Contoh Teks Anekdot dan Pembahasannya

Pernahkah Anda membaca sebuah teks anekdot? Teks anekdot merupakan salah satu jenis teks yang berbeda dengan jenis teks yang lainnya. Isi dari teks yang satu ini adalah berbagai macam hal lucu.

Meski hanya sebuah teks singkat, namun teks anekdot mengandung berbagai macam unsur seperti unsur kehidupan, pendidikan dan lain sebagainya. 

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian, struktur, kaidah beserta contoh teks anekdot. Berikut akan dibahas mengenai berbagai macam hal tersebut. 

Pengertian Teks Anekdot 

Pengertian Teks Anekdot

Apa yang dimaksud dengan teks anekdot itu sendiri? Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik serta mengesankan, biasanya menceritakan tentang orang penting atau terkenal serta menceritakan kejadian nyata atau sebenarnya. 

Teks yang satu ini ternyata bukan hanya sekedar berisi hal-hal yang lucu saja. Akan tetapi, teks anekdot lebih dikenal sebagai sindiran alami terhadap suatu hal yang sedang terjadi di masyarakat.

Ada banyak sekali contoh teks anekdot itu sendiri, mulai dari teks yang menceritakan tentang kehidupan, politik, pendidikan dan masih banyak lagi. 

Untuk membuat sebuah teks anekdot juga tidak perlu panjang-panjang, karena yang terpenting adalah, teks tersebut dibuat dengan struktur dan sesuai kaidah yang berlaku.

Jadi, membuat sebuah teks yang singkat namun berisi saja hal tersebut sudah mencerminkan sebuah teks anekdot yang baik. 

Tujuan Teks Anekdot 

Tujuan Teks Anekdot

Tujuan dari teks anekdot ini sendiri sebenarnya sudah dapat Anda simpulkan dari pengertian teks ini sendiri. Dimana, tujuan dari dibuatnya sebuah teks anekdot ialah untuk membuat para pembaca atau pendengar agar terhibur dan tertawa dengan isi dari teks itu sendiri. 

Dengan memperhatikan tujuan tersebut, tentu saja Anda sudah bisa membedakan teks anekdot dengan teks yang lainnya. Namun, ada juga perbedaan lain yang menjadi ciri khas dari teks anekdot yang satu ini. Berikut ada beberapa ciri-ciri dari teks anekdot yang wajib untuk Anda pahami. 

Ciri-Ciri Teks Anekdot 

Ciri-Ciri Teks Anekdot

  1. Terdapat unsur lucu serta humor yang ada di dalam cerita 
  2. Cerita anekdot bersifat menggelitik serta mampu membuat para pembacanya merasa terhibur
  3. Cerita yang ada di dalamnya bisa jadi membicarakan tentang orang penting
  4. Sebuah teks anekdot mengandung unsur sindiran 
  5. Kisah yang ada di dalam teks anekdot hampir sama dengan dongeng meski terkadang kisah tersebut diambil dari kisah nyata di lingkungan sekitar
  6. Memiliki tujuan tertentu
  7. Menceritakan tentang karakter dari manusia atau hewan yang terlihat sangat nyata serta terhubung secara umum.

Nah, dengan memahami berbagai macam ciri-ciri dari teks anekdot yang satu ini, diharapkan dapat membantu Anda untuk bisa mengenal sebuah teks anekdot dengan baik.

Selain harus memperhatikan berbagai macam ciri-ciri yang dimilikinya, Anda juga harus mengetahui apa saja struktur yang dimiliki oleh teks anekdot itu sendiri. 

Mengetahui dengan pasti berbagai macam struktur dari teks anekdot tentu akan membantu Anda untuk bisa membuat sebuah teks yang baik dan benar. Nah, kiranya ada apa sajakah struktur dari teks anekdot itu sendiri? Berikut pembahasannya. 

Struktur Teks Anekdot 

Struktur Teks Anekdot 

  • Orientasi 

Orientasi merupakan struktur teks anekdot yang pertama. Pada bagian yang satu ini berisi tentang latar belakang atau awal mula dari terjadinya sebuah peristiwa yang akan dijelaskan. 

  • Abstraksi

Untuk bagian yang kedua yaitu abstraksi. Bagian struktur yang satu ini berada di paragraf awal, yang mana isinya tentang gambaran awal dari isi teks yang akan diceritakan. 

