Iklan bentar, yah. Buat maintain server. :)

Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (Belum ada rating)
Loading ... Loading ...
| More

Disini juga iklan bentar, yah...

Alkohol, Bermanfaat Apa Berbahaya?

imagesAlkohol berbahaya buat tubuh kita. Tapi ada juga yang bilang kalau sedikit saja akan bagus buat kesehatan. Lalu ada yang bilaganggur merah itu bagus. Nah, bingung deh kita. Yang jelas pemerintah Inggris sampau mengeluarkan panduan bahwa warganya jangan sampai mengonsumsi alkohol lebih dari 21 atau 14 satuan minumab beralkohol tiap minggunya

Sebuah studi yang diselenggarakan Million Women melaporkan bahwa minum alkohol segelas sekali dalam seminggu meningkatkan risiko terserang kanker payudara, tenggorokan dan liver. Apa ya hubungan kanker dengan alkohol?

Itulah yang diteliti oleh para ilmuwan. Mereka sesungguhnya juga belum paham benar mengapa kita mengalami hangover saat kita kebanyakan minum alkohol, apalagi bagaimana alkohol bisa memicu kanker. Pada percobaan di lab, dosis tinggi alkohol justru bisa menikkan harapan usia hidup tikus.
Jika diteliti, alkohol bermetabolis dalam tubuh menjadi komponen beracun, tapi bagaimana komponen ini merusak tubuh juga masih belum diketahui.

Sejak faktor genetika, gender dan usia berperan besar dalam bagaimana kita berinteraksi dengan alkohol, dosis yang aman bagi seseorang ternyata tak berlaku buat yang lainnya.

Sesungguhnya hubungan antara alkohol dengan kanker sudah dideteksi sejak 100 tahun lalu. Tapi karena masih menjadi misteri dalam sains, maka tak ada keyakinan pasti tentang apakah alkohol berbahaya atau berguna. Bahkan ada pecandu alkohol yang membenarkan tindakannya dengan alasan alkohol bagus bagi kesehatan.

“Ada mitos yang mengatakan bahwa anggur merah bagus buat tubuh kita,” jelas Profesor Valerie Beral dari University of Oxford. Padahal secara ilmiah belum ada buktinya.

Berlawanan

Namun sesama ilmuwan pun menyanggah pernyataan itu.  Profesor Roger Corder penulis buku The Red Wine Diet, tidak setuju dengannya. “Riset kami mengidentifikasi kelompok kandungan kimia bernama procyanadins yang merupakan  polyphenols,, komponen kunci pencegah penyakit jantung,” kata Corder.

Polyphenols, dikenal sebagai antioksidan yang ditemukan dalam kulit anggur merah. “Dalam dosis tinggi, bahan ini bisa memperpanjang usia tikus. Tapi harus dalam dosis sangat tinggi untuk manusia,”jelasnya. Artinya kalau untuk manusia bisa ribuan liter anggur. Tapi menurutnya cukup dua gelas kecil anggur merah sehari sudah baik bagi kesehatan.

Nah, makin bingung kan apakah alkohol itu berbahaya atau bermanfaat? Kita tunggu saja studi lanjutannya sebelum memutuskan apa mau menenggaknya banyak-banyak.

Diterjemahkan secara bebas dari BBC Online.
Foto: BBC Online

 Tentang Penulis: Merry Magdalena

Merry Magdalena Merry Magdalena adalah mantan jurnalis desk Teknologi Informasi dan Iptek di Sinar Harapan. Ia sempat memenangkan sejumlah penulisan jurnalistik bidang Iptek, Lingkungan dan TI. Di sela kesibukan sebagai jurnalis, Merry juga masih menekuni hobi menulis buku dan berorganisasi di dunia maya. Bukunya yang sudah terbit "Cyberlaw, Tidak Perlu Takut" ditulis bersama Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, "Situs Gaul Gak Cuma buat Ngibul" (Gramedia Pustaka Utama, Mei 2009), "UU ITE, Don't be The Next Victim" ... Selengkapnya »
 
  Tautan balik ditutup, tapi anda bisa memberi komentar.

 1 Orang paling keren sudah memberi komentar disini

 Beri Komentar

1. Isi form Nama, Email, dan Komentar anda dibawah ini
2. Jika anda telah Login, anda hanya perlu mengisi Komentar
3. Kami berhak untuk memoderasi setiap komentar yang anda kirimkan
4. Dimohon untuk selalu menggunakan tata bahasa yang baik dan sopan
5. Dilarang berpromosi atau menaruh iklan di dalam komentar!
6. Dilarang mencantumkan lebih dari 1 link (tautan)
7. Jika melanggar, kami tidak akan menegur. Komentar langsung dihapus atau ditandai sebagai spam.