Contoh Berita Acara Serah Terima Terlengkap

Tidak Usah Bingung! Ini Dia Contoh Berita Acara Serah Terima TerLengkap. Contoh berita acara serah terima menjadi salah satu hal yang cukup banyak dicari oleh seseorang.

Dalam sebuah kondisi tertentu seseorang termasuk Anda terkadang akan membutuhkan dokumen berita acara tersebut. Terlebih jika Anda hendak melangsungkan sebuah kerja sama dengan pihak lain.

Membuat berita acara ini biasanya dilakukan usai melaksanakan sebuah kegiatan atau aktivitas tertentu. Berita acara ini menjadi salah satu dokumen yang cukup penting dan harus dimiliki.

Dokumen ini nantinya dapat digunakan sebagai sebuah dokumen yang bisa digunakan untuk kepentingan hukum ataupun bisnis.

Namun tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan berita acara? Apa yang dinamakan berita acara serah terima?

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan istilah ini, namun ada beberapa juga yang masih cukup bingung atau bahkan tidak paham apa yang dimaksud dengan berita acara.

Untuk menjawab kebingungan Anda tersebut, berikut ini ada beberapa ulasan mengenai apa itu berita acara, bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar serta menarik dan bagaimana contoh berita acara serah terima.

Beberapa contoh berikut bisa Anda gunakan sebagai pedoman maupun referensi dalam membuat berita acara yang Anda butuhkan. Nah, sudah penasaran seperti apa? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Berita Acara

Pengertian Berita Acara

Berita acara sering kali diartikan sebagai dokumen yang didalamnya memuat sebuah isi kronologi atau latar belakang terjadinya sebuah peristiwa.

Di dalam sebuah berita acara akan disebutkan secara rinci siapa saja yang terkait, dimana terjadinya kegiatan dan kapan waktu terjadinya.

Secara umum, berita acara memiliki pengertian sebagai  sebuah surat atau naskah yang mana di dalam naskah tersebut terdapat persetujuan atau peresmian tentang suatu kegiatan tertentu.

Misalnya, sebuah rapat, peristiwa tertentu, atau bahkan contoh berita acara serah terima barang.

Sementara pengertian berita acara menurut glosarium adalah laporan tertulis yang bersifat autentik, dibuat oleh pejabat yang berwenang, mengenai suatu kejadian.

Untuk berita acara serah terima ini berkaitan dengan hubungan bisnis maupun hukum antara satu pihak tertentu dengan pihak yang lainnya. Di dalam berita acara juga akan disebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan kepentingannya secara detail.

Cara Membuat Berita Acara

Cara Membuat Berita Acara

Sebelum melihat contoh berita acara serah terima barang, pekerjaan, jabatan dan lain sebagainya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar serta menarik.

Berita acara ini nantinya akan dijadikan dokumen bukti adanya sebuah transaksi maupun kejadian.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam membuat Berita Acara, antara lain adalah sebagai berikut:

Cantumkan Pihak yang Bersangkutan

Dalam sebuah berita acara, baik contoh berita acara serah terima barang maupun jabatan, pihak-pihak yang bersangkutan disebutkan secara jelas dan terperinci. Pihak yang disebutkan meliputi pihak pertama dan juga pihak kedua.

Biasanya akan disebutkan nama, alamat rumah, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan beberapa hal yang diperlukan, misalnya nomor telepon atau nomor Kartu Tanda Penduduk.

Karena berita acara merupakan salah satu dokumen penting yang bisa digunakan sebagai bukti autentik, maka pengisian data-data yang dibutuhkan harus diisi dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertangung jawabkan.

Cantumkan Tempat Kejadian Secara Detail

Selain menuliskan siapa saja yang terlibat dalam sebuah peristiwa ataupun kegiatan, tempat terjadinya kegiatan tersebut juga harus dicantumkan secara detail. Biasanya akan dituliskan mengenai alamat lengkap secara rinci, rute maupun kode pos.

Adanya Tanda Tangan yang terlibat

Sebuah tanda tangan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam berita acara. Tanda tangan ini menjadi bukti keabsahan sebuah data atau dokumen.

Yang berhak melakukan tanda tangan biasanya adalah pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan atau peristiwa tersebut.

Bahkan jika dibutuhkan, Anda juga bisa menambahkan saksi sebagai bukti yang lebih menguatkan dalam sebuah berita acara. Namun jika memang tidak dibutuhkan, berarti tidak perlu dihadirkan.

Dituliskan Secara Rinci Detail Kepentingannya

Secara umum telah diketahui bahwasanya jenis berita acara sangat banyak sekali. Mulai dari berita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima barang, berita acara serah terima jabatan, berita acara organisasi, berita acara pemeriksaan dan lain sebagainya.

Nah bagaimana menurut Anda? Membuat berita acara serah terima mudah bukan? Sehingga Anda tidak perlu lagi risau ketika mendapatkan tugas untuk menuliskan berita acara.

Jika Anda masih cukup bingung, berikut ini ada beberapa contoh berita acara serah terima yang bisa dijadikan pedoman atau referensi penulisan saat Anda membutuhkannya.

Contoh Berita Acara Serah Terima

Contoh Berita Acara Serah Terima

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Contoh Berita Acara Rapat

Nah itulah beberapa contoh berita acara serah terima yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan berita acara serah terima.

Macam berita acara serah terima ada banyak sekali tergantung kebutuhan yang Anda miliki, misalnya berita acara serah terima barang, berita acara serah terima jabatan, berita acara serah terima pekerjaan dan lain sebagainya.

Contoh-contoh berita acara tadi akan menjadi salah satu hal yang penting bagi Anda yang aktif di sebuah organisasi atau instansi. Semoga informasi di atas dapat memperkaya informasi dan memudahkan pekerjaan Anda.

Leave a Reply