Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Ketika seseorang bekerja, maka hadir tepat waktu menjadi suatu kewajiban bagi setiap karyawan.

Ya, sebab dari kehadiran ini ada gaji yang terbayarkan dan tanggung jawab dari setiap karyawan yang harus dilakukan.

Oleh sebab itu, kehadiran menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Bahkan, ketika kehadiran tersebut tidak terpenuhi, salah satu konsekuensi yang diterima adalah adanya pemotongan gaji.

Hal yang lebih fatalnya lagi ketika Anda tidak masuk kerja tanpa banyak keterangan bisa jadi Anda diberikan surat peringatan atau yang lebih dikenal dengan nama SP.

Nah, Surat peringatan ini berlaku tiga kali yakni SP 1, SP 2, dan SP 3. Jika sudah mencapai 3 kali maka sanksi yang diberikan akan lebih tegas. 

Untuk itu, memberikan surat izin tidak masuk kerja sangat penting. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada pihak HRD bahwa Anda tidak masuk kerja dengan alasan yang sesuai.

Di sinilah contoh surat izin tidak masuk kerja sangat dibutuhkan. 

Kelihatannya menulis surat izin tidak masuk kerja adalah hal sepele. Namun ternyata menyusun kata-kata dalam membuat surat izin ini cukup susah.

Anda harus menggunakan bahasa yang baku, formal, sopan, singkat dan juga jelas. 

Pernyataan yang disampaikan dalam surat izin tidak boleh bertele-tele. Untuk itu, adanya contoh surat izin tidak masuk kerja sangatlah membantu.

Di bawah ini akan dibahas beberapa contoh surat izin dengan berbagai format yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih contoh mana yang sesuai dengan kebutuhan. 

Sudah penasaran bagaimana contoh surat izin tidak masuk kerja ini? yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Secara Umum

Contoh surat izin tidak masuk kerja umum

Umumnya, surat izin tidak masuk kerja memiliki format yang sama. Meskipun setiap perusahaan atau Instansi memiliki aturan yang berbeda, namun izin masuk kerja di perusahaan atau instansi hampir sama.

Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja secara umum yang bisa Anda gunakan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit

Setiap orang di dunia ini tentunya pernah sakit, oleh sebab itu sakit menjadi alasan yang paling umum ketika tidak bisa berangkat kerja. Untuk meminta izin kepada perusahaan karena sakit tentunya setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda.

Ada yang harus menyertakan surat keterangan dokter, namun ada pula yang tidak. Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana si membuat surat izin tidak masuk kerja karena sakit yang benar. Berikut ini akan diberikan contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit selengkapnya. 

Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Contoh surat izin tidak masuk kerja PNS

PNS atau pegawai negeri sipil merupakan pekerjaan yang terikat dengan instansi pemerintah. Oleh sebab itu, ada banyak sekali aturan yang harus ikuti termasuk perihal surat izin tidak masuk kerja. 

Pada umumnya, surat izin tidak masuk kerja yang digunakan oleh PNS dengan pegawai lainnya hampir sama saja. nah, bagi Anda seorang PNS dan berencana tidak masuk kerja, berikut ini contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa digunakan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar

Sebenarnya, surat izin tidak masuk kerja bukanlah hal yang dianggap serius. Namun, keberadaan surat ini sangat penting baik bagi instansi maupun perusahaan. Oleh sebab itu, surat izin ini harus dibuat sebenar-benarnya. Adapun contoh penulisan surat izin tidak masuk kerja seperti di bawah ini.

Sehubungan pentingnya surat izin tidak masuk kerja bagi karyawan dan pihak perusahaan, oleh sebab itu penulisan surat ini harus dibuat sebenar-benarnya. Selain itu, gunakanlah bahasa yang formal dan sopan tanpa mengandung unsur ancaman di dalamnya.

Nah, beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang masih bingung menulis surat izin. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat bekerja. 

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Leave a Reply