Teks Berita + Contoh dan Penjelasannya [LENGKAP]

Netsains.com – Mendengar istilah berita tentunya sudah bukan hal yang asing lagi bukan bagi Anda? Bahkan berita sudah seperti menjadi bahan makanan setiap harinya. Apalagi di era digital seperti sekarang ini dimana segala informasi bisa didapatkan dan disebarkan dengan mudah. Siapapun bisa menjadi objek maupun subjek dalam sebuah teks berita.

Anda bisa mengakses berita kapan pun dan dimana pun hanya dengan gadget yang ada dalam genggaman Anda. Bahkan melalui media sosial yang Anda miliki, Anda bisa menyebarkan dan menulis sebuah berita dengan mudah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tidak semua tulisan yang mengandung informasi bisa disebut dengan berita lho. 

Sebuah berita harus memenuhi struktur dan syarat tertentu. Baik dari segi isi maupun bahasa yang digunakan. Nah, sebelum membahas contoh teks berita, ada baiknya untuk lebih memperdalam informasi Anda mengenai berita dan penjelasanya. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Teks Berita

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teks berita dan contoh teks berita, akan lebih sempurna jika Anda mengetahui pengertian apa itu yang dinamakan teks berita. Teks berita merupakan sebuah teks yang memiliki kandungan tentang segala hal yang terjadi di dunia. Tentunya merupakan sebuah fakta bukan hoaks. Biasanya berita ini akan dimuat dalam media cetak, situs atau televisi.

Sebuah berita haruslah sebuah fakta. Karena hal tersebut mengabarkan kepada khalayak umum dan hal yang diberitakan harus bisa dipertanggung jawabkan. namun sayangnya akhir-akhir ini banyak sekali berita hoaks yang beredar di tengah masyarakat, tentunya hal ini harus dilawan.

teks berita

Mengenal Ciri-Ciri Teks Berita

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya sebuah tulisan yang berisi informasi tidak semuanya disebut dengan teks berita. Terdapat beberapa ciri khusus yang harus dimiliki sebuah teks berita. Jika salah satunya tidak memenuhi maka tulisan tersebut tidak bisa disebut dengan berita. Adapun ciri-ciri teks berita antara lain adalah sebagai berikut:

1. Faktual

Hal pertama yang harus dimiliki dalam sebuah teks yang disebut dengan teks berita adalah bahwa apa yang disampaikan tersebut bersifat faktual atau nyata adanya. Bukan rekayasa atau sebuah karangan belaka. Kejadian tersebut benar-benar terjadi serta tidak terikat oleh waktu. Kejadian tersebut bisa terjadi di masa sekarang maupun di masa lalu.

Namun sayangnya sekarang ini banyak sekali berita bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat. Dan lebih buruknya lagi, masyarakat dengan mudahnya percaya dan menyebarkan berita yang belum tentu benar adanya. Hal ini tentu seharusnya tidak boleh dilakukan karena dapat merugikan seseorang.

2. Aktual

Aktual merupakan sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dan sedang hangat diperbincangkan atau sedang hits. Jika sebuah artikel memuat berita yang sudah basi tentunya sudah tidak menarik lagi bagi pembaca ataupun yang mendengarkannya.

Pada dasarnya sebuah teks berita dibuat adalah untuk mengabarkan kepada orang lain.sementara jika orang lain sudah tidak tertarik lagi dengan berita yang sudah basi tersebut tentunya akan percuma atau sia-sia.

3. Unik atau Menarik

Dalam sebuah contoh teks berita harus memiliki sesuatu yang unik sehingga akan menarik pembaca. Unik disini bisa dengan cara pemilihan bahasa yang digunakan, sudut pandang pemberitaan yang berbeda atau mengupas secara tajam sebuah peristiwa, sehingga sebuah tulisan akan mampu menarik pembaca.

Pada dasarnya jika semua reporter menulis teks berita atau contoh teks berita tentunya akan mencari sesuatu yang aktual. Jika peristiwa yang aktual sama dengan yang diberitakan oleh reporter lainnya. Disinilah tugas Anda untuk berpikir kreatif menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dengan media lainnya.

