Contoh Kata Pengantar Laporan dan Struktur di Dalamnya

Netsains.com – Kata pengantar bagi para pelajar ataupun mahasiswa mungkin menjadi suatu bagian penting saat membuat laporan dari tugas dan hal lainnya. Baik itu saat menyusun sebuah karya ilmiah ataupun non ilmiah.

Hanya saja kadang kala kata pengantar kerap sekali dipandang remeh oleh sebagian besar orang. Bahkan sering kali dibuat dengan asal-asalan. 

Struktur Kata Pengantar

Sebelum berbicara lebih panjang mengenai contoh kata pengantar laporan, sebaiknya Anda belajar dulu mengenai susunan atau struktur yang ada di dalamnya.

Dengan begitu Anda pun nantinya bisa lebih mudah dalam menyusun kata pengantar dalam penelitian. Berikut beberapa struktur yang ada di kata pengantar.

kata pengantar laporan

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan dari contoh kata pengantar laporan adalah paragraf pertama serta paragraf kedua yang mana di dalamnya berisikan mengenai ucapan syukur dari penulis ataupun tim penyusun karena sudah terselesaikannya karya tulis. 

Nah, di Indonesia umumnya ucapan terima kasih ada di bagian pembukaan ini ditujukan pada Tuhan Yang Maha Esa yang mana akan disesuaikan dengan agama dari masing-masing penulis.

Misalkan saja pada agama Islam, ucapan bentuk rasa terima kasih maupun rasa syukur akan ditujukan untuk Allah SWT.

Lalu jika ucapan rasa syukur sudah ditulis, biasanya akan dilanjutkan dengan ucapan terima kasih untuk orang-orang yang sudah membantu di dalam proses penyelesaian penulisan dari karya tulis tersebut.

Sedangkan pada urutan untuk pihak-pihak bersangkutan biasanya disesuaikan pada seberapa besar pengaruh dari pihak tersebut saat proses penyelesaian penulisan karya tulis.

Misalnya saja dalam proses pembuatan makalah tugas, maka nama yang pertama akan disebutkan di dalam kata pengantar khusus sebagai ucapan terima kasih untuk guru kelas yang sudah memberikan tugas. Barulah selanjutnya pihak-pihak yang mempunyai andil dalam pembuatan penulisan laporan.

2. Isi

Bagian isi dari contoh kata pengantar laporan ini berisi tentang gambaran dari isi atas karya tulis yang sudah Anda buat. Umumnya akan dimulai menyebutkan judul dari karya tulis.

Barulah dilanjutkan dengan penjelasan sedikit tentang pembahasan serta bagaimana penulis menulis isi tersebut pada karya tulis.

Sebisa mungkin Anda jangan terlalu detail saat menuliskan bagian isi, pasalnya hal tersebut hanya akan menjadikan kata pengantar terlalu panjang.

Cukup jelaskan sedikit saja tentang isi karya tulis agar pembaca memperoleh sedikit pandangan tentang karya tulis Anda.

3. Penutup

Pada bagian penutup nantinya akan berisi mengenai permohonan maaf dan harapan penulis atas karya tulis yang sudah dibuat.

Nah, permohonan maaf satu ini bersifat lebih tertuju ke pembaca jika di kemudian hari akan ditemukan beberapa kesalah atas karya tulis. Sebab karya tulis seseorang pastinya tidak luput akan kesalahan dan memiliki kekurangan.

Agar Anda semakin jelas memahami contoh kata pengantar laporan, maka di bawah ini adalah beberapa sampel dari beberapa jenis laporan kegiatan yang bisa digunakan untuk media belajar dan contoh dalam pembuatan kata pengantar. 

kata pengantar

Contoh Kata Pengantar 1

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Bahaya Makanan Cepat Saji untuk Tubuh”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Bahasa Indonesia kami yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Kediri, 30 Mei 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Kata Pengantar

Kami panjatkan puji syukur kami ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah melimpahkan hidayah-Nya dan memberi kami kesempatan dalam menyelesaikan laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang kami buat ini.

Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan PKL (Praktik Kerja Lapangan) bagi para Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Praktik kerja ini merupakan salah satu upaya dalam menjalin kerja sama yang baik dalam bidang ekonomi pada Masyarakat menengah dengan mengetahui Laporan Keuangan pada salah satu Perusahaan di Bandung. Dan kami harap praktik kerja ini akan memberi banyak manfaat bagi kami para mahasiswa maupun bagi pembaca.

Di kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait PKL. yang telah memberi dukungan moral. Dan juga bimbingannya pada kami. Ucapan terima kasih ini kami tujukan kepada:

  1. Bapak Dr. Ahmad Sholeh. Si, selaku ketua Program PKL
  2. Ibu Dian Rahmawati, S. E selaku dosen pembimbing
  3. Ibu Ani Lestari yang man sudah membimbing penulis selama melakukan penelitian di PT Sinar Cempaka
  4. Para karyawan serta staf yang bertugas di PT Sinar Cempaka
  5. Orang Tua dan teman-teman kami yang ikut mendukung proses PKL sampai selesai.

Susunan Laporan PKL ini sudah dibuat dengan sebaik-baiknya, namun tentu masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu jika ada kritik atau saran apapun yang sifatnya membangun bagi penulis, dengan senang hati akan penulis terima.

Yogyakarta, 19 Maret 2019

 

Penulis

kata pengantar

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatnya yang berlimpah dalam penyusunan laporan penelitian ini. laporan penelitian ini merupakan syarat wajib dalam menyelesaikan tugas mata kuliah.

Ada kebanggaan tersendiri jika kegiatan penelitian ini bisa selesai dengan hasil yang baik. Dengan keterbatasan penulis dalam membuat riset, maka cukup banyak hambatan yang penulis temui di lapangan. Dan jika penelitian ini pada akhirnya bisa diselesaikan dengan baik tentulah karena bantuan dan dukungan dari banyak pihak terkait.

Untuk itu, penulis sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Diantaranya:

  1. Dr. Rizki Gunawan selaku dosen pembimbing yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing penulis.
  2. Bapak Gilang Setiawan selaku pembimbing selama kegiatan penelitian ini berlangsung.
  3. Orang Tua yang sudah mendukung dan memberi semangat setiap saat.

Tak ada yang bisa penulis berikan selain doa dan rasa terima kasih yang tulus kepada para pendukung. Namun tidak lupa juga masukan yang berguna seperti saran atau kritik dari para pembaca sangat diharapkan oleh penulis. penulis sangat berharap bahwa laporan penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Semarang, 15 April 2018

 

Penulis

Cukup sederhana dan bisa langsung Anda praktikkan sekarang juga bukan? Selamat menulis.

BACA JUGA:

Leave a Reply