Penjelasan Komunikasi Efektif dan Unsur-unsurnya

tujuan komunikasi efektif

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi menjadi bagian yang sangat penting bagi manusia agar bisa saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi ini merupakan sebuah proses penyampaian informasi (pesan, gagasan atau ide) dari satu pihak ke pihak yang lainnya.

Dalam sebuah komunikasi, ada yang disebut dengan komunikasi efektif. Lalu, apa pengertian komunikasi efektif ini? Komunikasi efektif adalah sebuah komunikasi yang dapat menghasilkan sebuah perubahan sikap (attitude change) kepada orang lain yang bisa terlibat di dalam proses komunikasi yang satu ini.

Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan cara lisan ataupun verbal serta bisa dimengerti dan dipahami oleh kedua belah pihak. Akan tetapi, komunikasi juga masih bisa digunakan dengan cara gerak-gerik badan yang menunjukkan suatu sikap tertentu misalnya menggelengkan kepala, tersenyum, mengangkat bahu atau yang lain sebagainya. Nah, untuk beberapa cara komunikasi tersebut disebut dengan komunikasi non verbal.

Tujuan Komunikasi yang Efektif

komunikasi efektif

1. Memberikan Kemudahan Dalam Memahami Pesan

Sebuah pesan yang disampaikan oleh si komunikator kepada komunikan haruslah menggunakan bahasa yang jelas dan lengkap. Tak hanya itu, bahasa yang digunakan pun harus mudah dipahami serta dimengerti baik oleh si penerima informasi itu sendiri ataupun oleh si pemberi informasi.

2. Memberikan Umpan Balik yang Seimbang

Dalam sebuah komunikasi yang baik, tentu saja harus ada umpan balik )(feed back) yang seimbang antara pemberi informasi dengan si penerima informasi. Hal ini sangatlah penting agar komunikasi yang dilakukan tidak monoton dan bisa berjalan lebih lancar. Tak hanya itu saja, bahkan komunikasi efektif juga baik untuk melatih penggunakan dari bahasa non verbal.

Setelah Anda mengetahui tujuan yang dimiliki oleh komunikasi efektif itu sendiri, Anda juga harus mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki di dalamnya. Lalu, apa saja fungsi dari sebuah komunikasi efektif dan bagaimana penjelasannya?

Fungsi Komunikasi Efektif

fungsi komunikasi efektif

1. Fungsi Informasi

Fungsi informasi yang satu ini digunakan untuk memberikan suatu pesan kepada pihak tertentu, tentu saja hal tersebut agar komunikan bisa mengerti isi pesan yang disampaikan.

2. Fungsi Ekspresi

Fungsi ekspresi merupakan wujud dari ungkapan atau pikiran dari si pemberi informasi tentang apa yang dia pahami dari suatu hal yang sedang dipermasalahkan.

3. Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi disini ialah sebagai transaksi usaha (bisnis) yang mana sangat berkaitan dengan barang, jasa serta financial.

4. Fungsi Kontrol

Fungsi komunikasi selanjutnya ialah sebagai kontrol untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini dilakukan dengan cara memberi pesan berupa perintah, penilaian, peringatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Fungsi Sosial

Yang terakhir yakni sebagai fungsi sosial, yang mana dilakukan untuk keperluan rekreatif serta keakraban hubungan antara si pemberi pesan dengan si penerima pesan.

Tentu saja, tanpa adanya komunikasi efektif yang satu ini, sebuah komunikasi yang terjadi antara kedua belah pihak ataupun lebih tidak dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, maksud dari komunikasi tersebut pun  bisa saja tidak bisa dimengerti oleh salah satu pihak.

Suatu komunikasi tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Lalu, apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi tersebut? Berikut penjelasannya.

Faktor yang Melatar Belakangi Sebuah Komunikasi

faktor komunikasi

1. Latar Belakang

Faktor pertama yang akan dijelaskan ialah latar belakang. Tentu saja, interpretasi dari suatu pesan bisa terbentuk berdasarkan pola pikir seseorang lewat kebiasaannya. Sehingga, semakin sama latar belakang budaya yang dimiliki oleh komunikator dengan komunikan maka akan sangat membantu untuk membuat komunikasi tersebut menjadi lebih efektif.

