Kumpulan Contoh Essay Ilmiah Terbaik + Ciri-Ciri dan Tips Membuatnya

Dalam kegiatan belajar mengajar, biasanya siswa atau mahasiswa diminta untuk membuat contoh essay ilmiah. Namun tahukah Anda apa itu essay ilmiah dan bagaimana cara membuatnya?

Pengertian Essay

Nah, essay ilmiah sendiri diartikan dalam Bahasa Inggris essay “a short literary composition on a particular theme or subject, usually make a prose and generally analytic, speculative,  and interpretative.

” Artinya adalah suatu komposisi sastra pendek mengenai suatu hal khusus ataupun subjek, yang biasanya dibuat dalam bentuk prosa, serta bersifat analitik, spekulatif, dan interpretatif.

Sedangkan secara umum, essay sendiri merupakan karya tulisan pendek yang  umumnya menggunakan sudut pandang peneliti. Dimana essay sebenarnya bukan sebuah tulisan non fiksi, melainkan berisi tentang opini.

Selain itu, essay mencakup tentang narasi, yang dapat berupa kritik, argumen, sastra dan politik dari pengamatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, refleksi, ataupun kenang-kenangan penulis.

Lebih lanjut, dengan merujuk pada definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ‘essay’ berarti sebuah karya tulis atau karangan sejenis prosa yang membahas tentang masalah atau kajian secara sekilas melalui sudut pandang pribadi dari penulis.

Hal demikian juga dijelaskan oleh ahli Soetomo yang mengartikan essay sebagai suatu karangan pendek dari cara sudut pandang seseorang ketika menyikapi masalah.

Dengan dua definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa essay sangat dipengaruhi oleh sudut pandang sang penulis ketika menilai suatu masalah, sehingga tulisan yang dirancang dalam essay akan mengandung opini yang bersifat argumentatif dan subjektif.

Namun, meski essay  memiliki subjektif, tetapi pendapat yang disampaikan sendiri, harus tetap bersifat logis, bisa dipahami dengan mudah, serta sesuai dengan teori, data, ataupun fakta yang terdapat di lapangan. 

Selain hal tersebut, essay ternyata juga mempunyai kesamaan dengan tajuk rencana yang ada di surat kabar. Dimana tujuannya sendiri yakni sama-sama agar meyakinkan masyarakat pada sudut pandang sang penulis tentang suatu opini publik atau isu.

Namun antara essay dan tajuk rencana memiliki perbedaan, yakni tajuk rencana ditulis oleh kepala editor sedangkan essay bisa ditulis siapa pun.

Essay Ilmiah

Ciri-Ciri Essay 

Sebelum Anda memahami contoh essay ilmiah, tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri essay itu sendiri.

Nah, sesuai dengan penjelasan diatas mengenai essay, yakni suatu singkatan bisikan pendapat dari sang peneliti, namun tak hanya sebatas tulisan fiktif saja, tetap mempunyai data yang sangat akurat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri essay ilmiah:

1. Essay Adalah Bentuk Karangan Pendek

Essay merupakan jenis prosa yang tertulis yang ditulis hanya dengan jumlah kalimat yang pendek.

Hal tersebut karena essay sendiri merupakan sebuah kajian yang jelas dan padat, sehingga dapat dipahami dengan mudah khalayak umum.

2. Essay Mempunyai Bahasa Khas

Essay sendiri bisa ditulis oleh siapa saja, namun harus berdasarkan sudut pandang orang tersebut.

Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa essay memiliki bahasa yang khas. Sebab masing-masing penulis tentunya memiliki ciri bahasa khas tersendiri.

Contoh Essay Ilmiah

Bagian-Bagian Essay

Setelah memahami tentang ciri-ciri essay, tentunya sebelum membuat contoh essay  ilmiah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian essay itu sendiri.

Untuk lebih mudahnya, essay sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yakni pendahuluan, isi dan penutup. Penjelasan mengenai per bagian, simak ulasan berikut ini:

1. Pendahuluan

Pendahuluan atau yang bisa juga diartikan sebagai awalan, merupakan langkah awal ketika Anda belum memulai pembahasan di bagian inti dari essay.

Dimana pendahuluan sendiri merupakan struktur awal pembangun dari essay yang akan dibuat. Dengan demikian, secara tak langsung, pendahuluan ini merupakan kerangka berpikir yang menjadi bagus tidaknya essay yang akan dibuat.

