Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Contoh artikel

Apa itu artikel? Apa saja jenis-jenis artikel dan bagaimana cara membuat artikel? Nah berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai pengertian artikel, ciri-ciri artikel, cara menulis artikel dan juga contoh artikel yang Anda cari. Seperti apa penjelasannya? Simak berikut ini:

Pengertian Artikel

pengertian artikel

Sebelum menulis sebuah artikel, tidak ada salahnya jika Anda untuk mengenal terlebih dahulu apa itu pengertian artikel. Hal ini penting untuk diketahui Agar nantinya Anda bisa menulis artikel secara baik dan benar.

Secara umum, artikel diartikan sebagai sebuah karya tulis, dimana didalamnya terdapat sebuah pendapat atau opini dari penulis. Atau bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan yang mengembangklan gagasan atau ide, dimana inti persoalannya merupakan hasil dari referensi tertentu yang kemudian dianalisis dan ditranformasikan kepada pembaca.

Selain pengertian di atas, ada pula pengertian artikel oleh beberapa ahli. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Artikel

Ada banyak jenis tulisan yang tersebar baik di media cetak maupun media digital. Nah berbagai tulisan tersebut ada yang berupa puisi, karya ilmiah, surat, cerpen, contoh artikel pendidikan, dan masih banyak yang lainnya. Nah, untuk bisa membedakan manakah yang disebut dengan artikel, artikel memiliki ciri-ciri secara khusus, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • artikel biasanya merupakan sebuah tulisan singkat, padat, dan jelas
  • Memiliki isi yang bersumber dari kejadian nyata atau fakta
  • Bersifat actual, biasanya dilengkapi dengan data tertentu
  • Bersifat original atau asli
  • Isi artikel bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah, peristiwa, argumentasi dan lain sebagainya
  • Ide atau gagasan pada artikel biasanya merupakan kebutuhan dari masyarakat umum.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Jenis-Jenis Artikel

jenis artikel

Berdasarkan kandungan isi yang dimilikinya, artikel dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel dimana di dalamnya terdapat sebuah gambaran akan suatu hal. Sehingga pembaca bisa mengerti dari deskripsi yang digambarkan baik secara fiksi maupun non fiksi.

2. Artikel Argumentasi

Jenis artikel selanjutnya adalah artikel argumentasi. Pada artikel ini memiliki tujuan untuk membuktikan sebuah pendapat atau opini dari seseorang dengan menggunakan beberapa bukti atau fakta yang ada. Selain itu penulis biasanya juga akan menunjukkan alasan.

3. Artikel Eksposisi

Selain jenis artikel di atas, ada pula jenis artikel eksposisi. Artikel eksposisi ini memberikan penjelasan atau ilmu pengetahuan baru kepada pembaca secara lengkap. Biasanya juga dilengkapi grafik atau gambar untuk mendukung apa yang disampaikannya.

4. Artikel Persuasi

Jenis artikel selanjutnya adalah artikel persuasi. Dalam artikel ini, penulis akan memberikan sebuah ajakan atau mempengaruhi sesuatu. Artikel persuasi ini sering ditemukan di iklan atau ajakan lainnya.

5. Artikel Narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel dimana isinya merupakan sebuah narasi suatu peristiwa atau kronologi suatu kejadian dengan urutan waktu yang jelas. Biasanya di dalam artikel ini terdapat tokoh yang disebutkan.

Contoh Artikel Pendidikan

contoh artikel pendidikan

Di atas adalah contoh artikel dengan tema pendidikan. Anda juga bisa menulis jenis artikel yang lainnya, misalnya artikel kesehatan, artikel politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Anda. Untuk penulisan artikel sebaiknya gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas, serta gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan keinginan Anda.

Jika memang artikel tersebut untuk media yang resmi maka sebaiknya gunakan bahasa yang formal. Sementara untuk jenis artikel yang ditujukan untuk anak muda biasanya cenderung menggunakan bahasa yang santai dan tidak terlalu formal.

0 Shares:
3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like