  • Krisis

Nah, pada bagian ketiga ada krisis. Struktur yang satu ini berisi tentang inti masalah yang disampaikan atau diceritakan dalam teks tersebut. 

  • Re-Orientasi

Pada sebuah teks anekdot, bagian re-orientasi juga menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hal ini karena re-orientasi adalah bagian akhir dari teks atau penutup teks. 

  • Event 

Event berisikan tentang rangkaian peristiwa yang terjadi di dalam sebuah cerita anekdot. 

  • Koda

Koda merupakan perubahan yang terjadi serta dialami oleh para tokoh. 

  • Reaksi 

Reaksi merupakan langkah penyelesaian masalah yang muncul pada bagian krisis. 

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot 

Dalam membuat sebuah teks anekdot yang baik dan benar, Anda tidak hanya memperhatikan ciri-ciri serta strukturnya saja. Kaidah kebahasaan dalam sebuah teks anekdot juga menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. 

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam sebuah teks anekdot biasanya meliputi pertanyaan retorik, kalimat perintah, kata kerja, kalimat penghubung, keterangan waktu lampau, urutan kejadian dan masih banyak yang lainnya. 

Tentu saja, untuk membuat sebuah teks anekdot Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan.

Nah, agar lebih jelas di bawah ini ada beberapa contoh teks anekdot yang bisa Anda pahami dan bisa dijadikan sebagai referensi. Ada apa sajakah itu? Berikut pembahasannya untuk Anda. 

Kumpulan Contoh Teks Anekdot

Kumpulan Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot tentang Pendidikan 

Sindiran KUHP

Ada seorang dosen fakultas hukum memberikan mata kuliah hukum pengadilan. 

Setibanya di sesi tanya jawab ada mahasiswa yang bertanya kepada dosennya. 

Tono: “Maaf sebelumnya pak, kepanjangan dari KUHP apa ya pak?” 

Kemudian dosen tidak memberikan jawaban tetapi pertanyaan tersebut diberikan kepada Tini. “Saudara Tini, cobalah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh saudara Tono.” Ucap dosen. Kemudian, dengan lantang Tini menjawab “Terima Kasih Uang Habis Perkara pak.” Mahasiswa yang lain tertawa, dosen pun meminta izin dengan menambah pertanyaan ke Tini. 

Dosen: “Saudara Tini, jawaban dari mana itu?” 

Tini pun kemudian menjawab, “Kata peribahasa, pengalaman adalah guru yang paling baik pak.”

Semua mahasiswa yang ada di kelas pun kaget dan saling melihat satu sama lain dan kemudian tertawa bersama-sama. Ketika semua mahasiswa sudah tenang, kegiatan pembelajaran pun berjalan dengan normal. 

 

Contoh Teks Anekdot tentang Bisnis 

Pada suatu hari ada seorang manajer yang bertemu dengan seorang pengemis. Kemudian, terjadilah banyak perbincangan diantara keduanya. 

“Pak, habis ngemis ya pasti capek.” Kata sang manajer. 

Pengemis pun menjawab dengan nada datar, “Biasa saja, bahkan tadi Saya sudah makan tiga kali.”

Manajer pun kaget mendengar jawaban dari si pengemis. “Tadi Saya juga habis makan bersama dengan keluarga Saya di resto siap saji.” Lanjut si pengemis. Kemudian, manajer tersebut pun bertanya, “Memang gajinya berapa?” 

Pengemis pun menjawab secara detail dan mengatakan bahwa jumlah semua gajinya adalah Rp. 25 juta perbulan. Hal ini tentu terpaut sangat jauh dengan jumlah gaji si manajer yang hanya Rp. 8 juta saja perbulannya dan padahal dia sudah sekolah S2. 

 

Contoh Teks Anekdot Sindiran 

Sihir Penghapus

Anto dan Anti sedang duduk sambil berkonsentrasi mengerjakan soal ujian. Seperti biasanya, Anto tidak membawa penghapus. 

Anto: “Ti, pinjam penghapusnya dong!” 

Anti: “Hmmm, baru aja beli ini. Penghapus yang kemarin Kamu pinjam dimana?” 

Anto: “Kemarin kan penghapusnya dipinjam sama Wono.”

Anti: ” Ya itu kan tanggung jawab Kamu yang meminjamnya pertama kali.”

Anto pun hanya terdiam, memang dia yang lupa meminta penghapus milik Anti yang dia pinjamkan kepada Wono. 