Untuk isinya sendiri, di bagian pendahuluan Anda bisa mengungkapkan sekilas tema atau topik dari keseluruhan essay yang akan dibuat.

Nah, di bagian ini juga, Anda perlu menjabarkan latar belakang yang menjadi dasar dari penulisan essay tersebut. Untuk penulisannya biasanya sesuai dengan data atau fakta yang ada di lapangan.

Selain hal tersebut, dalam contoh essay ilmiah, biasanya di bagian pendahuluan ini juga mengungkapkan sedikit pendapat dari si penulis.

Sebab nantinya pendahuluan akan menjadi pengantar atau gambaran kepada para pembaca agar bisa memahami isi essay yang dibahas di bagian selanjutnya.

2. Isi atau Pembahasan

Nah, bagian ini merupakan bagian yang paling penting pada contoh essay  ilmiah. Dimana di bagian ini Anda harus menjelaskan secara lebih detail dan rinci tipo yang telah dipilih sebelumnya.

Selain itu, di bagian pembahasan ini, sang penulis juga perlu menjabarkan pendapat serta opininya secara lebih kronologis atau berurutan. Hal tersebut agar essay yang dibuat nantinya bersifat koheren.

Dengan demikian, dalam bagian ini, Anda juga perlu menjelaskan mengenai dasar dari penyusunan pendapat tersebut, misalnya kombinasi teori para ahli dengan data dan fakta yang terdapat di lapangan.

Nah, teori dan data tersebutlah yang nantinya akan meyakinkan para pembaca tentang essay yang dibuat. 

3. Penutup atau Kesimpulan

Bagian terakhir dalam contoh essay ilmiah adalah penutup atau kesimpulan. Nah, di bagian ini, biasanya berisi kalimat simpulan yang mengandung beberapa point penting tau utama yang terdapat dalam essay.

Nah, dalam penulisan kesimpulan ini, harus bersifat padat, jelas, singkat serta tak melebar ke topik atau tema lainnya.

Selain itu, di bagian ini Anda juga bisa menambahkan saran pada pihak ketiga agar bisa meyakinkan permasalahan yang telah dibahas.

Sedangkan langkah-langkah membuat contoh essay ilmiah yakni:

  • Menentukan tema
  • Membuat ide pokok yang akan dikembangkan pada pembahasan 
  • Mengembangkan ide pokok menjadi paragraf pembahasan yang harus sesuai dengan teori ahli, fakta dan data-data
  • Menyimpulkan inti atau pokok dari gagasan yang sudah dibuat.

Contoh Essay Ilmiah

Contoh Essay Ilmiah

Judul: PERANKU BAGI INDONESIA

“Saya adalah seseorang yang lebih banyak menerima ketimbang memberi. Ya, itu karena saya lahir dan besar dari sebuah keluarga yang sangat sederhana. Dari sekian banyaknya yang saya terima, salah satu yang saya terima dari negeri ialah pendidikan. Dimana saat ini saya dapat mengayuh pendidikan sampai S1 dengan adanya beasiswa Bidikmisi. Dan hal itu, tentu mengajarkan saya bagaimana bermakna dari sebuah pemerian, yang tentunya harus dipertanggungjawabkan bersama.

Selesai kuliah atas pemberian beasiswa Bidikmisi ini, tentunya menyadarkan saya tentang tanggung jawab terhadap negara yang telah memberikannya. Sehingga saya pun memutuskan untuk bisa mengabdikan diri beberapa tahun di daerah yang masih tertinggal. Hal tersebut sebagai bentuk rasa syukur serta terima kasih yang sangat besar pada republik ini. 

Tinggal di daerah terpencil bersama masyarakat yang jauh dari transportasi dan komunikasi, membuat saya harus bekerja keras untuk membina hubungan positif dengan berbagai pihak yang ada di desa. Sehingga dalam hal ini, saya harus mengikuti kegiatan desa yang sering diadakan. 

Selesai dari pengabdian ini, tentu bukan berarti selesai segalanya. Sebab saya masih ikut membina gerakan sosial pendidikan, serta melakukan berbagai kegiatan lainnya yang dibantu oleh pemerintah terikat, pemuda lokal, para profesional serta relawan pendidikan. Dan segala proses yang saya jalani tersebut, menjadikan diri lebih peka lagi dengan berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat.

BACA JUGA:

No Responses

Leave a Reply