Misteri Suku Mante di Pedalaman Aceh

misteri suku mante

Budaya – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak suku yang beragam di dalamnya. Pernahkah Anda mendengar nama suku Mante? Mungkin untuk Anda yang bukan masyarakat Aceh kurang familiar dengan suku yang satu ini.

Suku Mante sendiri merupakan salah satu suku yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam. Suku ini menjadi salah satu suku yang paling banyak dibicarakan. Dalam sejarah dan legenda Aceh, suku ini sendiri merupakan suku awal atau suku pertama yang ada di Aceh sebelum munculnya suku-suku baru seperti sekarang ini.

Banyak yang penasaran dengan suku ini karena informasi mengenai suku ini sangat terbatas dan sulit untuk digali. Namun, baru-baru ini keberadaan suku ini mulai terkuak kembali karena adanya video vial dimana di dalamnya terdapat manusia kerdil yang tinggal di hutan Aceh.

Dalam video tersebut, manusia kerdil ini sedang membawa kayu dan ia juga bisa berlari dengan sangat cepat. nah, diduga, manusia kerdil ini adalah bagian dari suku Mante itu sendiri.

Berdasarkan keterangan dari warga Aceh, mereka mengatakan pernah bertemu secara langsung dengan Suku Mante. Bahkan, beberapa orang juga rela menghabiskan banyak waktu demi menemukan suku ini.

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan data yang signifikan terkait dengan keberadaan dari suku ini. bahkan, cerita dan kabarnya juga masih sebatas omongan dari mulut ke mulut. Karena hal inilah, berikut ini akan dibahas secara singkat apa sebenarnya suku Mante itu.

Sejarah Suku Mante

sejarah suku mante

Berdasarkan keterangan sejarawan yang berasal dari Universitas Syiah Kuala yakni Teuku Abdullah, kata Mante sendiri dipopulerkan oleh seseorang yang bernama Dr. Snouck Hurgronje yang ada di dalam bukunya yang berjudul The Atjehers. Ia menjelaskan bahwa suku Mante ini tinggal di wilayah perbukitan.

Pada pertengahan Abad ke 17 Masehi, ditemukanlah sepasang Mante laki-laki dan wanita yang kemudian ditangkap. Kedua Mante ini lalu dipersembahkan kepada Sultan Aceh. Sayangnya, kedua Mante ini tidak mau bicara dan tidak mau makan makanan yang sudah dihidangkan. Hingga akhirnya, kedua orang dari suku ini mati karena kelaparan.

Sedangkan menurut sejarawan yang berasal dari Aceh bernama Husain Ibrahim. Ia mengatakan bahwa suku Mante sendiri merupakan golongan dari suku Melayu Tua. Menurutnya, suku ini sudah hidup di Aceh sejak 3000 SM.

Sedangkan di tahun 1500 SM suku melayu muda hadir di tanah Aceh. Sebelum suku ini berlabuh di Aceh, suku ini sudah menyusuri negara Thailand terlebih dahulu.

Suku Mante di Pedalaman Aceh

Lantas, dimanakah suku ini berada? Menurut Husain Ibrahim, suku ini menghuni di wilayah Aceh Besar dimana ia berada di wilayah perbatasan Janthi hingga wilayah Tangse yang tepatnya berada di Kabupaten Pidie. Bahkan, suku ini memiliki hubungan dengan masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman Aceh besar dengan nama Rumoh Duobelah.

Sedangkan berdasarkan laporan dari Dinas Sosial Provinsi Aceh sendiri keberadaan dari suku ini tersebar di 14 lokasi yang berbeda. Diantara lokasi tersebut berada di kawasan hutan Pameu Aceh, kaki Gunung Halimun Idie, Hutan Kopi Gayo Lues, Samarkilang Bener Meriah dan masih banyak lainnya.

