Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia. Renungkan!

HAM adalah hak asasi yang melekat pada manusia sejak ia lahir hingga berkalung tanah nantinya. Hak ini tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun karena merupakan identitas asli seorang manusia.

Ada cukup banyak ragam HAM untuk dipahami, seperti hak untuk hidup, hak beragama, hak berkumpul dan berserikat dan beberapa hak lainnya. 

Meskipun pemerintah Indonesia –sebagai institusi negara, berusaha melaksanakan HAM sesuai ketentuan, tetap saja ada kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.

Ada cukup banyak contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang terjadi dari beberapa waktu yang lalu dan beberapa diantaranya tidak selesai hingga saat ini.

Adanya beberapa pelanggaran HAM tersebut merupakan noda dalam penegakan HAM di Indonesia. Biasanya, konflik HAM tersebut terjadi karena adanya kerusuhan antar warga yang bisa bersumbu pada masalah SARA.

Selain itu, perebutan kekuasaan juga menjadi salah satu penyebab adanya kasus HAM yang terjadi dan tentu sangat merepotkan.

Oleh karena itu, mengetahui contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia bisa dikatakan menjadi hal yang cukup penting. Dengan mengetahui beberapa contoh kasus tersebut, kita bisa melihat bagian sejarah Indonesia.

Tidak hanya itu, adanya contoh kasus HAM tersebut akan menyadarkan kita betapa urusan HAM masih menjadi hal krusial untuk diperjuangkan.

HAM

Ragam Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang beberapa diantaranya belum selesai hingga saat ini.

Kasus HAM yang terjadi di Indonesia tersebar di beberapa wilayah dengan skala yang kecil atau ringan hingga HAM berat. 

Pengetahuan mengenai contoh kasus pelanggaran HAM tersebut akan membuka wawasan betapa usaha pelaksanaan HAM adalah usaha yang terus menerus dan tiada henti untuk diperjuangkan.

Adapun beberapa contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Peristiwa Trisakti 

Peristiwa Trisakti adalah salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang bisa dikatakan paling dikenang oleh masyarakat Indonesia, khususnya untuk kalangan yang merasakan Orde Baru. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 12 Mei 1998.

Lebih dari 21 tahun yang lalu terjadi keributan dalam demonstrasi mahasiswa yang menuntut Presiden Soeharto untuk mundur.

Demonstrasi tersebut berujung kericuhan di mana menyebabkan sebanyak 4 orang mahasiswa tewas tertembak bedil apart dan puluhan mahasiswa lainnya luka-luka. Kasus ini belum selesai hingga sekarang.

2. Tragedi Semanggi I

Tragedi Semanggi I adalah peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi saat adanya protes masyarakat kepada pelaksanaan serta agenda Sidang Istimewa MPR yang menyebabkan tewasnya beberapa warga sipil yang turut dalam protes yang dilancarkan tersebut.

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia ini terjadi pada 13 November 1998. Dalam protes yang dilakukan, para pendemo menuntut adanya pembersihan orang-orang Orde Baru dari posisi penting di pemerintahan dan militer. Dalam kasus ini setidaknya ada 5 orang yang tewas dan puluhan lainnya terluka akibat bentrokan.

ham

3. Tragedi Semanggi II

Semanggi kembali menelan tragedi. Setahun setelah tragedi pertama, tepatnya pada 24 September 1999, terjadi tragedi kedua.

Tragedi ini terjadi karena protes dan demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat sipil karena ketidakpuasan mereka terhadap pemerintah. Dalam tragedi ini terdapat 5 orang korban tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

4. Kasus Pembunuhan Munir

Pembunuhan Munir merupakan salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang paling menguras perhatian dari masyarakat.

Munir adalah salah satu pejuang HAM Indonesia yang getol untuk mengkritik pemerintah. Salah satu kritik yang ia sampaikan adalah fakta bahwa Prabowo tidak terlibat penculikan aktivis tahun 1998.