Keunikan contoh teks berita bisa dilihat dari judulnya yang membuat penasaran. Dengan memancing rasa penasaran tersebut teks berita Anda bisa menarik minat pembaca. Namun tulisan Anda harus diiringi dengan jawaban atas rasa penasaran yang diciptakan. Jika tidak, maka pembaca akan merasa tertipu atau dikecewakan.

Sementara beberapa hal yang bisa menarik perhatian pembaca, antara lain adalah memiliki unsur hiburan. Orang yang jenuh dengan segala rutinitas cenderung akan mencari hiburan, salah satunya adalah dengan mencari teks berita.

Kedua, memiliki unsur kedekatan. Bisa dekat wilayah atau memiliki hubungan kedekatan tertentu. Maka seseorang akan memiliki perhatian khusus terhadap apa yang tertulis dalam teks berita.

Selanjutnya, mengandung unsur seks, kemanusiaan, kriminalitas atau politik. Hal ini sebenarnya tergantung ketertarikan dari masing-masing pembaca. Topik-topik tersebut adalah topik yang paling sering dicari.

teks berita

Kaidah Penulisan

Penulisan berita secara umum harus memperhatikan beberapa kaidah penulisannya. Agar berita yang disajikan menjadi interaktif didepan pembaca. Berikut adalah kaidah-kaidah penulisan berita yang dapat dijadikan acuan penulisan sebuah berita:

1. Berpengaruh bagi Masyarakat Luas

Sebuah teks berita harus memiliki pengaruh kepada masyarakat secara luas, dimana kedudukan masyarakat adalah pembaca ataupun pendengar berita. Salah satu contoh teks berita yang dalam sepekan terakhir ini menuai perhatian khusus dari masyarakat adalah kasus perundungan terhadap anak Sekolah Menengah Pertama yang dilakukan oleh sekelompok Anak Sekolah Menengah Atas.

Kasus tersebut cukup mempengaruhi masyarakat secara luas, terlebih dalam  memberikan pendidikan terhadap anak. Tindakan perundungan dalam bentuk apapun tidak bisa dibenarkan. Dan masih banyak contoh teks berita yang lainnya yang memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat.

2. Objektif

Sebuah teks berita harus menuliskan secara objektif. Tidak boleh informasi yang terkandung di dalamnya berdasarkan penilaian secara subjektif. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kebenaran dari isi berita tersebut.

3. Menggunakan Bahasa Baku dan Sederhana

Biasanya sebuah teks berita akan menggunakan bahasa baku dan sederhana agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Bahasa baku adalah ragam bahasa Indonesia yang penulisan maupun cara pengucapannya sesuai dengan kaidah standar. Dalam hal ini adalah menggunakan pedoman ejaan yang disempurnakan (EYD).

4. Terdapat Waktu dan Kronologi Kejadian

Sebuah contoh teks berita harus memiliki keterangan waktu kapan peristiwa tersebut terjadi dan juga bagaimana kronologi kejadiannya. Lebih detailnya sebuah berita harus memiliki unsur 5W dan 1H. Yakni, What, Where, When, Why, Who dan How.

5 unsur pertanyaan di atas tersebut yang menjadi rumus dalam pengembangan sebuah tulisan. Peristiwa apakah yang sedang terjadi? Kapan waktu kejadiannya? Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut dan juga kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang menjadi salah satu cara untuk membuat sebuah contoh teks berita.

Struktur Teks Berita

Seperti yang sudah digambarkan di atas bahwasanya tidak semua tulisan yang berisi informasi bisa disebut dengan teks berita. Teks berita memiliki ciri dan strukturnya tersendiri sehingga berbeda dengan informasi pada umumnya. 

Struktur teks berita adalah gambaran bagaimana cara membangun teks tersebut. Biasanya memiliki struktur yang jelas, mulai dari teks peristiwa berita yang juga diikuti dengan latar belakang terjadinya suatu peristiwa dan juga sumbernya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah struktur teks berita yang harus Anda ketahui.

1. Orientasi Berita

Bagian pembuka dari sebuah teks berita disebut dengan orientasi berita. Bagian ini menceritakan apa peristiwa yang tengah diberitakan.

2. Peristiwa

Peristiwa merupakan bagian inti dari sebuah teks berita. Pada bagian ini akan dinarasikan sebuah peristiwa secara detail mulai dari apa peristiwa tersebut. Kapan terjadinya, siapa yang terlibat di dalam peristiwa, dan juga bagaimana kronologi kejadiannya.

