Surat Resmi, Contoh dan Penjelasanya Lengkap

Surat Resmi – Contoh surat resmi menjadi salah satu surat yang cukup banyak dicari dan masih digunakan hingga sekarang. Meskipun kemajuan teknologi sudah berkembang pesat seperti sekarang ini sehingga memudahkan untuk melakukan komunikasi, akan tetapi penggunaan surat resmi masih dipertahankan hingga sekarang.

Surat resmi berbeda dengan surat biasa. Surat resmi memiliki ciri-ciri dan juga struktur yang berbeda dari surat tidak resmi. Jenis-jenis surat resmi pun sangat beragam. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Surat Resmi

Surat Resmi

Sebelum mengenal surat resmi beserta contoh surat resmi, sudahkah Anda mengenal apa itu yang dinamakan surat. Surat secara umum diartikan sebagai salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi dan biasanya dalam bentuk tertulis. Surat ini bisa berisi sebuah informasi, perintah, pemberitahuan dan lain sebagainya.

Beberapa ahli bahasa juga menjelaskan tentang pengertian surat. Diantaranya adalah menurut Yose Rizal, Agus Sugiarto dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya ulasan Pengertian surat menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. YS. Mario

Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis atau sarana yang digunakan untuk dapat menyampaikan suatu informasi ataupun juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak satu ke pihak lain. (2000)

2. Agus Sugiarto

Surat merupakan sebuah dengan sarana komunikasi yang dipakai untuk dapat menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Dengan kata lain, surat tersebut merupakan alat komunikasi tertulis untuk dapat menyampaikan sebuah pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan bentuk/ model, pemakaian notasi serta juga kode, penggunaan bahasa yang khas dan juga pencantuman tanda tangan.(2005)

3. Yose Rizal

Surat merupakan alat yang digunakan untuk dapat menyampaikan maksud dengan secara tertulis atau sebagai salah satu jenis komunikasi tulisan. (2003)

4. Pratama

Surat merupakan sebuah alat atau sarana yang difungsikan untuk mengambil informasi juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lainnya, baik itu dilakukan atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan ataupun juga sebuah organisasi. (1997)

5. S. Hidayat 

Surat adalah sehelai kertas atau lebih di mana dituliskan suatu pernyataan atau berita atau sesuatu yang hendak orang nyatakan, beritakan, atau tanyakan pada orang lain.

6. Prajudi Atmosudirjo

Surat adalah helai kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi yang ditujukan pada alamat tertentu dan memuat bahan komunikasi.

7. Suhanda Panji

Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang memuat suatu bahan komunikasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain baik atas nama pribadi maupun kedutaan dalam organisasi kantor.

Nah itulah pengertian surat menurut beberapa ahli di Indonesia. sementara pengertian surat resmi adalah surat yang digunakan untuk keperluan secara resmi atau formal oleh pihak-pihak tertentu, baik lembaga, organisasi, instansi maupun perorangan. Biasanya menggunakan bahasa yang baku atau formal.

Surat resmi ini berbeda dengan jenis surat biasa. Surat resmi memiliki kaidah penulisannya tersendiri, seperti menggunakan bahasa baku, memiliki isi yang jelas dan  dibuat secara cermat sesuai dengan kepentingan di dalamnya.

Ciri-Ciri Surat Resmi

Surat Resmi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya surat resmi memiliki karakteristiknya tersendiri. Anda bisa mengenali apakah surat tersebut termasuk surat biasa atau surat resmi dari ciri-ciri yang dimilikinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Bahasa yang Baku

surat resmi bisa dikenali dari bahasa yang digunakan di dalamnya. Surat resmi biasanya akan memakai bahasa baku atau bahasa formal. Bahasa formal yang dimaksud adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah standar bahasa Indonesia yang baik dan benar, yakni  baik penulisan maupun penulisannya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

  • Menggunakan Bahasa yang singkat, Padat dan Jelas

Dalam sebuah surat resmi biasanya akan menggunakan diksi yang mudah dipahami, yaitu singkat, padat jelas. Surat resmi mencantumkan maksud dan tujuan yang jelas serta tidak bertele-tele. Biasanya menggunakan bahasa yang implisit dan bukan eksplisit.

  • Memiliki Kop Surat

Sebuah surat resmi bisa dikenali pada saat melihatnya pertama kali dari kop surat yang dimilikinya. Kop surat biasanya menjelaskan dari mana surat tersebut berasal. Di dalam kop surat biasanya tercantum nama lembaga atau instansi dan juga alamat serta keterangan lainnya.

  • Mencantumkan Nomor Surat, Perihal dan juga Alamat Tujuan

Selain memiliki kop surat, sebuah contoh surat resmi akan mencantumkan nomor surat. Nomor ini dikeluarkan oleh pihak yang bersangkutan dan maksud dan tujuannya sudah tercantum secara jelas dalam perihal.

  • Memiliki Struktur Penulisan yang Sistematis

Dalam membuat surat resmi sudah memiliki struktur penulisannya masing-masing. Biasanya diawali dengan kalimat pembuka dan juga kalimat penutup. Ada pula  tanda tangan dan nama yang jelas dari pengirimnya.

Jenis Surat Resmi

Surat Resmi

Sebelum membahas contoh surat resmi, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja jenis-jenis surat resmi. Surat resmi ada beragam jenisnya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Surat Permohonan

Surat permohonan menjadi salah satu jenis surat resmi yang sering digunakan dalam masyarakat. Surat permohonan adalah surat yang berisi tentang sebuah permintaan atau permohonan dalam berbagai kepentingan. Misalnya surat permohonan izin tempat, surat permohonan bantuan dana, surat permohonan perceraian dan lain sebagainya.

