Contoh Laporan PKL yang Bisa Anda Jadikan Acuan!

Bagi siswa SMK, pasti sudah tidak asing lagi dengan Prakerin atau Praktik Kerja Industri. Kegiatan yang biasanya dilakukan ketika siswa duduk di kelas XI ini akan memberikan pembelajaran serta pengalaman secara langsung di dunia kerja.

Selesainya kegiatan prakerin, setiap siswa akan ditugaskan untuk membuat laporan prakerin atau PKL.

Laporan ini berisikan tentang kegiatan serta pembelajaran apa saja yang siswa peroleh selama masa prakerin.  Nah berikut ini adalah contoh laporan PKL untuk beberapa jurusan.

Contoh Laporan PKL Jurusan Akuntansi

Contoh Laporan PKL Jurusan Akuntansi

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Prakerin atau praktek kerja industri merupakan salah satu tugas sekolah yang harus dilakukan oleh para siswa siswi, sebagai salah satu wujud nyata  atas pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. Program prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai wujud kontribusi yang baik pada perkembangan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, guna meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan serta untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional yang juga berkualitas maka dibuatlah program prakerin tersebut. Permasalahan yang ada sekarang ini ialah lulusan sekolah kejuruan dianggap belum mempunyai skill yang cukup untuk terjun ke dunia kerja.

Hal ini terjadi lantaran antara sekolah dengan dunia usaha industri belum mempunyai keterikatan, seharusnya pihak sekolah dengan dunia perindustrian saling mendorong dalam sektor memacu produktivitas dan mengoptimalkan aktivitas agar menghasilkan para tenaga profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin

  1. Memahami pengertian tentang retribusi pasar.
  2. Sistem pemungutan yang digunakan pada retribusi pasar.
  3. Jenis retribusi pasar yang memadai.
  4. Alat yang dipakai pada retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar

Retribusi pasar ialah pembayaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar, atas pelayanan serta fasilitas yang dikelola oleh pemerintah daerah yang telah disediakan bagi para pedagang di pasar. Objek dari retribusi pasar yakni sebagai berikut:

  1. Penyediaan fasilitas pasar seperti kios, los, pelataran, front toko, dan sebagainya yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.
  2. Segala macam kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, ternak, laut, serta barang dagangan pada radius sekitar 200 m dari pasar.
  3. Keramaian pasar.
  4. Biaya balik nama pemakai.

Jenis-jenis retribusi pasar diantaranya sebagai berikut:

  1. Karcis pasar
  2. Pasar bawah
  3. Pasar atas
  4. Pedagang malam.

Alat yang dipakai untuk retribusi pasar yaitu:

  1. Bolpoin
  2. Komputer
  3. Printer
  4. Map
  5. Kalkulator
  6. Pensil
  7. Penghapus.

Contoh Laporan PKL Jurusan Pemasaran

Contoh Laporan PKL Jurusan Pemasaran

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap siswa atau siswa yang lulus dari sekolah menengah kejuruan pastinya akan dituntut untuk mempunyai skill tertentu yang diperoleh dari sekolah. Maka dari itu diadakanlah program prakerin dengan tujuan agar para siswa memiliki pengalaman pada dalam dunia usaha sebelum mereka memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah nanti.

Pola penyelenggaraan di SMK dianggap belum bisa menghasilkan tamatan seperti yang diharapkan, serta belum menghasilkan SDM yang profesional. Dengan demikian pihak sekolah juga dunia usaha dan industri wajib melakukan kerja sama yang baik dengan harapan untuk menghasilkan tenaga kerja yang tepat guna.

Spesifikasi Pekerjaan Atau Praktik di Lapangan

Saat penulis melaksanakan prakerin di Garuda Group, penulis ditempatkan pada bagian pemasaran. Yakni melakukan beberapa pekerjaan mulai dari pengerjaan display, melayani setiap pelanggan yang berkunjung ke toko, melakukan pelabelan pada barang, mengecek barang, stock opname, dan sebagainya. Selain itu, pihak Garuda Group juga menerapkan kedisiplinan serta kejujuran selama bekerja.

Uraian Kegiatan Prakerin di Garuda Group

Pelaksanaan prakerin dimulai sejak hari senin tanggal 15 Juni 2018 sampai dengan tanggal 15 September 2018. Jam kerja penulis selama mengikuti prakerin di Garuda Group ialah mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore hari, dan mendapat libur pada hari Sabtu dan Minggu.

