Contoh Surat Permohonan Dana + Rahasia Pembuatannya

Contoh surat permohonan dana menjadi salah satu contoh surat permohonan yang paling sering digunakan.

Baik dalam sebuah kelompok masyarakat, organisasi, sekolah, dan lain sebagainya. pasalnya, melalui surat permohonan ini, apa yang menjadi hajat dari individu atau golongan bisa tersampaikan.

Secara spesifikasi surat permohonan dana adalah surat yang didalamnya terdapat sebuah permohonan bantuan berupa dana.

Dana ini nantinya akan dipakai untuk maksud yang sudah tertulis di dalamnya, misalnya untuk kegiatan pengembangan bangunan masjid, kegiatan sosial, kegiatan pentas seni dan lain sebagainya.

Nah, sebelum membahas contoh surat permohonan dana lebih jauh, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengenal apa pengertian surat permohonan.

Apa saja jenis-jenisnya dan bagaimana cara membuat surat permohonan yang baik dan benar. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

contoh surat permohonan bantuan dana

Pengertian Surat Permohonan

Pengertian surat permohonan secara bahasa terdiri dari dua kata, yaitu surat dan permohonan. Permohonan merupakan sesuatu yang diinginkan, diharapkan untuk bisa menjadi kenyataan. Permohonan ini bisa datang dari individu ataupun sebuah kelompok atau golongan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat diartikan sebagai kertas yang bertulis atau juga secarik kertas sebagai tanda atau juga sebuah keterangan, sesuatu yang ditulis.

Jadi, surat itu merupakan salah satu alat komunikasi tertulis yang disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain, baik itu atas nama pribadi ataupun atas nama sebuah organisasi atau perusahaan. 

Sedangkan pengertian surat menurut beberapa ahli bahasa adalah sebagai berikut:

1. YS. Mario

Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis atau sarana yang digunakan untuk dapat menyampaikan suatu informasi ataupun juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak satu ke pihak lain. (2000)

2. Agus Sugiarto

Surat merupakan sebuah dengan sarana komunikasi yang dipakai untuk dapat menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

Dengan kata lain, surat tersebut merupakan alat komunikasi tertulis untuk dapat menyampaikan sebuah pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus.

Yaitu penggunaan kertas, penggunaan bentuk/model, pemakaian notasi serta juga kode, penggunaan bahasa yang khas dan juga pencantuman tanda tangan.(2005)

3. Yose Rizal

Surat merupakan alat yang digunakan untuk dapat menyampaikan maksud dengan secara tertulis atau sebagai salah satu jenis komunikasi tulisan.(2003)

4. Pratama

Surat merupakan sebuah alat atau sarana yang difungsikan untuk mengambil informasi juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lainnya.

Baik itu dilakukan atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan ataupun juga sebuah organisasi.(1997)

Nah itulah beberapa pengertian surat menurut beberapa ahli, sehingga bisa disimpulkan bahwa surat merupakan salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi.

Surat ini media yang tertulis untuk menyampaikan sebuah informasi kepada pihak lain dari pihak yang mengirimkannya.

Surat berdasarkan isi, bentuk dan bahasa yang digunakan, ada yang bersifat pribadi, dinas maupun niaga.

contoh surat permohonan bantuan dana

Klasifikasi Surat Permohonan Dana

Sedangkan surat berdasarkan pemakaiannya, surat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni surat dinas, surat resmi dan surat pribadi.

Secara umum, surat biasanya berisi tentang sebuah laporan, pernyataan, pemberitahuan, permintaan atau permohonan dan sebuah perintah.

Sementara contoh surat permohonan dana merupakan bagian dari surat permintaan, dan kebanyakan menggunakan bahasa yang formal.

Surat permohonan dana ini tergolong ke dalam surat resmi, karena biasanya surat permohonan dana memiliki ciri-ciri dari surat resmi.

Ciri-ciri dari surat resmi antara lain adalah memiliki nomor surat, lampiran dan perihal, memiliki kop surat yang menunjukkan identitas, menggunakan salam penutup dan pembuka, memakai bahasa resmi dan juga menyertakan stempel dari lembaga resmi.