Misteri Suku Mante Aceh

misteri suku mante

Bicara soal karakteristiknya, sebenarnya karakteristik suku Mante ini hampir sama dengan suku-suku lainnya. Namun, suku ini memiliki karakteristik yang khusus dimana karakteristik ini digunakan untuk membedakan suku ini dengan suku lainnya. Apa saja karakteristik tersebut? Yuk simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Suku Mante Masih Ada

Meskipun suku ini dikatakan tidak populer, namun ternyata keberadaan dari suku ini masih ada dan tetap eksis hingga saat ini. Sayangnya, karena mereka berada di dalam hutan membuat suku ini sulit untuk ditemukan. Bahkan orang Aceh sendiri banyak yang belum pernah bertemu dengan suku ini.

2. Menjadi Terasing

Tidak seperti layaknya suku di Aceh lain yang suka melaut, maka suku Mante ini tidak. Mereka lebih suka hidup di tengah-tengah hutan maupun gunung yang sulit terjamah oleh manusia.

Hal inilah yang menjadikan suku ini terasingkan karena jarangnya melakukan komunikasi dan interaksi secara langsung dengan masyarakat Aceh. Bahkan, aktivitas yang dilakukan oleh suku ini juga tidak banyak diketahui masyarakat secara luas. Mereka lebih suka hidup tertutup.

3. Bentuk fisik yang Unik

Tidak sama seperti suku Aceh pada umumnya, suku Mante ini memiliki bentuk fisik yang ini. mereka memiliki postur tubuh yang kecil dan yang bungkuk namun sangat lincah. Adapun tinggai dari suku ini rata-rata hanya 60 hingga 70 cm saja dengan tinggi maksimalnya yang mencapai 1 meter.

Adapun warna kulitnya, suku ini memiliki warna kulit suku Khas Melayu yakni berwarna sawo matang. Ia juga memiliki rambut yang lurus dengan mata yang bulat dan telinga yang agak meruncing ke atas serta berotot.

Untuk telapak kakinya sendiri sama dengan manusia pada umumnya, hanya saja bagian ujung jarinya lebih lebar. Tidak hanya itu, antara Mante laki-laki dan perempuan juga memiliki perbedaan yang mencolok.

Mante perempuan memiliki bulu halus di sekujur tubuhnya, sedangkan laki-laki tidak. Yang membuat suku ini unik adalah ia membiarkan rambutnya memanjang hingga menutupi bagian pantat.

4. Kehidupan Nomaden

Karakteristik lain yang dimiliki oleh suku ini adalah mereka hidup di kawasan Aceh Besar namun hidupnya selalu berpindah-pindah, sehingga suku ini sulit ditemukan. Namun, pada saat Hindu mulai masuk Ke Indonesia, suku ini berpindah menuju ke hutan belantara Aceh.

Bahkan, ada pula yang tinggal menetap di wilayah Gayo dan Aceh Tamiang. Sedangkan saat islam masuk ke sini, mereka berpindah lagi ke tempat lain karena tidak mau diislamkan.

5. Gesit dan Berlari dengan Cepat

Suku ini tidak hanya memiliki bentuk fisik yang unik, namun mereka juga memiliki kemampuan berlari yang cepat. kemampuan berlarinya ini diketahui dari suatu video yang beredar. Dalam video tersebut terlihat dengan jelas bahwa mereka kerdil dan memiliki kemampuan lari yang sangat cepat sehingga tidak bisa ditemukan lagi.

6. Bahasa Suku Mante

Suku ini juga memiliki bahasa khas yang hanya bisa dipahami oleh sesamanya saja. bahasa ini jua memiliki aksen dan juga logat yang belum bisa dipastikan karena jarangnya mereka berinteraksi dengan suku lain secara langsung.

Hanya saja, ada beberapa warga yang tersesat, kemudian suku ini menunjukkan jalan dengan menggunakan bahasa isyarat. Mereka menggunakan isyarat dengan menggoreskan kuku ke tanah dengan menunjukkan denah ke kanan ke kiri dan lurus.

7. Pemakan Segala

Sama halnya dengan manusia pada umumnya, suku ini juga pemakan segala. Mereka akan makan apa saja yang bisa ditemukan di hutan. Mulai dari ayam, ikan, salak hutan, lumut bahkan dedaunan.

