Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Membuatnya dengan Benar

membuat abstrak skripsi

Contoh – Di dalam penulisan sebuah proposal skripsi, makalah, atau lainnya, abstrak merupakan bagian yang penting dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Untuk membuat sebuah abstrak, baik abstrak skripsi atau abstrak makalah, seorang mahasiswa semester akhir juga tidak boleh melakukannya dengan sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik dan benar agar bisa membuat sebuah abstrak yang baik dalam sebuah skripsi. Sebenarnya, menuliskan sebuah abstrak adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, tidak sedikit dari mahasiswa yang masih kebingungan bagaimana cara menulis sebuah abstrak yang baik dan benar.

Cara Membuat Abstrak Skripsi

membuat abstrak skripsi

Saat ini memang ada banyak sekali contoh abstrak skripsi yang bisa Anda tiru. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda membuat abstrak sendiri untuk skripsi yang akan Anda selesaikan. Nah, untuk membuat sebuah abstrak, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dengan baik dan benar. Beberapa hal tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Abstrak ditulis dengan maksimal jumlah katanya sebanyak 250 kata. Jumlah dari 250 kata ini merupakan aturan umum. Walaupun demikian, ada juga beberapa dosen yang memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk menuliskan abstrak lebih dari 250 kata. Namun, idealnya abstrak ditulis tidak lebih dalam satu halaman.
  2. Ditulis dengan menggunakan spasi antar paragraf yakni satu (single spacing).
  3. Dilengkapi dengan kata kunci. Umumnya, jumlah kata kunci yang ditulis yakni 5 kata.
  4. Untuk penulisan bahasa asing sendiri dicetak miring.
  5. Paling tidak terdiri atas tiga paragraf. Jumlah dari ketiga paragraf tersebut adalah ketentuan umum. Setiap paragraf tentunya memuat beberapa informasi tertentu.
  6. Secara umum, untuk paragraf pertama membahas tentang: judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang serta tujuan penelitian.
  7. Secara umum, untuk paragraf kedua berisi tentang: metode penelitian, teknik analisa data serta landasan teori.
  8. Secara umum, untuk paragraf ketiga berisi tentang hasil ataupun kesimpulan yang didapatkan dari penelitian yang sudah dilakukan.
  9. Biasanya, abstrak ditulis dengan menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan menggunakan format penulisan  ataupun tulisan abstrak yang serupa.

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang cara penulisan abstrak yang baik dan benar, diharapkan Anda sudah paham dan bisa menulis abstrak untuk skripsi yang akan Anda selesaikan tersebut. Namun, apabila Anda masih bingung dengan penulisannya sendiri, di bawah ini ada beberapa contoh abstrak skripsi yang bisa Anda jadikan referensi. BACA: Contoh Kata Pengantar Skripsi Singkat Padat dan Jelas

Contoh Abstrak Skripsi Ekonomi

BACA JUGA: Skripsi Kualitatif: Ciri dan Metode Pembuatannya

Contoh Abstrak Skripsi Robotika

Itulah kedua contoh abstrak skripsi yang bisa Anda jadikan acuan untuk membuat sebuah abstrak yang baik dan benar. Jangan lupa pula untuk menggunakan beberapa kaidah saat akan membuat sebuah abstrak seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tentu saja, sebuah abstrak yang baik memuat beberapa hal yang sudah disebutkan. Semoga contoh abstrak skripsi ini dapat memberikan manfaat dan bisa dijadikan referensi untuk Anda.

0 Shares:
3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like