Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar

contoh daftar isi makalah

Contoh – Daftar isi merupakan bagian yang tidak boleh luput dari pembuatan makalah, laporan, ataupun skripsi dan karya ilmiah lainnya. Sebab, daftar ini akan menjabarkan tema pembahasan makalah halaman per halaman atau tiap babnya.

Daftar isi memiliki peran yang cukup vital pada pembuatan makalah. Hal ini dikarenakan daftar isi bisa memudahkan pembaca dalam mencari topik utama atau materi apa yang dibahas per halamannya. Selain itu, dengan adanya daftar isi, makalah akan menjadi terlihat rapi.

Sebab, bisa dibilang jika akalah isinya baik dan berwawasan. Namun akan terasa kurang jika di dalamnya tidak terdapat daftar isi. Dalam membuat daftar ini, Anda perlu memperhatikan kaidah atau aturan yang berlaku, sehingga daftar isi terlihat profesional dan rapi.

Struktur Susunan Daftar Isi

susunan daftar isi

Supaya lebih mudah dalam memahami perihal daftar isi makalah, ada baiknya Anda menyimak contoh daftar isi makalah di bawah. Namun, sebelumnya, Anda perlu tahu bagaimana struktur daftar isi yang baik.

Nah, struktur daftar isi tidak ada yang baku. Semuanya berdasar pada isi karya ilmiah yang dibuat. Sehingga, antara makalah yang satu dan lainnya akan berbeda. Sebab, menilik dari fungsinya yang memang untuk informasi mengenai lokasi sebuah halamn.

Sehingga, ketika Anda akan menyusun daftar isi, sebaiknya karya tulis sudah selesai terlebih dahulu, sehingga Anda tinggal memetakan nomor halaman sesuai dengan halaman yang sebenarnya.

Contoh Daftar Isi Makalah #1 (Zat Aditif Pada Remaja)

Contoh Daftar Isi Makalah #2 (Kerusakan Lingkungan)

BACA: Contoh Penutup Makalah dengan Susunan yang Baik

Contoh Daftar Isi Makalah #3 (Bahasa Indonesia)

BACA: Contoh Latar Belakang Makalah dengan Susunan yang Baik

Contoh Daftar Isi Makalah #4 (Pendidikan)

Contoh daftar isi tersebut bisa Anda jadikan inspirasi dalam menulis daftar isi. Sebab, tidak akan ada perbedaan mencolok. Anda tinggal menyesuaikan dengan penomoran yang sesuai antara Bab, sub-bab, dan sebagainya. Proses ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan cara membuat daftar isi pada Microsoft Word berikut ini. BACA JUGA: Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Anda bisa mengaplikasikan cara ini pada Jenis Microsoft Word 2007, 2010, 2013, atau 2017. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menerapkan Style Judul

Anda bisa mengikuti panduan membuat daftar isi otomatis ini melalui tutorial pada gambar berikut:

Membuat style pada daftar isi

Membuat style pada daftar isi 2

Membuat style pada daftar isi 3

Membuat style pada daftar isi 4

Ketika Anda akan membuat daftar isi otomatis, hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan menerapkan style judul pada teks yang akan Anda terapkan pada daftar ini. Selanjutnya, MS. Word akan menyusunnya dengan cara otomatis berdasar pada judul yang telah Anda buat.

Jangan lupa melakukan hal serupa pada semua judul yang akan Anda masukkan dalam daftar ini. Misalnya, Anda bisa menerapkan style judul 1 untuk satu judul bab.

2. Menambahkan Daftar Isi

Cara membuat daftar isi otomatis 1

Cara membuat daftar isi otomatis 2

Daftar isi telah jadi, seperti ini hasilnya:

Cara membuat daftar isi otomatis 1

Menu dalam Ms. Word sangat lengkap, Anda tinggal menggunakannya saja. Ms. Word menggunakan judul bab untuk menyusun tabel daftar isi otomatis. Sehingga, bisa diperbarui saat Anda mengubah atau menambahkan teks pada judul bab. Caranya:

  • Siapkan dokumen baru
  • Pilih menu ‘Referensi’ atau ‘References’
  • Kemudian, pilih ‘daftar isi’ atau ‘table of content’
  • Lalu, pilih style daftar isi otomatis yang ada pada menu ini.

Salah satu fitur yang akan memudahkan Anda untuk berpindah halaman dengan sekali klik adalah hyperlink. Fitur ini bekerja dengan cara menautkan judul bab pada daftar isi dengan judul bab pada tulisan Anda. Cara untuk menambahkan hyperlink adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah menu ‘file’ lalu klik ‘options’
  • otomatis akan muncul pilihan ‘word options’, lalu sila Anda pilih ‘advanced’
  • Pada tab ‘editing options’, sila hilangkan checklist ‘use CTRL + Click to Follow Hyperlink’.

Cara Membuat Daftar Isi Manual

Apabila sebelumnya membahas tentang cara membuat daftar isi otomatis, maka Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan cara membuatnya secara manual. Maksudnya, Anda tidak menggunakan fitur bawaan pada Microsoft Word melainkan mengetiknya secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah dokumen baru serta pastikan Anda mengaktifkan fitur ‘ruler’ pada dokumen yang dibuat
  • Lakukan double klik pada ruler di bagian kanan sampai muncul simbol ‘L’ hingga muncul dialog ‘tabs’. Pastikan ‘aligment’ yang dipilih adalah ‘left’, serta ‘leader’ ada pada simbol titik-titik atau pada nomor 2.
  • Selanjutnya, lakukan penulisan bab dalam makalah yang Anda buat, untuk memunculkan garis putus-putus, Anda cukup menekan tombol  tab pada keyboard laptop atau komputer. Maka, akan muncul titik-titik hingga batas simbol L pada ruler.
  • Ulangi hal ini pada baris bau dengan menekan tombol enter pada keyboard. Kemudian, lakukan lagi sampai muncul garis putus-putus secara otomatis dengan menekan tombol tab hingga per-bab-nya berhasil Anda tulis pada makalah.

Demikian contoh daftar isi makalah beserta cara membuat daftar isi otomatis dan manual. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca yang sedang menyusun daftar isi yang sesuai dengan kaidah. Tidak terlalu sulit bukan? Selamat mencoba.

0 Shares:
3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like