Ujian pun akhirnya selesai, Anto, Anti dan Dodot pergi ke kantin untuk makan siang. 

Dodot: “Anti, katanya kemarin Kamu mau belajar sulap ya.”

Anti: “Gak, ah aku mau belajar ke Anto saja.”

Anto: ” Dari mana aku bisa, kan aku gabisa sulap.”

Anti:  “Kata siapa, kan setiap hari Kamu sudah ngilangin penghapus aku. Kan jadinya bisa menghilang.”

Anto pun hanya bisa terdiam sambil menundukkan kepala karena malu. ” Baiklah akan aku ganti nanti, ku belikan yang baru.” Kata Anto sambil menahan malu. 

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Abstraksi 

Di suatu malam yang hening ada percakapan antara ibu dan anak laki-lakinya yang sudah beranjak dewasa.

Orientasi

Mereka membicarakan tentang jodoh si anak yang tak kunjung datang

Event 

Mereka berbicara panjang lebar mengenai jodoh yang diinginkan anaknya. Si ibu bertanya ‘’Nak, kenapa di usiamu yang sudah berumur tak juga mencari jodoh? Jujur ibu sudah tua sudah ingin menimang cucu’’. ‘’Apakan sudah ada calon apa belum?‘’ Jika belum apa kriteria calon yang kau inginkan ?’’.

Krisis 

Si anak laki-laki menjawab, ‘’Saya trauma dengan yang namanya wanita bu, dari dulu dekat dengan beberapa wanita cantik tapi mereka hanya mengincar harta dan fisik Saya.

Saya tidak tahan dengan para wanita seperti itu bu, Mohon maaf bu karena belum bisa membahagiakan ibu untuk saat ini,’’ kalau boleh berikan waktu untuk Saya selama sebulan dalam mencari jodoh’’.

‘’Tapi ibu juga harus menerima jodoh Saya nanti dengan suka cita dan tidak memandang fisik, materi dan lainnya, ‘’pinta si anak dengan nada memohon kepada ibunya.

Reaksi 

‘’Baiklah ibu menerima segala persyaratanmu, ibu senang sekali Kamu cepat tanggap dengan keinginan ibu, ibu sudah tidak sabar ingin menimang cucu yang banyak biar rumah ini jadi rame,’’ jawab si ibu dengan nada menggebu-gebu.

Koda 

Setelah sebulan dalam masa pencarian, akhirnya si anak laki-laki mendapatkan jodoh pilihannya juga.‘’ Bu ini jodoh Saya sambil mengenalkan jodohnya kepada ibunya.

’’ Si ibu terkaget-kaget dengan jodoh yang dibawa anaknya, lalu siapa tiga anak tersebut keponakan atau siapa ?’’ tanya si ibu. Sambil terheran-heran melihat jodoh anaknya yang seumuran dengan ibunya.

“Iya buk jodoh Saya namanya safitri, dia janda 3 anak, bukannya ibu ingin cepat-cepat menimang cucu?’’ ini ibu sudah bisa menimang cucu malah 3 cucu sekaligus dengan begitu rumah kita bisa menjadi ramai seperti harapan ibu bukan ?. ‘’

Re-orientasi 

Si ibu mendadak pingsan.

 

Contoh Teks Anekdot Singkat

Ada sepasang suami istri yang sedang memanen tomat di kebun yang berada tak jauh dari rumahnya. Tomat yang dipanen besar-besar dan berwarna merah cerah, sehingga membuat si suami berkeinginan untuk memakannya. 

Setelah mendapat beberapa keranjang si suami memakan satu tomat yang diambilnya dari keranjang. Kemudian si istri menegurnya.

‘’Pa kenapa dimakan, kan tomat ini belum dicuci dan masih mengandung pestisida.” sanggah istri. ‘’Tau gak ma, tomat ini seperti papa pada mama, jawab si suami.

‘’Maksudnya?’’ si istri terheran. ‘’I love you too much.’’ Jawab suaminya dengan nada mesra. Si istri yang mendengarnya langsung tersentuh dan tertawa.

Banyak bukan beberapa contoh teks anekdot yang bisa Anda jadikan sebagai referensi? Nah, semoga pembahasan mengenai teks anekdot mulai dari pengertian, ciri, struktur dan kaidah kebahasaan dapat bermanfaat bagi Anda. 

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Leave a Reply