Pendapatnya yang pedas membuat ia menjadi salah satu orang yang diwaspadai dan berusaha untuk disingkirkan.

Akhirnya, pada 7 September 2004, ia tewas di dalam pesawat Garuda ketika hendak menghadiri pertemuan di Amsterdam, Belanda.

Penyebab terbunuhnya Munir disebutkan karena ia diracun. Namun, kasus ini terkesan gelap karena otak pelaku yang tidak ditemukan hingga sekarang. 

5. Kasus Pembunuhan Marsinah

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang menyita perhatian masyarakat luas adalah kasus pembunuhan Marsinah.

Kasus ini terjadi sekitar tanggal 3-4 Mei 1993. Marsinah adalah seorang pekerja dan seorang aktivis wanita yang bekerja di PT Catur Putera Surya Porong.

Kasus ini berawal dari aksi mogok yang dilakukan oleh Marsinah dan buruh lainnya di mana ia menuntut kepastian pada perusahaan yang telah melakukan PHK secara sepihak dan tanpa alasan yang jelas. Dalam protes yang dilakukan, Marsinah ditemukan tewas 5 hari kemudian.

Ia tewas dengan kondisi yang sangat mengenaskan di kawasan hutan Wilangan, Nganjuk. Salah satu kasus pelanggaran HAM tersebut belum bisa diselesaikan dan masih menjadi beban serta misteri masa lalu yang menunggu untuk diselesaikan.

HAM

6. Peristiwa Tanjung Priok

Peristiwa Tanjung Priok adalah salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang cukup terkenal dan banyak diberitakan di kalangan masyarakat.

Kasus ini terjadi sekitar tahun 1984 yang lalu di mana merupakan bentrokan antara aparat dengan warga sekitar.

Apa yang memicu kasus ini adalah masalah SARA dan juga adanya unsur politis. Warga sekitar melakukan protes karena adanya pemindahan makam Mbah Priok yang dianggap keramat oleh warga sekitar.

Hal inilah yang akhirnya memicu konflik dengan anggota TNI dan juga polisi. Dalam laporan, banyak korban tewas karena kasus ini.

7. Kasus Dukun Santet di Banyuwangi

Kasus ini terjadi di Banyuwangi sekitar tahun 1998. Saat itu marak terjadi pembunuhan guru mengaji dan juga tokoh agama dikarenakan adanya praktik santet di desa-desa.

Warga yang kalap kemudian mencari tokoh tersebut dan melakukan penangkapan serta pembunuhan orang-orang yang dituduh sebagai dukun santet.

Pihak aparat TNI segera melakukan pengamanan terkait orang-orang yang dituduh sebagai dukun santet tersebut.

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia ini juga masih buram hingga saat ini. Belum diketahui siapa dalang pembunuhan para tokoh agama tersebut dan siapa yang menyebarkan isu adanya praktik dukun santet tersebut.

8. Peristiwa di Abepura, Papua

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang terjadi di tanah Papua adalah kerusuhan yang terjadi di Abepura.

Kasus ini terjadi sekitar tahun 2003 yang lalu yang dipicu oleh penyerangan markas polisi di wilayah setempat.

Polisi yang tidak terima melakukan pencarian terhadap pelaku yang merusak markas polisi tersebut. Namun, tindakan aparat yang membabi buta menjadikan adanya korban jiwa yang berjatuhan dikarenakan peristiwa tersebut.

9. Penculikan Aktivis Pro Demokrasi 

Kasus penculikan aktivis pro demokrasi merupakan salah satu kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang bisa dikatakan sangat tidak jelas hingga saat ini. Kasus ini terjadi sekitar tahun 1997 dan 1998 di mana merupakan masa-masa akhir pemerintahan Orde Baru.

Di akhir pemerintahan Soeharto tersebut, terjadi gelombang aksi massa yang cukup besar. Banyaknya protes yang dilancarkan memaksa aparat melakukan tindakan.

Tercatat ada sekitar 23 aktivis yang diamankan dan 13 diantaranya –termasuk Wiji Thukul, tidak ditemukan hingga saat ini.