8. Selalu Menghindari Suku Lain

Suku ini juga selalu menghindar ketika bertemu dengan manusia lain. Apalagi jika mereka merasa terganggu, maka mereka akan menghindar dengan cara berlari dan bersembunyi. Ini karena mereka merasa keberadaannya terancam jika bertemu dengan orang asing.

Adapun suku ini juga sering ditemukan sedang sendirian dibandingkan bergerombolan. Yang membuatnya unik adalah mereka sangat suka mengintai kehidupan manusia. hal ini ternyata dilakukan untuk menjaga kelestarian dari suku Mante itu sendiri.

9. Keberadaannya Sulit Ditemukan

Suku ini memang menjadi salah satu suku yang sulit terdeteksi keberadaannya. Bahkan saking sulitnya, kabarnya suku ini pernah dikabarkan punah. Namun, munculnya video yang memperlihatkan suku tersebut membuat banyak orang mulai tertarik dengan suku ini, mereka juga memiliki koridor sendiri dan tentunya koridor mereka berbeda dengan koridor satwa hutan.

Hal inilah yang menjadikan aktivitas dari suku ini tidak terekam oleh kamera. Bahkan, beberapa kamera jebakan juga diletakkan di hutan namun tetap saja suku ini tidak terdeteksi.

10. Terlihat di Waktu Subuh

Beberapa warga Aceh memang ada yang pernah bertemu dengan suku Mante secara langsung di siang hari. Namun, ternyata suku ini biasanya akan keluar di waktu subuh lho.

Di waktu subuh in anggota suku Mante akan keluar dari gua dari tempat mereka tinggal. Tujuannya adalah untuk menyusuri sungai baik untuk mengambil air maupun untuk mencari makanan.

Nah, saat malam telah tiba, suku ini akan kembali ke gua tempat mereka tinggal adapun rumah-rumah dari suku ini ada yang berada di gua dan ada juga yang berada di celah-celah gunung.

11. Memiliki Kebiasaan Unik

Karakteristik lain yang dimiliki oleh suku Mante adalah mereka memiliki kebiasaan yang unik. Apa kebiasaan tersebut? Kebiasaannya adalah mereka menyukai yang becek. Dan yang membuat suku ini semakin unik adalah mereka tidak membutuhkan api dalam kehidupan sehari-harinya.

Berdasarkan karakteristik di atas bisa dikatakan bahwa suku ini memang sangat unik. Dimulai dengan cara mereka hidup, hingga cara mereka berjalan juga unik. Yang masih menjadi penasaran adalah mengapa mereka berlari saat bertemu manusia lain.

Meskipun demikian, adanya suku ini tentunya menjadikan Indonesia semakin beragam. Meskipun keberadaan mereka sulit untuk ditemukan, maka sebagai suku lain kita harus menghormati keberadaan suku Mante yang tidak suka berinteraksi dengan manusia.

Jika ingin tahu keberadaannya, carilah tau, namun jangan sampai mengusik kenyamanan mereka yang tinggal di tengah hutan. Adanya video yang beredar dengan ditemukannya suku Mante secara tidak sengaja juga memberikan manfaat.

Banyak orang yang sudah mengira bahwa suku ini sudah punah karena jarangnya orang yang bertemu dengan suku ini secara langsung. Namun, dengan beredarnya video tersebut ternyata menunjukkan bahwa suku ini masih ada hingga saat ini.

Padahal, suku ini adalah suku yang berasal dari melayu tua yang hidup di era 3000 SM. Adanya video tersebut juga memberikan banyak pengetahuan dan juga informasi bahwa Indonesia yang dicintai ini memiliki beragam suku dengan karakteristiknya masing-masing.

Terutama untuk Wilayah Aceh yang notabennya provinsi  ini berada di bagian ujung Indonesia. Pesan untuk warga Aceh adalah jangan buru dan usik keberadaan suku ini, biarkan mereka hidup dengan cara mereka masing-masing.

Asalkan keberadaan mereka tidak mengganggu dan Anda tidak mengganggu maka hal ini tidak akan menjadi masalah yang berat. Semoga dengan adanya informasi seputar suku Mante ini bisa memberikan manfaat.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like