Surat Undangan Resmi Sekolah, Organisasi dan Instansi Pemerintah

Netsains.com – Contoh surat undangan resmi  merupakan salah satu contoh surat resmi yang sering Anda dapatkan. Surat resmi merupakan surat yang memiliki ketentuan penulisan tertentu. Biasanya surat resmi ini ditulis oleh sebuah perusahaan, organisasi, ataupun instansi tertentu.

Secara umum surat merupakan salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi yang didalamnya bisa berisi perintah, undangan, pemberitahuan , permohonan dan lain sebagainya. Seorang pakar Bahasa Y.S Mario menyebutkan pengertian surat.

Pengertian Surat Resmi

Pengertian surat menurut YS. Mario adalah suatu alat komunikasi tertulis atau sarana yang digunakan untuk dapat menyampaikan suatu informasi ataupun juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak satu ke pihak lain.

Ada pula Agus Sugiarto yang juga merupakan seorang pakar bahasa, menjelaskan bahwasanya surat merupakan sebuah dengan sarana komunikasi yang dipakai untuk dapat menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

Dengan kata lain, surat tersebut merupakan alat komunikasi tertulis untuk dapat menyampaikan sebuah pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan bentuk/model, pemakaian notasi serta juga kode, penggunaan bahasa yang khas dan juga pencantuman tanda tangan. (2005)

Adapun salah satu contoh surat resmi adalah surat undangan resmi. Surat undangan resmi ini adalah surat yang didalamnya terdapat sebuah panggilan atau undangan yang bersifat resmi.

Surat Undangan Resmi

Unsur – Unsur Surat Undangan Resmi

Di dalam sebuah surat undangan resmi, tidak sama seperti surat undangan biasa. Surat undangan resmi memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi seperti halnya surat resmi pada umumnya, yakni:

1. Memiliki Kop Surat

Saat pertama kali membuka sebuah contoh surat undangan resmi, tentunya Anda sudah bisa mengenali surat tersebut dari kop surat yang dimiliki. Jika sebuah surat memiliki kop surat maka surat tersebut termasuk ke dalam kategori surat resmi.

Di dalam kop surat biasanya sudah menjelaskan mengenai nama perusahaan atau instansi yang bersangkutan, alamat dan beberapa info penting lainnya termasuk logo. Untuk pencantuman logo terkadang ada yang dicantumkan ada yang tidak.

2. Menggunakan Bahasa yang Padat dan Jelas

Sebuah surat resmi biasanya akan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Tidak ada surat resmi yang terlalu bertele-tele dalam menyampaikan maksud dan tujuan dari surat tersebut.

3. Memakai Bahasa Indonesia Baku

Selain syarat-syarat di atas, sebuah surat resmi termasuk contoh surat undangan resmi, dalam penyampaiannya akan memakai bahasa Indonesia yang Baku, yakni bahasa yang penulisan maupun pengucapannya sesuai dengan standar nasional, yaitu Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

4. Terdapat Nomor Surat dan Perihal

Dalam membuat surat resmi, tidak bisa hanya dikeluarkan secara sembarangan. Daftar urutan sebuah surat juga harus diperhatikan. Hal ini tercermin di dalam nomor surat yang dimiliki. Nomor surat menunjukkan bahwa surat tersebut dikeluarkan secara resmi dan terdaftar.

Selain nomor surat, surat resmi memiliki perihal. Dalam hal ini adalah surat undangan. Seseorang yang akan menerimanya sudah mengetahui secara keseluruhan gambaran isi yang terkandung di dalam surat tersebut dari perihal sebelum membaca surat tersebut secara keseluruhan.

4. Memiliki struktur Penulisan yang Sistematis

Selain beberapa ketentuan di atas, sebuah surat undangan resmi ditulis dengan urutan yang sistematis. Biasanya terdapat kalimat pembuka dan penutup. Diawali dengan salam dan diakhiri dengan kalimat penutup yang jelas. Ada pula nama dan tanda tangan yang jelas dari pembuat surat.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membuat surat undangan resmi. Untuk lebih memperdalam pengetahuan Anda, berikut ini ada beberapa contoh surat  undangan resmi yang bisa dijadikan sebagai referensi pembuatan surat undangan resmi.

Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi

Nah, untuk menunjang kepahaman teman-teman semua, tentunya pada butuh referensi contoh surat undangan resmi yang bisa dijadikan acuan. Berikut kami tuliskan beberapa contoh surat undangan resmi yang rekomended banget:

1. Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah

Pemerintah Kabupaten Wonosobo Dinas pendidikan

SMA Negeri 4 Wonosobo

Alamat : Jalan Mendolo No 3 telepon:938374638 Kabupaten Wonosobo 57645

Website: sma4wsb.sch.co

Email: sma4wsb@gmail.com

Wonosobo, 12 Maret 2019

Nomor : 234/SMA-4/XII/2019

Perihal : Undangan Rapat pleno kenaikan Kelas

Yth. Seluruh Jajaran Guru SMA negeri 4 Wonosobo

Di 

Tempat

Assalamuailaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga keberkahan selalu dilimpahkan kepada kita semua. Puji  syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa menurunkan rahmat dan hidayah kepada kita semua.