2. Ikatan Kelompok atau Grup

Faktor yang kedua dari sebuah komunikasi ialah ikatan dari suatu kelompok ataupun grup. Mengapa suatu ikatan kelompok menjadi faktor yang penting dalam sebuah komunikasi? Hal ini karena berbagai macam nilai yang dianut oleh sebuah kelompok tentu saja akan mempengaruhi cara dari sebuah pesan.

3. Harapan

Faktor komunikasi selanjutnya ialah harapan. Harapan akan mempengaruhi penerimaan dari suatu pesan sehingga pesan tersebut dapat diterima sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Pendidikan

Tentu saja, pendidikan masuk ke dalam sebuah faktor penting dalam sebuah komunikasi. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki oleh seseorang, maka akan semakin kompleks pula sudut pandang dalam hal menyikapi sebuah isi pesan yang disampaikan atau diutarakan.

5. Situasi

Nah, faktor yang terakhir ada situasi. Mengapa situasi masuk ke dalam faktor komunikasi yang tidak dapat dilewati begitu saja? Hal ini karena perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh situasi atau lingkungan yang ada di sekitarnya.

Berbagai macam faktor tersebut tentu saja menjadi bagian penting dalam terciptanya sebuah komunikasi yang baik. Namun, tahukah Anda jika sebuah komunikasi efektif tak hanya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang sudah disebutkan.

Akan tetapi, sebuah komunikasi yang baik juga memiliki beberapa unsur yang akan dijelaskan di bawah ini. Kira-kira, ada apa saja unsur yang terdapat dalam sebuah komunikasi? Anda bisa mengetahui jawabannya di bawah ini:

Unsur-Unsur Komunikasi

unsur komunikasi

1. Komunikator

Yang pertama yaitu ada komunikator. Komunikator disebut juga sebagai pengirim (sender) yang mana mengirim sebuah pesan kepada komunikan dengan memanfaatkan media tertentu. Komunikator ini adalah sebuah unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah komunikasi. Komunikator juga merupakan sumber (awal) terjadinya sebuah komunikasi.

2. Komunikan

Jika sudah ada komunikator, tentu saja harus ada komunikan. Komunikan (receiver) adalah orang yang menerima pesan dari seorang komunikator. Setelah itu, komunikan akan memahami, menerjemahkan dan pada akhirnya akan memberikan sebuah respon.

3. Media

Unsur yang ketiga yaitu media. Nah, tanpa adanya media yang satu ini tentu saja sebuah komunikasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Media atau yang juga disebut dengan saluran (channel) biasanya dipakai untuk bisa menyampaikan sebuah pesan sebagai sarana komunikasi.

Media atau saluran yang satu ini bisa berupa bahasa verbal ataupun non verbal. Wujudnya bisa berupa ucapan, gambar, tulisan, bahasa mesin, bahasa tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Pesan

Dalam sebuah komunikasi ada juga pesan yang menjadi isi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Dalam sebuah komunikasi, kejelasan dari pengiriman serta penerimaan pesan sangatlah berpengaruh terhadap kesinambungan dan kelancaran berkomunikasi.

5. Tanggapan

Nah, dalam sebuah komunikasi yang baik, tentu saja dibutuhkan sebuah tanggapan agar komunikasi tersebut dapat terus dijalankan. Tanggapan adalah dampak (effect) dari sebuah komunikasi sebagai respon atas penerimaan suatu pesan.

Tanggapan yang satu ini diimplementasikan dalam sebuah bentuk umpan balik (feedback) ataupun tindakan yang sesuai dengan pesan yang telah diterima.

Tanpa adanya berbagai macam unsur yang sudah disebutkan tersebut, pastinya sebuah informasi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sama halnya dengan faktor komunikasi yang sudah dijelaskan di atas, berbagai macam unsur dari komunikasi tersebut juga menjadi komponen yang penting dan tidak dapat diabaikan begitu saja.

Setelah Anda mengetahui pengertian komunikasi efektif, faktor beserta unsurnya, sebenarnya apa tujuan dari adanya komunikasi efektif yang satu ini? Apakah komunikasi tersebut sangat penting bagi kehidupan manusia? Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada tujuan dari komunikasi efektif.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like