Biasanya penulis akan menarasikan peristiwa tersebut dengan menggunakan rumus 5W dan 1H. Rumus penulisan ini sebagai langkah ampuh untuk mengembangkan sebuah tulisan dan mampu menyajikan informasi secara lengkap sekalipun sebuah tulisan sederhana.

3. Sumber Berita

Di dalam sebuah contoh teks berita harus terdapat sumber berita tersebut. Atau bisa disebutkan darimana sumber peristiwa terjadi atau siapa yang menjadi narasumbernya harus jelas. Letak sumber berita ini bisa dicantumkan secara fleksibel, namun biasanya di bagian akhir.

Nah itulah struktur penulisan teks berita. Mudah bukan? Sekarang sudah bisa membedakan bukan bagaimana cara untuk membuat teks berita.  Untuk lebih memperdalam pemahaman Anda tentang teks berita, berikut ini adalah contoh teks berita sederhana.

penyaji teks berita

Contoh Teks Berita

Nah, untuk memperdalam pembahasan. Silahkan teman-teman simak berbagai contoh teks berita yang banyak terbit disurat kabar maupun majalah. Berikut adalah sedikit contoh yang bisa teman-teman pelajari:

1. Berita Tentang Banjir

Telah terjadi banjir bandang sekitar pukul 19.00 Waktu Indonesia Bagian Barat di sekitar Sungai Ciliwung. Banjir tersebut diduga sebagai akibat dari hujan yang turun sangat deras sekitar kurang lebih 5 jam tanpa henti. 

Banjir tersebut merendam sebanyak 2 desa. Setidaknya terdapat 138 kepala keluarga harus diungsikan dari tempat tinggalnya karena kehilangan tempat tinggal. Tempat pengungsian berada di desa sebelah yang tidak terkena banjir.

 Pemerintah akan segera memberikan bantuan kepada para pengungsi korban banjir berupa makanan, minuman, obat-obatan dan juga pakaian. 2 tahun yang lalu sebelumnya juga pernah terjadi banjir serupa. Akan tetapi peristiwa banjir kali ini jauh lebih besar dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Meluapnya sungai Ciliwung diduga akibat terlalu banyak timbunan sampah, sehingga membuat aliran sungai menjadi tidak lancar. Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan ternyata dapat berdampak buruk. Oleh karena itu seharusnya hal tersebut bisa dihindari.

teks berita

2. Berita Politik

Tinggal menghitung hari pesta demokrasi akan segera dilaksanakan. Tepatnya pada tanggal 17 april 2019 mendatang. Pemilihan umum kali ini berbeda dengan pemilu –pemilu tahun sebelumnya. Pemilu kali ini akan memilih presiden dan juga wakil presiden serta dewan perwakilan rakyat.

Calon presiden dan wakil presiden kali ini diwakili oleh dua kubu. Yakni Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Masing-masing kubu melancarkan aksi kampanye dengan gaya khasnya dan terasa semakin panas persaingannya. Keduanya memiliki simpatisan yang sama-sama besar dan saling bersaing.

Pemilihan presiden dan wakil presiden kali ini akan menentukan masa depan bangsa Indonesia 5 tahun yang akan datang. Oleh karena itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk tidak memilih alias golput. Jangan lupa untuk datang ke tempat pemungutan- pemungutan suara terdekat.

Nah itulah 2 contoh teks berita singkat dan sederhana.  Penentuan tema dalam menulis teks berita bisa meliputi segala peristiwa yang ada di dunia, baik olah raga, politik, sosial, agama, hiburan dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah bahwa apa yang Anda sampaikan tersebut benar adanya dan bukan sebuah kebohongan.

 Jika Anda menuliskan teks berita bohong apalagi dimuat dalam media online maka Anda bisa melanggar undang-undang dan bisa mendapatkan ancaman pidana kurungan maupun denda. Oleh karena itu, harap berhati-hati dalam menulis berita dan lebih objektif. Bijak dalam menanggapi setiap peristiwa yang terjadi agar Anda bisa lebih objektif dan faktual dalam menulis.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

Leave a Reply