Tips Membuat Judul Skripsi Akuntansi yang Inspiratif

judul skripsi akuntansi

Tidak sedikit mahasiswa yang bingung harus membuat skripsi dengan judul apa. Terlebih lagi bagi mereka yang mengambil jurusan akuntansi. Meski banyak contoh judul skripsi akuntansi yang bisa Anda tiru, namun tetap agar Anda bisa membuat sebuah skripsi yang baik, Anda memang harus membuat judul skripsi sendiri.

Untuk membuat sebuah judul skripsi yang baik, pastinya dibutuhkan beberapa referensi agar Anda bisa mendapatkan ide dari judul skripsi. Nah, di bawah ini terdapat beberapa contoh judul skripsi akuntansi yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Judul Skripsi Akuntansi

judul skripsi akuntansi

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Nah, bagi Anda yang sedang merasa galau dan bingung dengan judul skripsi apa yang kiranya bisa Anda gunakan, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menentukan sebuah judul skripsi.

1. Memastikan Bidang yang Akan Diambil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat sebuah judul ialah dengan memastikan bidang apa yang kiranya ingin Anda ambil. Di dalam setiap jurusan, pastinya ada sub bagiannya. Nah, Anda hanya tinggal memilih yang kiranya cocok dan ingin Anda kaji untuk skripsi Anda.

Jangan sampai, karena ikut-ikutan pilih bidang yang sama dengan teman, namun Anda kurang berminat dengan bidang tersebut. Hal ini malah akan membuat tugas skripsi Anda tidak cepat selesai.

2. Journal Hunters

Nah, ketika Anda sudah memilih bidang apa yang kiranya ingin dikaji dalam sebuah skripsi, maka langkah berikutnya ialah dengan melakukan journal hunters. Jangan pernah bosan untuk membaca beberapa jurnal yang membahas topic tentang tema yang akan Anda pilih. Dengan rutin membaca jurnal, ini akan sangat membantu Anda untuk menemukan satu hal yang bisa Anda jadikan patokan.

3. Cari Referensi di Perpustakaan

Langkah ketiga ialah dengan mengunjungi perpustakaan. Baik itu, perpustakaan yang ada di kampus, perpustakaan daerah atau yang lainnya. Hal ini tentu sangat penting, karena di dalam perpustakaan Anda bisa menemukan skripsi yang dibuat oleh senior alumni.

Tak hanya itu, bahkan beberapa buku yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih untuk skripsi juga bisa dijadikan sebagai referensi. Nah, Anda bisa memadukan keduanya untuk bisa membahas sebuah permasalahan baru untuk judul skripsi Anda.

4. Manfaatkan Pengalaman Intership

Ternyata, pengalaman intership yang dimiliki juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan sebuah judul skripsi yang baik. Setiap jurusan atau prodi tertentu ada yang menerapkan kerja praktek atau magang setelah Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau sebelum melangkah ke proposal skripsi.

Pengalaman intership tersebut bisa Anda gunakan untuk menjadi sebuah judul yang pas untuk skripsi Anda. Tentu saja, dengan adanya pengalaman intership tersebut akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan sebuah judul skripsi.

5. Tanya Senior atau Alumni Jurusan

Nah, apabila Anda sudah menerapkan beberapa hal diatas namun masih juga buntu dan belum menemukan judul yang pas, langkah selanjutnya yang bisa dipilih ialah dengan bertanya kepada senior. Hal ini menjadi hal yang cukup penting terlebih jika jurusan atau prodi yang Anda pilih tidak ada intership.

Dengan saling bertukar pikiran bersama senior atau alumni jurusan, ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menemukan judul dari sebuah skripsi. Anda juga bisa menanyakan beberapa hal kepada senior yang berkaitan dengan topik skripsi yang kiranya ingin Anda ambil.

6. Pergilah ke Tempat yang Baru

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan sebuah judul yang tepat. Salah satunya ialah dengan pergi ke tempat yang baru. Hal ini tentu saja sangat penting bagi Anda terutama untuk Anda yang senang berpetualang dan pergi ke tempat yang baru.

Pergilah ke suatu tempat, catatlah apa saja yang dirasa perlu untuk dikembangkan dan bisa Anda jadikan judul skripsi. Banyak ide yang bisa Anda ambil jika Anda pergi ke tempat yang baru.

7. Meminta Pendapat Dari Dosen

Nah, ternyata untuk judul skripsi itu sendiri bisa Anda dapat dari dosen Anda sendiri. Ceritakan bahwa Anda masih kebingungan untuk mencari sebuah judul skripsi. Biasanya, beberapa dosen memiliki ambisi yang belum terwujud. Ini bisa jadi sebuah kesempatan yang baik bagi Anda untuk bisa mendapatkan sebuah judul yang baik.

8. Berdo’a dan Ingat Orangtua

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan apabila semua jalan yang sudah Anda tempuh masih saja buntu ialah dengan berdo’a. Do’a menjadi jalan spiritual bagi Anda dengan Sang Maha Pencipta untuk bisa menemukan sebuah judul skripsi.

Nah, tentu saja do’a tanpa usaha pun tidak akan membuahkan hasil yang baik. Keduanya harus seimbang dan saling berjalan beriringan. Tak hanya itu, Anda juga wajib berbuat baik kepada kedua orang tua agar segala sesuatu dimudahkan. Jangan lupa untuk meminta do’a restu kepada kedua orang tua agar Anda bisa cepat menemukan judul skripsi yang tepat.

Dengan adanya 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk menemukan sebuah judul skripsi, tentu saja hal tersebut akan sangat membantu Anda. Namun, tetap saja sebagian dari Anda pasti ada yang masih bingung untuk menentukan sebuah judul skripsi terlebih lagi untuk Anda yang mengambil jurusan akuntansi.

Nah, demikian beberapa contoh judul skripsi akuntansi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk bisa menemukan sebuah judul skripsi yang tepat. Semoga bermanfaat.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like