Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Contoh – Pegawai Negeri Sipil menjadi salah satu profesi yang cukup banyak diinginkan oleh masyarakat. Hal ini mengingat Pegawai Negeri Sipil merupakan profesi yang  dianggap bermartabat dan juga memiliki gaji yang cukup besar. Belum lagi jaminan di masa tua yang cukup menjanjikan. Sehingga tidak mengherankan jika setiap kali diadakan lowongan Calon pegawai Negeri Sipil, pesertanya hingga ratusan ribu.

Meskipun peluang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil kecil dengan banyaknya persaingan yang terjadi, akan tetapi masyarakat tidak henti-hentinya untuk mencoba memperoleh profesi tersebut, sekalipun harus bersusah payah. Salah satu kementerian yang cukup banyak diminati adalah Kementerian Hukum dan HAM.

Jika Anda juga tertarik untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena kesuksesan bisa hadir pada siapa saja yang mau berusaha. Salah satu persyaratan yang wajib Anda siapkan adalah surat lamaran kerja. Nah berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja CPNS terbaik terbaru yang bisa digunakan.

Namun sebelum mengenal contoh surat lamaran kerja CPNS, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja tips dalam menulis surat lamaran kerja Calon Pegawai Negeri Sipil yang baik dan benar. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini! BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

Cara Membuat Surat Lamaran yang Baik

menulis surat lamaran kerja

Dalam menulis contoh surat lamaran kerja CPNS, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jika surat lamaran kerja yang Anda buat baik dan benar maka tentunya akan memberikan penilaian yang berbeda untuk Anda.

Jika dari surat lamaran kerja yang Anda buat sudah tidak berkualitas, tentunya akan membuat sebuah keraguan untuk bisa menerima Anda menjadi bagian dari instansi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, sebaiknya dibuat dengan sepenuh hati dan penuh ketelitian.

1. Gunakan Bahasa yang Formal dan Sopan

Menggunakan bahasa yang formal dan sopan adalah hal yang wajib Anda lakukan dalam membuat contoh surat lamaran kerja CPNS. Pasalnya, pekerjaan yang Anda lamar merupakan bagian dari instansi pemerintah yang bersifat resmi.

Tidak hanya itu, bahasa yang Anda gunakan juga akan menunjukkan kualitas dari diri Anda. Oleh karenanya, menggunakan bahasa formal yang baik dan benar tentunya akan terlihat lebih menghargai diri Anda sendiri.

2. Cantumkan Biodata Diri yang Benar

Selanjutnya, dalam membuat contoh surat lamaran kerja CPNS, jangan lupa untuk mencantumkan CV Menarik yang berisi data diri, seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir yang Anda tempuh serta  nomor handphone yang bisa dihubungi. Semua data tersebut harus dicantumkan sebenar-benarnya.

Data inilah yang menjadi salah satu pertimbangan untuk bisa mengenal Anda lebih jauh sebelum membaca keseluruhan data. Tidak boleh ada penipuan karena merupakan tindakan kriminal.

3. Siapkan Kelengkapan Berkas

Dalam setiap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, tentunya akan mencantumkan kualifikasi dari tenaga yang dibutuhkan. Nah dalam membuat surat lamaran kerja ini, sebaiknya mencantumkan segala kelengkapan berkas yang dibutuhkan.

Kelengkapan berkas inilah yang menjadi pertimbangan apakah Anda lolos dalam tahap seleksi administrasi atau tidak. Seleksi administrasi merupakan tahapan pertama dalam seleksi Calon pegawai Negeri Sipil.

Masing-masing kementerian biasanya mencantumkan persyaratan masing-masing. Mulai dari foto copy ijazah terakhir, transkip nilai, foto copy Kartu Tanda Penduduk, foto copy Surat keterangan catatan kepolisian dan masih banyak lagi syarat yang lainnya. Dengan melengkapi semua berkas yang diinginkan, maka tentunya Anda memiliki kesempatan untuk bisa lolos ke tahap berikutnya.

4. Jangan Lupa Bubuhi Materai 6000

Nah karena surat lamaran kerja yang Anda buat saat ini ditujukan untuk instansi pemerintah, biasanya harus dibubuhi dengan materai. Hal ini dilakukan agar pernyataan yang Anda buat memiliki kekuatan hukum.

5. Tulis dengan Rapi

Sering kali surat lamaran kerja harus ditulis dengan tangan. Nah pada saat itulah sebaiknya menulis surat lamaran kerja ini dengan baik dan rapi. Jika Anda sudah sangat lama kiranya tidak menulis dengan tangan, maka sebaiknya latihan terlebih dahulu. Agar tulisan yang dihasilkan lebih bagus.

Jika perlu, berikan garis pembatas dengan menggunakan pensil agar tulisan Anda bisa urut dan rapi. Setelah semua selesai dengan rapi, Anda bisa menghapus  garis-garis pembatas tersebut. Mudah bukan? BACA JUGA: 12 Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat contoh surat lamaran kerja CPNS. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja CPNS berikut ini!

Motivasi Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS di Kementerian Hukum dan HAM

Jepara, 27 Maret 2019

Perihal : Surat  Lamaran Kerja Calon Pegawai Negeri Sipil

Yth. Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

di Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Dhoriefah Niswah El Fidaa
Tempat/tanggal lahir : Jepara, 27 Februari 1997
Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Hukum
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12  Jepara Jawa Tengah, Indonesia
Nomor Telepon : 089696967676

Dengan hormat melalui surat lamaran kerja ini menyampaikan permohonan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan persyaratan administrasi sebagai berikut:

  1. Foto copy sertifikat komputer
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk
  3. Foto copy Ijazah terakhir dan telah dilegalisir
  4. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir
  5. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir
  6. Foto copy Akta Kelahiran
  7. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp. 6.000,-
  8. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter Rumah Sakit Pemerintah
  9. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp. 6.000,-
  10. Pas foto terbaru dengan latar biru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian)
  11. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh dokumen dan data yang saya berikan adalah benar adanya. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar maka saya siap menerima konsekuensinya. Atas perhatian yang diberikan diucapkan terima kasih.

Hormat saya,

ttd

Dhoriefah Niswah El Fidaa


Penutup

Nah itulah contoh surat lamaran kerja CPNS terbaru saat ini. Sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya tentunya akan ada banyak pengharapan yang dihadirkan. Setiap orang menginginkan agar permohonannya bisa diterima.

Namun sayangnya, untuk bisa menjadi Pegawai negeri Sipil terutama di Kementerian Hukum dan HAM ini bukanlah hal yang mudah. Selain seleksi administrasi juga ada tes seleksi lainnya. Oleh karena itu, selain usaha yang Anda lakukan dengan membuat surat lamaran kerja juga sebaiknya diiringi dengan doa.

Karena doa memiliki kekuatan di luar batas pikir manusia. Siapapun bisa meraih impiannya tanpa terkecuali. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam membuat contoh surat lamaran kerja CPNS di Kementerian Hukum dan HAM. BACA JUGA: Contoh CV dalam Bahasa Inggris dan Artinya

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like