Tips Membuat Surat Permohonan Dana yang Baik dan Benar

Nah setelah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan surat permohonan, tentunya anda sudah memiliki gambaran bukan bagaimana membuat surat permohonan tersebut.

Apalagi jika Anda menempati posisi sekretaris, tentunya membuat surat menyurat ini sudahlah bukan hal yang asing lagi bagi Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karena contoh surat permohonan dana termasuk ke dalam jenis surat resmi, maka sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat permohonan dana tersebut. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Jangan Lupa Sertakan Identitas yang jelas

Mencantumkan identitas pada surat permohonan dana merupakan hal yang harus Anda lakukan.

Pasalnya melalui identitas ini, pihak yang dituju bisa mengenal darimanakah surat tersebut berasal.

Biasanya identitas ini sudah tercantum di dalam kop surat, baik nama organisasi, alamat dan lain sebagainya.

2. Sampaikan Maksud dan Tujuan yang Jelas

Dalam menulis surat permohonan dana, hendaknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Hal ini agar pihak yang dituju bisa memahami maksud dan tujuan dengan jelas tanpa maksud yang ambigu.

Jika Anda memohon bantuan dana untuk suatu kegiatan maka sebaiknya jelaskan maksud dan tujuan kegiatan Anda tersebut.

Misalnya untuk kegiatan sosial, kegiatan festival seni, kegiatan pengembangan tempat ibadah dan lain sebagainya.

Apalagi jika surat tersebut adalah surat permohonan dana. Maka sebaiknya juga disampaikan rincian dana yang dibutuhkan secara terperinci. Dengan begitu, pihak yang dituju akan lebih yakin dengan apa yang Anda sampaikan.

3. Sesuai dengan Aturan dan Teknik Penulisan yang Benar

Menulis surat permohonan dana tidak bisa ditulis secara asal. Anda harus mengikuti kaidah penulisan surat resmi secara baik dan benar.

Misalnya menggunakan kop surat, nomor surat, perihal dan lampiran, memakai salam pembuka dan penutup, maksud dan tujuan yang jelas dan terdapat stempel dari organisasi atau instansi.

Selain itu, menulis surat permohonan dana ini sebaiknya memakai bahasa yang formal atau resmi.

Hal ini akan memberikan kesan lebih terhormat baik untuk yang menulis surat maupun yang dituju. Terakhir, tulis dengan rapi agar lebih enak dibaca.

4. Tulis dengan Sungguh-Sungguh

Karena contoh surat permohonan dana merupakan jenis surat permintaan atau permohonan, dimana maksud dan tujuannya berharap untuk dikabulkan maka sebaiknya menulis surat permohonan ini dengan sungguh-sungguh.

Gunakan diksi yang menunjukkan maksud Anda secara serius dengan harapan permohonan tersebut agar bisa dikabulkan.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam  menulis surat permohonan dana. Mudah bukan?

contoh surat permohonan bantuan dana

Contoh Surat Permohonan Dana

Untuk lebih memperdalam pemahaman Anda terhadap surat permohonan dana, tentunya dibutuhkan contoh-contoh yang dapat dijadikan acuan dan sesuai dengan kaidah penulisannya. Berikut ini ada beberapa contoh surat permohonan dana.

1. Contoh Surat Permohonan Dana Untuk Kegiatan

Panitia Baitul Abidin Darussalam  Festival

PPTQ Baitul Abidin Darussalam

Nomor : 02/BAD/XIII/2019

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Yth. Direktur PT Albheta Indonesia

Jalan Kartini Nomor 50 

Wonosobo 59463

Dengan Hormat,

Sehubung akan diadakannya kegiatan Baitul Abidin Darussalam  Festival di PPTQ Baitul Abidin Darussalam, Kami selaku Panitia Acara menyelenggarakan  tersebut yang akan dilaksanakan pada:

Hari Tanggal : Jumat 4 April 2019

Waktu : 16.00- 23.00 WIB

Tempat : Gedung Sasana Adipura Wonosobo

Acara : Baitul Abidin Darussalam  Festival

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, panitia mengharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam apresiasi musik dan kesenian  islami yang ada di Wonosobo. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan bakat seni dan musik islami dari para santri.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, panitia membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Kami memohon bantuan dari Bapak/Ibu untuk memberikan bantuan dana dikarenakan panitia masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk operasional acara tersebut.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini Saya Sampaikan. Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu, Saya ucapkan Terima Kasih.

