Cara Presentasi yang Baik dan Efektif

presentasi yang efektif

Cara Presentase – Setiap individu yang sedang menjalani perkuliahan pasti pernah mendapatkan tugas untuk melakukan presentasi di kelas, baik untuk melaksanakan tugas kuliah maupun saat terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Bagi yang telah bekerja juga kerap mendapatkan tugas yang sama.

Tidak memandang profesi yang digeluti apa, kesempatan dan tugas untuk melakukan sebuah presentasi lambat laun pasti akan datang. Ibarat sedia payung sebelum hujan, mempersiapkan diri untuk memiliki skills yang hebat jauh-jauh hari adalah pilihan yang tepat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyampaikan beberapa tips dan triks terkait dengan presentasi ini. Berikut adalah 10 tips dan triks yang penulis rasakan cukup bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan untuk memberikan presentasi yang perlu anda kuasai. Apa saja, silakan disimak poin-poin dibawah ini:

presentasi yang benar

Tips Melakukan Presentase yang Baik

The Golden Rule – Berlatih, berlatih dan berlatih. Sebelum melakukan sebuah presentasi ada baiknya anda berlatih, lakukan latihan sekurangnya 4-5 kali. Berlatihlah di depan cermin atau di depan teman atau bisa juga di depan kolega anda.

Semakin kerap anda melakukan latihan, semakin baik penguasaan anda terhadap topik yang akan disampaikan. Seiring dengan hal tersebut kepercayaan diri anda pun akan semakin meningkat.

Making a Good Start – Mulailah presentasi dengan memperkenalkan diri anda dan sampaikan kepada audiens poin-poin apa saja yang akan anda sampaikan nanti.

Cobalah untuk mengatakan hal tersebut dengan jelas, lantang dan percaya diri dan cobalah untuk melakukan kontak mata dengan audiens anda.

Do Preparation – Cobalah untuk mengunjungi ruangan tempat anda akan melakukan presentasi sekurang-kurangnya 15 menit sebelum acara dilaksanakan.

Pastikan semua audio visual aids yang anda perlukan bekerja dengan sempurna. Sebaiknya anda juga menyediakan hand-outs atau catatan yang diperlukan sewaktu melakukan presentasi.

Eye Contact – Lakukanlah kontak mata saat menjalankan presentasi. Apabila saat presentasi menggunakan laptop dan LCD, cobalah untuk tidak terpaku pada kedua alat tersebut. Buatlah kontak mata dengan audiens anda seoptimal mungkin.

Enggage with The Audience – Cobala untuk berkomunikasi dan bersikap hangat dengan audiens. Cobalah bertanya atau libatkan audiens dalam kegiatan presentasi anda.

Gunakan flipchart, spidol atau smart board saat anda meminta audiens terlibat dalam presentasi anda. Jika anda menggunakan software powerpoints, gunakanlah animasi, clip-art atau warna-warna untuk teks presentasi anda secara menarik.

Gesture and Facial Expressions – Gunakanlah gestures dan ekspresi wajah yang sesuai. Jauh lebih baik jika saat presentasi anda menunjukkan ekspresi yang antusias tentang topik yang sedang anda bahas. Hal ini memungkinkan akan menular kepada audiens anda untuk memiliki perasaan antusias yang sama.

Using your Voice – Cobalah untuk berbicara dalam kecepatan yang sedang dan gunakan intensitas kata yang berbeda untuk topik yang sedang anda bahas.

Jika membantu, boleh juga disediakan air mineral atau soft drink untuk membantu anda disaat kehausan ketika melakukan presentasi. Jika anda berbicara dengan tempoh yang cepat, kemungkinan anda mengalami grogi disaat presentasi.

Maka sadarilah perasaan anda. Berhentilah sebentar jika anda grogi, minum air mineral atau soft drink yang disediakan untuk mengurangi grogi yang dialami. Hal tersebut mungkin bisa membantu mengurangi rasa grogi anda saat itu.

Not to Speak Long – Cobalah untuk tidak berbicara dengan kalimat yang panjang, karena apabila pembicaraan anda bertele-tele ada kemungkinan audiens akan merasa bosan dengan presentasi anda. Lakukanlah presentasi yang terarah dan padat.

Jika memang diperlukan presentasi dalam waktu yang cukup lama, selingilah aktivitas presentasi anda dengan berbagai aktivitas agar audiens anda tidak mengantuk dan hilang perhatian karena mengalami kebosanan.

Move Around – Selama melakukan presentasi bergeraklah. Dekati audiens anda dengan ramah dan cara-cara yang sopan. Tetapi jangan terlalu cepat anda menjauh dari audiens anda saat berinteraksi tersebut, jangan pula terus diposisi yang sama dalam tempoh yang terlalu lama.

Have an Effective Close – Akhiri presentasi anda dengan menyimpulkan poin-poin penting dari topik yang disampaikan. Lakukan gerakan mengitari audiens untuk mendapatkan feedback atau menerima pertanyaan-pertanyaan terkait topik presentasi yang telah anda sampaikan.

Ucapkan terima kasih kepada audiens yang telah penuh semangat bertanya dan menyimak presentasi anda. Jika anda dalam rangka presentasi bisnis, ada baiknya anda meninggalkan kartu nama anda kepada audiens yang hadir.

Demikian 10 tips dan triks yang perlu anda perhatikan untuk meningkatkan kehandalan anda dalam melakukan presentasi. Latihan yang konsisten dengan memperhatikan poin-poin penting yang diperlukan disaat melakukan presentasi, dipastikan akan membuat presentasi anda akan amat sangat sensasional. Selamat berlatih!

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Berikut ini beberapa buku-buku yang cukup bermanfaat guna meningkatkan performance anda dalam merencanakan, menyusun dan melaksanakan presentasi:

– Kaul, A. (2005). The effective presentation: Talk your way to success. Delhi: Sage.
– McCarthy, P. (2002). Presentation skills: The essential guide for students. London: Sage.
– Siddons, S. (2008). The complete presentation skills handbook: how to understand and reach your audience for maximum impact and success. London: Kogan Page. (also available as an e-book)
– Stuart, C. (2000). Speak for yourself, the complete guide to effective communication and powerful presentations. London: Piatkus.
– Van Emden, J. and Becker, L.M. (2004). Presentation skills for students. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like