Kasus ini begitu rumit karena tidak hanya merupakan kasus pelanggaran HAM saja, namun sangat erat kaitannya dengan ranah politik. Banyak kalangan menilai bahwa kasus ini juga termasuk bagian dari persaingan para jenderal di tubuh TNI.

ham

10. Kasus Bulukumba

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian adalah kasus Bulukumba.

Kasus ini terjadi pada tahun 2003 yang lalu. Apa yang memicu kasus ini adalah adanya perusahaan yang ingin melakukan perluasan area perkebunan. Namun, niat mereka ditolak oleh warga sekitar.

Penolakan tersebut memicu gelombang demonstrasi yang besar dari masyarakat. Sayangnya, aparat turut dalam hal ini dan justru melakukan bentrok dengan warga sekitar.

Dalam peristiwa ini terdapat beberapa orang yang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Kasus ini menjadi potret buruk jika aparat ada main dengan perusahaan.

11. Kasus Wartawan Udin

Kasus wartawan Udin adalah salah satu kasus pelanggaran HAM yang terus disuarakan oleh banyak kalangan. Kasus ini terjadi sekitar tahun 1996 yang menimpa seorang wartawan dari Yogyakarta.

Udin dikenal sebagai salah satu wartawan yang sangat kritis. Pandangannya banyak mengkritik pemerintahan Orde Baru yang dianggap bertanggung jawab atas carut dan marutnya kondisi negara. Ia diduga diculik, dianiaya dan akhirnya dibunuh oleh seseorang yang tidak dikenal.

12. Kasus Pengkhianatan G30S/PKI

Dari contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia, bisa dikatakan bahwa kasus pengkhianatan G30S/PKI merupakan kasus terbesar dan terberat yang pernah terjadi di Indonesia.

Ya, kasus yang terjadi pada tahun 1965 ini menjadi catatan sejarah buruk nan menakutkan dalam kancah bernegara di Indonesia.

Dalam kasus ini, Partai Komunis Indonesia atau PKI melakukan penculikan dan pembantaian perwira jenderal TNI Angkatan Darat dan mayatnya dibuang di sumur lubang buaya.

Pembantaian yang dilakukan hanya dalam waktu semalam ini menunjukkan betapa bengis dan kasarnya para pelaku kejahatan tersebut.

Meskipun kasus ini sudah lama terjadi, namun hingga kini masih menjadi bahan diskusi di kalangan akademisi.

Hal ini dikarenakan kasus ini termasuk kasus yang sangat kompleks di mana melibatkan banyak kepentingan, agen dan hal lainnya yang saling tindih hingga kasus ini susah untuk diuraikan. 

HAM

13. Kasus Pembantaian Massal Anggota PKI

Selepas kasus 1965, PKI menjadi momok mengerikan bagi negara Indonesia. Pihak pemerintah melalui tangan militer berusaha menetralkan kondisi termasuk menghilangkan sisa-sisa PKI di masyarakat. Hal inilah yang mengawali adanya pembantaian massal anggota PKI.

Dalam berita yang tersebar, dari kasus ini diperkirakan jutaan lebih anggota PKI menjadi korban.

Namun, kasus ini juga masih simpang-siur dan banyak teori dengan beberapa pandangan yang berbeda yang membahas kasus ini.

Hingga saat ini, kasus pembantaian anggota PKI ini masih sering dibahas dan menjadi sebuah kajian sosiologi. 

Beberapa poin di atas adalah contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia dari beberapa waktu yang lalu.

Selain beberapa kasus di atas, sebenarnya masih ada cukup banyak kasus pelanggaran HAM lainnya yang tercatat dan menjadi noda hitam penegakan HAM di Indonesia.

Kasus-kasus di atas menunjukkan bahwa usaha menegakkan HAM harus senantiasa dilakukan terus menerus tanpa henti oleh setiap lapis masyarakat. 

BACA JUGA:

Leave a Reply