Contoh Surat Pengalaman Kerja

surat pengalaman kerja

Ketika Anda bekerja sih sebuah perusahaan dalam waktu tertentu dan kemudian suatu saat resign, maka Anda akan mendapatkan sebuah surat yang disebut dengan surat pengalaman kerja dari perusahaan. Adanya surat pengalaman kerja ini ternyata sangatlah berharga bagi seorang karyawan.

Mengapa demikian? Memangnya apa fungsi dari surat pengalaman kerja? Jadi, surat pengalaman kerja ini sangat penting yang digunakan untuk dijadikan sebagai lampiran pada saat Anda melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Tidak hanya itu, dokumen lampiran pekerjaan juga digunakan untuk mencairkan saldo dari JHT (jaminan hari tua), BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan. Oleh sebab itu, setiap karyawan yang sudah resign dari sebuah perusahaan, maka wajib untuk memiliki surat pengalaman kerja dari perusahaan.

Bagi Anda yang belum tahu surat pengalaman kerja itu seperti apa, nah nanti akan diberikan contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi. Namun, sebelum itu, Anda juga perlu tahu bahwa sebenarnya membuat surat pengalaman kerja tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Untuk membuat surat ini, Anda hanya perlu memperhatikan redaksi kalimatnya agar surat ini dapat tersusun secara rapi, singkat padat dan juga jelas. Format penulisan yang digunakan juga merupakan format penulisan baku dengan tata bahasa yang sesuai dengan ejaan kata yang benar. Fungsinya adalah agar surat pengalaman kerja ini terlihat formal dan bonafit.

Dari pada Anda bingung dan menerka-nerka sendiri bagaimana si surat pengalaman kerja dari perusahaan itu, berikut ini adalah contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan

Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan Kesehatan

Surat Pengalaman Kerja dari Sekolah

Surat Pengalaman Kerja Umum

Surat Pengalaman Kerja Singkat

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Dalam proses pembuatan surat pengalaman kerja tentunya Anda tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari format penulisan dan penggunaan bahasanya. Nah, berikut ini adalah format penulisan surat lamaran kerja yang bisa Anda coba.

  1. Kop Surat

Kop surat adalah kepala surat yang letaknya di bagian paling atas. Dalam kop ini terdapat tulisan nama perusahaan, alamat, dan juga nomor telepon.

  1. Adanya kalimat SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA atau SURAT PENGALAMAN KERJA yang letaknya berada di bawah kop Surat.
  2. Adanya nomor surat
  3. Nama karyawan serta jabatannya
  4. Keterangan waktu atau masa jabatan
  5. Nama jabatan serta tanda tangan dari si pembuat surat pengalaman kerja.

Adanya contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan di atas semoga dapat membantu Anda yang masih kebingungan dalam menulis surat pengalaman pekerjaan. Mengingat surat ini sangat penting bagi penerimanya, diharapkan surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan format yang berlaku. Semoga contoh surat pengalaman kerja ini bermanfaat untuk semua.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like