2. Surat Keputusan

Selain surat permohonan, jenis surat resmi yang lainnya adalah surat keputusan. Surat keputusan ini memiliki isi berupa sebuah keputusan dari hal-hal yang sebelumnya belum jelas. Biasanya surat keputusan ini dibuat dari atasan kepada bawahannya. Misalnya surat keputusan pengangkatan Pegawai dan lain sebagainya.

3. Surat Perintah

Jenis surat resmi yang lainnya adalah surat perintah. Surat perintah ini berisi tentang sebuah wewenang kepada pihak lain. Contoh surat resmi surat perintah adalah surat perintah perjalanan dinas, surat perintah sebelas maret, surat perintah untuk lembur dan lain sebagainya.

4. Surat Undangan

Surat undangan juga termasuk ke dalam jenis surat resmi. Surat ini berisi tentang sebuah undangan atau panggilan kepada pihak lain. Misalnya surat panggilan kerja, surat undangan pernikahan dan masih banyak yang lainnya.

5. Surat Kuasa

Surat kuasa adalah jenis surat resmi yang didalamnya berisi tentang pemberian wewenang atau kuasa kepada pihak lain. Misalnya surat kuasa pengambilan uang di Bank, surat kuasa pembayaran pajak dan lain-lain.

6. Surat Pemberitahuan

Jenis surat resmi yang terakhir adalah surat pemberitahuan atau surat edaran. Surat ini berisi sebuah informasi yang harus segera diketahui oleh pihak lain. Misalnya surat edaran pengumuman libur ujian dan lain sebagainya.

Contoh Surat Resmi

Surat Resmi

1. Surat Resmi Edaran

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Dinas Pendidikan

Jalan Mayor Subroto Nomor 43  Semarang

Telepon 024 566765

Semarang

Nomor : 43/rr/2019

Sifat : Penting

Perihal : Perpisahan Peserta didik

Yth. Kepala TK, SD, SMP, SMA dan SMK

Di lingkungan Dinas Pendidikan

Provinsi Jawa Tengah

Di 

Jawa Tengah

2. Surat Resmi Pemberitahuan

Sehubung dengan akan berakhirnya tahun ajaran 2018/2019, saya minta perhatian Saudara akan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bagi peserta didik SMA atau SMK kelas XII yang akan melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi untuk segera melakukan persiapan selesai ujian nasional.
  2. Bagi Peserta didik TK/SD/SMP yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi agar segera mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan dalam penerimaan peserta didik baru.

Atas perhatian saudara, Saya Ucapkan Terima Kasih.

Kepala Dinas Pendidikan 

Provinsi Jawa Tengah

Ttd

Joko suratno, M.Pd

NIP.1908753836237384937

3. Surat Resmi Permohonan

Panitia Baitul Abidin Darussalam  Festival

PPTQ Baitul Abidin Darussalam

Nomor : 02/BAD/XIII/2019

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Yth. Direktur PT Albheta Indonesia

Jalan Kartini Nomor 50 

Wonosobo 59463

Dengan Hormat,

Sehubung akan diadakannya kegiatan Baitul Abidin Darussalam  Festival di PPTQ Baitul Abidin Darussalam, Kami selaku Panitia Acara menyelenggarakan  tersebut yang akan dilaksanakan pada:

Hari Tanggal : Jumat 4 April 2019

Waktu : 16.00-23.00 WIB

Tempat : Gedung Sasana Adipura Wonosobo

Acara : Baitul Abidin Darussalam  Festival

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, panitia mengharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam apresiasi musik dan kesenian  islami yang ada di Wonosobo. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan bakat seni dan musik islami dari para santri.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, panitia membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Kami memohon bantuan dari Bapak/Ibu untuk memberikan bantuan dana dikarenakan panitia masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk operasional acara tersebut.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini Saya Sampaikan. Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu, Saya ucapkan Terima Kasih.

Ketua Panitia

Dhoriefah Niswah El Fidaa

Mengetahui

Lurah PPTQ Baitul Abidin Darussalam

Dila Arini, M.Pd

4. Surat Resmi Undangan

Pemerintah Kampung Durian Tanggul Angin

Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Banjarnegara

Nomor : 234/yyh/XI/ 2019

Perihal : Undangan

Lampiran : –

Yth. Bapak/ Sdr Warga kampung Durian Tanggul Angin

Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah kabupaten BanjarNegara 

Di

Tempat

Assalamualaikaum wr wb

Salam sejahtera bagi kita semua,

Berkaitan dengan akan dilaksakanannya Pemilihan Umum tahun 2019, akan dilaksanakannya acara doa bersama  agar terciptanya pemilu yang damai dan dapat berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, dimohon kehadiran Bapak/Ibu saudara warga Kampung Durian Tanggul Angin sekalian dalam acara tersebut, yang inshaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal : Jumat/ 24 April 2019

Waktu : 19.30 WIB s/d Selesai

Tempat : Masjid Agung Baiturrahman Kalibeber

Acara : Doa Bersama

Kami selaku Panitia, memohon dengan sangat kehadiran bapak ibu sekalian dalam acara tersebut tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan Kami ucapkan Terima Kasih.

Tanggul Angin, 10 April 2019

Sekretaris Panitia

Ttd

Dila Arini

Mengetahui 

Kepala Panitia

Dewi Lestari

Nah, itulah beberapa contoh surat resmi dalam berbagai kepentingan. Jangan lupa dalam penulisan surat resmi sebaiknya gunakan bahasa yang baku, sopan dan jelas agar maksud dan tujuan Anda bisa dimengerti dengan mudah.

Jika terdapat hal-hal yang harus dijelaskan secara terperinci sebaiknya dilampirkan. Bagaimana menurut Anda, membuat surat resmi mudah bukan ?

BACA ARTIKEL TERKAIT : 

 

Leave a Reply