Ketua Panitia

Dhoriefah Niswah El Fidaa

Mengetahui,

Lurah PPTQ Baitul Abidin Darussalam

Dila Arini, M.Pd

contoh surat permohonan bantuan dana

2. Contoh Surat Permohonan Dana Untuk Pembangunan Pesantren

Panitia Pengembangan  Bangunan 

PPTQ Baitul Abidin Darussalam

Kelurahan Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

Nomor : 013/Panpem/ PPTQ Baitul Abidin Darussalam/ I/ 2019

Lampiran : 1 Buah Proposal

Perihal : permohonan Bantuan Dana

 

Yth. Gubernur  Jawa Tengah

Di Jawa Tengah

Assalamu’alaikaum wr wb

Dengan Hormat,

Teriring rasa syukur Kami Panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya kepada kita Semua. Shalawat dan salam senantiasa Kami haturkan ke junjungan Nabi Besar Muhammad SAW pemimpin Umat Sejati.

Sehubung dengan dimulainya pengembangan bangunan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Baitul Abidin Darussalam Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo oleh Panitia Pengembangan Bangunan pada bulan Maret 2019 sampai dengan selesai yang bertempat di kelurahan Kalibeber kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.

Maka, dengan ini Kami mengajukan permohonan bantuan dana kepada Gubernur Jawa Tengah demi terselenggaranya niat Kami untuk mengembangkan bangunan masjid Al Hikmah sehingga lebih baik dan berdaya guna bagi kegiatan para santri.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini Kami buat. Atas perhatian dan bantuan yang diberikan, Kami ucapkan Terima Kasih. Semoga Amal Ibadah Kita diterima oleh Allah SWT.

 Wassalamuailaikum wr wb

Wonosobo, 30 Maret 2019

 

Sekretaris Ketua Panitia

 

Tanda Tangan dan Nama terang

Mengetahui,

Pengasuh PPTQ Baitul Abidin Darussalam

 

Tanda Tangan dan Nama terang

Nah itulah beberapa contoh surat permohonan bantuan dana dari sebuah pondok pesantren. Anda bisa menggunakannya sebagai inspirasi untuk membuat surat permohonan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Meskipun sering kali surat permohonan dana ini mewakili sebuah kelompok atau golongan, namun Anda juga bisa mengajukan surat permohonan dana secara pribadi.

Misalnya untuk biaya operasi anak yang memiliki kebutuhan khusus yang biayanya tidak sanggup Anda tanggung sendiri dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Namun tentunya Anda tidak boleh menyalahgunakan surat permohonan ini. Dana yang diajukan merupakan benar adanya dan dapat dipertanggung jawabkan. apabila Anda melanggar tentunya memiliki konsekuensi hukum tersendiri.

Sementara untuk keputusan apakah surat permohonan Anda disetujui atau ditolak merupakan hak dari pihak yang dituju.

Anda tidak bisa memaksa kepada pihak yang menerima tersebut untuk menyetujui surat permohonan dana tersebut. Anda tidak boleh marah apabila surat permohonan dana tersebut ternyata ditolak.

Hal yang paling bijak yang sebaiknya dilakukan adalah berdoa. Semoga surat permohonan yang merupakan bagian dari usaha yang Anda lakukan bisa diterima atau disetujui sehingga dana yang diharapkan bisa didapatkan. Siapa yang menanam kebaikan tentunya akan menuai kebaikan pula.

BACA JUGA:

No Responses

  1. Pingback: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Agustus 8, 2019

Leave a Reply