Contoh Daftar Isi Skripsi yang Baik dan Benar

contoh daftar isi skripsi

Pernahkah Anda membuat daftar isi? Daftar isi adalah hal yang sangat familiar dan biasa ditemukan di buku, makalah, laporan maupun skripsi. Nah, adanya daftar isi dalam berbagai karya tulis sangat penting, terutama dalam daftar isi skripsi.

Mengapa daftar isi skripsi sangat penting? Pasalnya, dari daftar isi Anda bisa menemukan semua informasi yang dibutuhkan lengkap dengan bab, sub bab, hingga halaman yang dicari. Adanya daftar isi juga memiliki tujuan untuk mempermudah pembaca dalam menemukan topik atau materi yang sedang dicari dari sebuah skripsi.

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi

cara membuat daftar isi skripsi

Mengingat daftar isi ini sangat penting, oleh sebab itu pembuatan daftar isi juga harus jelas dan informatif. Untuk Anda yang masih bingung, Anda bisa melihat contoh daftar isi skripsi untuk dijadikan acuan.

Dengan adanya acuan contoh daftar isi skripsi membuat Anda lebih mudah membuat daftar isi serta daftar isi yang dihasilkan jelas dan tidak asal-asalan. Daftar isi yang jelas ini juga akan lebih enak dilihat sehingga memudahkan pembaca saat ingin menemukan sesuatu yang menarik.

Terlebih lagi daftar isi skripsi juga harus memperhatikan kaidah dan aturan yang berlaku. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas contoh daftar isi skripsi yang baik. Dari contoh daftar isi ini diharapkan Anda bisa mengetahui, membuat daftar isi yang sesuai dengan kaidah dan aturan yang sudah ditetapkan. BACA JUGA: Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Membuatnya dengan Benar

Penulisan Format Daftar Isi Skripsi

Agar dalam proses penyusunan daftar isi skripsi lebih tepat, tentunya Anda harus memperhatikan unsur-unsur dari daftar isi. Berikut ini adalah unsur-unsur daftar isi skripsi yang harus Anda tahu.

Untuk lebih jelasnya dan agar Anda memiliki gambaran yang nyata mengenai daftar isi skripsi. Berikut ini adalah contoh daftar isi selengkapnya.

Contoh Daftar Isi Skripsi

contoh daftar isi skripsi

Contoh daftar isi skripsi di atas bisa dijadikan sebagai panduan untuk Anda yang masih bingung dengan pembuatan daftar isi skripsi yang benar. Dari contoh daftar isi di atas tentunya dalam bagian babnya juga berbeda dan harus disesuaikan dengan point-point skripsi yang sudah dibuat.

Jika memang masih belum terlalu lancar membuatnya, Anda juga tidak perlu khawatir karena sebenarnya Anda juga bisa mencoba beberapa latihan terlebih dahulu. Selain itu, biasanya tugas atau laporan yang membutuhkan daftar isi juga memiliki pembimbing, sehingga Anda tidak perlu merasa terlalu takut melakukan kesalahan. BACA JUGA: Skripsi Kualitatif: Ciri dan Metode Pembuatannya

Apa itu Daftar Isi skripsi?

Daftar isi adalah urutan dari judul maupun sub judul yang terdapat pada setiap bab dan halamannya yang terdapat pada skripsi. Daftar isi juga bisa dikatakan sebagai suatu halaman yang digunakan sebagai petunjuk dari isi skripsi.

Untuk membuat daftar isi yang baik, ada baiknya jika Anda perlu memahami setiap unsur dari skripsi yang dibuat. Dengan demikian, pembuatan daftar isi akan lebih sistematis dan teratur. Sehingga hasilnya akan lebih mudah untuk dibaca.

Apa Fungsi Daftar Isi Skripsi?

Daftar isi skripsi memiliki fungsi untuk memudahkan pembaca dalam menemukan setiap bab yang ingin dicari. Selain itu, adanya daftar isi ini juga membuat Anda tidak kerepotan harus menemukan lembar yang dituju dengan membuka setiap lembar satu persatu.

Fungsi dari daftar isi sangatlah penting terutama dalam proses penulisan skripsi itu sendiri. Pasalnya, dengan adanya daftar isi skripsi membuat pembaca lebih mudah dalam menemukan halaman yang akan dicari.

Sebuah daftar isi skripsi yang baik dan benar harus memenuhi unsur-unsur yang ada di dalamnya. Jika unsur-unsur tersebut tidak sesuai dengan apa yang tercantum dalam daftar isi, maka pembaca akan cenderung malas untuk membukanya.

Selamat mencoba, dan semoga Anda tidak mendapatkan kesulitan yang terlalu berarti ketika membuat laporan yang harus mencantumkan daftar isi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like