perangkat bola voli lainnya serta posisi dari pemain.

Pemahaman mengenai beberapa hal tersebut tentu akan membantu Anda memahami seluk-beluk bola voli dengan lebih baik dan bisa menjadi pemain bola voli yang tidak hanya memiliki skill namun juga berpengetahuan. Semoga bermanfaat. 

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Leave a Reply