Melalui surat ini, Kami mengundang Bapak/ Ibu selaku guru di SMA Negeri 4 Wonosobo untuk menghadiri rapat pleno kenaikan kelas X dan XI tahun ajaran 2018/ 2019. Rapat ini akan diadakan untuk memperlancar transisi perpindahan kelas yang dilakukan oleh siswa ke jenjang yang lebih tinggi. Rapat ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 15 Maret 2019

Waktu : 09.00 WIB-Selesai

Tempat : Ruang rapat Rumah Makan Sari Rasa

Demikian surat undangan ini disampaikan. Mengingat pentingnya rapat tersebut, Kami mohon kerja sama dari semua bapak/ Ibu Guru untuk berkenan hadir tepat waktu dan berperan aktif pada saat pelaksanaan rapat tersebut. Atas perhatian yang diberikan, Kami mengucapkan terima Kasih.

Wassalamualaikum wr wb

Kepala Sekolah

 

Joko Susanto, M.pd

2. Contoh Surat Undangan  Organisasi

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

SMA Negeri 4 Wonosobo

Alamat : Jalan Mendolo No 3.

Telepon: 938374638 Kabupaten Wonosobo 57645

Website: sma4wsb.sch.co

Email: sma4wsb@gmail.com

Nomor : 20/34/Osis/ 2019

Lampiran : Formulir Pendaftaran

Perihal : Undangan SMANSA CUPS 2019

Yth. SMA Negeri 1 Wonosobo

Di

Tempat

Assalamualaikaum Wr Wb

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun SMA Negeri 4 Wonosobo, sesuai dengan program kerja Organisasi Sasi Intra Sekolah SMA Negeri 4 Wonosobo. Kamu bermaksud untuk mengundang SMA Negeri 1 Wonosobo untuk berpartisipasi dalam pertandingan basket antar sekolah “ SMANSA CUP Tahun 2019”.

Sehubung dengan hal tersebut, Kami sangat berterima Kasih kepada calon partisipan jika berkenan hadir pada:

1. Teknikal Meeting

Hari : Senin

Tanggal : 15 Maret 2019

Tempat : Ruang Serba guna SMA Negeri 4 Wonosobo

2. Babak Kualifikasi

Hari : Rabu

Tanggal : 17 Maret 2019

Tempat : Lapangan Basket SMA N 4 Wonosobo

Kami sangat mengharap kehadiran teman-teman semua untuk bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Atas partisipasi dan perhatian yang diberikan Kamu mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Hormat Kami,

Ketua OSIS Sekretaris 

Ulis Ansor Dewi Rahmatika

 

Mengetahui,

Kepala SMA N 4 Wonosobo

Dila Arini, M.Pd

Surat Undangan Resmi

3. Contoh Surat Undangan Resmi Instansi Pemerintah

Pemerintah Kota Wonosobo

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Jalan Merdeka Barat No 3 Kota Wonosobo 45233

Email : disparbud.wsb@gmail.com

Nomor : 23423/gg/wsb/2019

Lampiran : formulir pendaftaran

Perihal : undangan partisipasi festival Serayu

Yth. SMA Negeri 4 Wonosobo

Di

Wonosobo

Assalamualaikum wr Wb

Dengan Hormat,

Demi mensukseskan kota Wonosobo sebagai kota wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar Festival Serayu sebagai sarana promosi pariwisata yang ada di kota Wonosobo ini. Maka dari itu Kami bermaksud untuk mengundang siswa-siswi se-kota Wonosobo untuk turut berpartisipasi menjadi peserta dalam festival Serayu. Sehubung dengan hal tersebut maka diharapkan calon peserta bisa hadir pada:

Hari Tanggal : Senin, 15 maret 2019

Waktu : 09.00-Selesai

Tempat : Gedung Sasana Adipura Wonosobo

Kami harap siswa siswi dapat hadir dan menjadi peserta dalam event tersebut. Atas perhatian yang diberikan diucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb

Wonosobo, 10 Maret 2019

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Wonosobo

 

Slamet Hidayat, S.IP

Nah itulah beberapa contoh surat undangan resmi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam membuat surat undangan resmi. Bagaimana menurut Anda mudah bukan? Selamat mencoba!

BACA JUGA:

No Responses

  1. Pingback: Cara Mudah Membuat Review Jurnal Juli 29, 2019

Leave a Reply