Sebelum memulai kerja, penulis diwajibkan membersihkan toko lebih dulu  kemudian menata barang-barang yang terdapat di toko supaya terlihat rapi dan juga bersih. Jika ada barang datang penulis juga ikut mengecek barang, dan membuat laporan untuk setiap barang yang masuk dan keluar.

PENUTUP

Setelah melakukan prakerin selama 3 bulan penuh, ternyata begitu banyak manfaat yang penulis peroleh selama melaksanakan prakerin di sana. Antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan kedisiplinan yang baik tentang waktu.
  2. Dapat bertanggung jawab atas setiap pekerjaan serta tugas yang dilakukan selama bekerja.
  3. Melatih kesabaran diri saat menghadapi beberapa hambatan serta kendala yang terjadi selama bekerja di toko.
  4. Dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata suatu waktu nanti.
  5. Mengetahui dan mengenal dengan baik Garuda Group khususnya di bagian toko yang penulis tempati selama prakerin.

Contoh Laporan PKL Jurusan RPL

Contoh Laporan PKL Jurusan RPL

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan kualitas dari setiap lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang yang dibutuhkan lapangan kerja. Pelajaran praktik yang diajarkan di sekolah tidak ada artinya apabila para siswa tidak dibekali praktek kerja industri langsung dari dunia usaha maupun industri.

Karena keahlian dan keterampilan yang hanya diperoleh dari sekolah tidak cukup untuk membentuk tenaga ahli profesional di dunia kerja. Oleh sebab itu, perlu dibuat program prakerin ini, kegiatan belajar lain selain yang dilakukan di sekolah.

Prakerin merupakan sarana yang paling efektif untuk mempraktekan langsung proses produksi di salah satu sektor industri, serta tahap awal bagi para siswa beradaptasi dengan dunia kerja. Dengan cara ini diharapkan para bisa meningkatkan kegiatan belajarnya supaya saat masuk ke dunia kerja telah benar-benar siap dan matang.

Tujuan Prakerin

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang profesional
  2. Memperluas serta memantapkan proses penyerapan teknologi yang baru dari lapangan
  3. Memperkokoh keterikatan antara dunia usaha atau industri dengan sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama bekerja di Detect Computer, yaitu meliputi:

  1. Menginstal sistem operasi
  2. Belajar program aplikasi yang tersedia
  3. Melakukan pengetikan
  4. Belajar tahapan-tahapan pada proses editing foto.

Uraian kegiatan pekerjaan selama melaksanakan prakerin di Detect Computer, diantaranya:

  1. Pengenalan beragam kegiatan serta pekerjaan yang dilakukan oleh semua karyawan dan pemimpin di MRS Computer setiap hari
  2. Mengetik cerpen, soal-soal sekolah, serta soal ujian
  3. Mengetik soal-soal ulangan serta mencoba belajar scanning gambar
  4. Burning CD
  5. Mengetik beberapa surat pernyataan resmi
  6. Memasukkan data milik guru ke dalam microsoft excel
  7. Mengetik soal-soal matematika.

PENUTUP

Faktor pendukung terlaksananya prakerin di Detect Computer

  1. Program aplikasi yang tersedia
  2. Fasilitas yang baik serta mencukupi
  3. Hubungan kerjasama yang baik antar karyawan sehingga dapat saling menguntungkan
  4. Mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat.

KESIMPULAN

Selama penulis menjalankan prakerin di Detect Computer, penulis merasa mendapatkan begitu banyak ilmu dan keterampilan. Penulis pun bisa mempraktekan secara langsung sistem kerja di dunia luar yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Penulis pun semakin menyadari betapa pentingnya komunikasi yang baik selama kita bekerja, dan bagaimana menjalin interaksi yang baik dengan karyawan ataupun dengan pelanggan. Dengan demikian penulis mengucapkan terima kasih pada pihak sekolah serta Detect Computer yang telah memberikan kesempatan bekerja serta belajar banyak hal di Detect Computer.

Untuk isi dan bagian-bagiannya bisa disesuaikan dengan kegiatan prakerin Anda dan jurusan sekolah Anda. 

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Cara Mudah Membuat Review Jurnal

Contoh Risensi Buku Pengetahuan, Fiksi, dan Non Fiksi

Curi Perhatian HRD Dengan Contoh Cover Latter Bahasa Inggris

Surat Resmi, Contoh dan Penjelasanya Lengkap

 

Leave a Reply